Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :
Keputihan adalah sebuah kondisi yang umum terjadi pada wanita. Namun sebagian besar wanita tidak mengetahui jenis-jenis keutihan, penyebab serta gejalanya. Bahkan sebagian wanita yang menderita keputihan, membiarkan masalah yang satu ini. Padahal, meskipun kondisi ini pada umumnya dialami oleh wanita. Tetapi para wanita yang menderita keputihan harus menangani masalah yang satu ini dengan baik.


Jenis-jenis Keputihan

Keputihan dibagi menjadi 2 jenis yaitu diantaranya:

Keputihan normal

Keputihan normal atau disebut juga dengan keputihan fisiologis. Keputihan jenis ini biasanya terjadi sebelum serta setelah menstruasi dan ketika masa subur. Meskipun keputihan normal merupakan keputihan yang wajar dialami oleh wanita, akan tetapi membuat wanita tidak nyaman sebab mengeluarkan cairan berwarna bening pada vagina walaupun jumlah cairan yang keluar normal.

Selain mengeluarkan jumlah cairan yang normal, gejala lainnya keputihan normal diantaranya cairan tersebut tidak bau menyengat, cairannya berwarna bening, encer juga tidak lengket dan tidak muncul secara terus-menerus. Bahkan keputihan jenis ini juga tidak mengakibatkan gatal pada vagina.

Sedangkan penyebab keputihan normal adalah wanita terangsang secara seksual, penggunaan beberapa jenis obat misalnya pil kb dan terganggunya keseimbangan hormon.

Cara Mengatasi Keputihan Normal

Untuk mengatasi keputihan normal bisa dengan cara alami tanpa mengkonsumsi obat. Berikut ini adalah cara mengatasi keputihan normal diantaranya:

  • Selalu menjaga kebersihan organ intim
  • Saat membersihkan organ intim jangan menggunakan berbagai jenis produk 
  • Membersihkan vagina secara teratur
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat
  • Jangan berendam dalam air sabun yang mengandung kimia

Keputihan abnormal

Keputihan abnormal atau disebut juga dengan keputihan patologis. Keputihan jenis ini disebabkan oleh infeksi. Agar infeksi tidak semakin parah, maka keputihan abnormal harus segera ditangani secara khusus. 

Keputihan abnormal dibagi menjadi beberapa jenis yeitu diantaranya:

-Keputihan dengan lendir berwarna kecoklatan atau mengandung darah. Penyebab jenis keputihan abnormal ini adalah siklus menstruasi tidak teratur.

-Keputihan yang disertai dengan nyeri atau pendarahan merupakan jenis keputihan abnormal yang ditandai dengan gejala nyeri atau pendarahan. Keputihan jenis abnormal ini bisa disebabkan karena infeksi jamur klamidia atau infeksi gonore.

-Keputihan disertai lendir  berwarna putih atau lendir cair dan rasa gatal. Penyebab jenis keputihan abnormal ini adalah karena infeksi bakteri.

-Keputihan disertai lendir berwarna hijau, kuning atau berbuih. Penyebabnya adalah karena infeksi parasit. Sedangkan gejalanya adalah terasa gatal di daerah vagina, lendir berbau amis, ketika buang air kecil (BAK) terasa perih.

-Keputihan dengan luka melepuh di sekitar genital dapat disebabkan oleh herpes genital.

Gejala keputihan abnormal

Ada beberapa tanda dan gejala keputihan abnormal yang harus diwaspadai yaitu diantaranya:

  • Cairan yang keluar kental dan jumlahnya banyak.
  • Cairannya berwarna putih atau kuning atau hijau.
  • Rasa gatal di daerah vagina
  • Cairan yang keluar berbau menyengat
  • Saat buang air kecil (BAK) terasa panas
  • Keputihan berwarna abu-abu

Keputihan normal ataupun keputihan abnormal membuat tidak nyaman pada wanita. Sehingga sebagian wanita yang mengalami keputihan mengkonsumsi obat keputihan atau menggunakan produk untuk membersihkan vagina. Padahal produk atau obat keputihan yang beredar dipasaran yang belum tentu aman dikonsumsi dan juga belum tentu aman digunakan untuk memberikan vagina. Padahal untuk mengatasi keputihan bisa dengan cara alami yaitu dengan menggunakan bahan alami daun sirih. Bahkan masih banyak lahi bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat keputihan alami.

By Rizka Ardiana - Kewanitaan Senin, 24 April 2017 14:21:13

Related Post :
Daun
Inilah Khasiat Daun Semanggi…

Tahukah tahukah anda apa…

Kesehatan
Dampak Kelebihan Vitamin B5…

Vitamin B5 merupakan vitamin…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Kesehatan
Rekomendasi Jenis Vaksin yang…

Tidak hanya anak-anak, para…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Beluntas…

Kegunaan, khasiat dan manfaat…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe…

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Ternyata ini penyebab haid tidak…

Kewanitaan
Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top