Obat Pelawan Efek Samping Pengobatan Medis L-Glutamine

Share dan Tag Temanmu di :

Obat Pelawan Efek Samping Pengobatan Medis L-Glutamine
L-Glutamine adalah jenis asam amino yang jumlahnya paling banyak dalam tubuh manusia. Zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki fungsi untuk mengatur pertumbuhan dan sel tubuh. Jika dikombinasikan dengan hormon pertumbuhan dan program diet khusus, asam amino ini bisa dimanfaatkan untuk menangani kasus kelainan penyerapan atau short bowel syndrome. Bahkan digunakan pula untuk melawan efek samping dari pengobatan medis seperti kemoterapi.



Suplemen yang tergolong obat resep ini memiliki beberapa peran seperti membantu sistem kekebalan, membantu fungsi usus, serta mengobati sindrom usus pendek. Suplemen yang berbentuk cair atau kapsul ini harus diwaspadai ketika dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap monosodium glutamat atau penyedap makanan, orang dengan gangguan mental, pengidap fungsi hati, sirosis hepatis, serta kejang-kejang.


Dosis L-Glutamine untuk setiap orang berbeda-beda dan umumnya ditentukan berdasarkan respon tubuh serta kondisi penyakit. Untuk penderita short bowel syndrome, dokter akan memberikan resep L-Glutamine 30 gram per hari yang dibagi menjadi enam dosis. Untuk mengobati nyeri akibat kemoterapi terutama di bagian mulut, dokter memberikan dosis sekitar 4 gram L-Glutamine cair yang dikonsumsi setiap empat jam sejak kemo dimulai.

Sementara dosis untuk menangani sindrom kehilangan berat badan drastis yakni sebanyak 8-40 gram per hari.
Jika L-Glutamin dikonsumsi hanya sebagai suplemen, dosis yang dianjurkan 1-2 gram per hari.Untuk anak-anak, dosis disesuaikan dengan berat badan. Sebelum mengonsumsinya, baca petunjuk yang ada pada kemasan. Jangan menambah dan mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter. L-Glutamine biasanya dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.


Lalu apa saja efek dan bahaya L-Glutamine terhadap tubuh? Berikut efek samping yang umum terjadi setelah pasien mengonsumsi L-Glutamine: Frekuensi buang air besar meningkat, mengejan berlebihan saat buang air besar, batuk dan serak. Efek samping tersebut terbilang wajar dan tidak terlalu berbahaya.


Segera temui dokter jika efek samping yang terjadi cukup membahayakan seperti adanya perubahan warna pada kulit, demam dan menggigil, telapak tangan dan kaki terasa dingin, adanya darah pada urine dan sering pipis disertai rasa perih, sakit kepala, linglung, pusing, sakit perut hebat, adanya ruam kulit dan gatal, napas pendek disertai dengan mengi, pembengkakan pada area mata, lidah, wajah, atau bibir, sakit punggung, detak jantung dan nafas lebih cepat, serta menderita kelelahan yang tidak normal.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 23 Mei 2016 17:27:37

Related Post :
Kesehatan
Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Terapi pengobatan kanker paru-paru…

Kesehatan
Karena Alasan Ini Demam…

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, namun…

Kesehatan
Daftar Makanan Agar Cepat…

Daftar makanan agar cepat…

Obat Kimia
Obat Diclofenac Untuk Mengobati…

Obat diclofenac yang dipakai…

Kesehatan
Penyebab Kapalan Di Telapak…

Kapalan atau yang disebut…

Kesehatan
Pernah Mimpi Basah? Ketahui…

Pernah Mimpi Basah? Ketahui…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks di Apotek Acyclovir Oral

Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit TBC Rifampicin

Obat antibiotik untuk penyakit TBC…

Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer Darah di Apotek

Warfarin Nama Obat Pengencer Darah…

Kirim Pertanyaan
Top