Pantangan Makanan Bagi Penderita Liver Yang Harus Dihindari

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi penderita penyakit liver ada baiknya harus menghindari beberapa makanan tertentu. Karena bila penderita penyakit ini masih mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan makanan bagi penderita liver, maka akan memperparah penyakit liver anda.


Banyak faktor yang dapat memicu timbulnya gangguan pada liver diantaranya minum obat-obatan secara berlebihan atau dalam jangka panjang, konsumsi minuman alkohol yang berlebihan dan sering mengkonsumsinya, makan makanan yang sudah terkonstaminasi dengan bahan pengawet, sering makan makanan yang mengandung protein yang rendah, dan kurang bahkan jarang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, nasi merah dan lain-lain.

Bagi penderita liver akut maupun penderita liver kronis sebaiknya anda harus memperhatikan kondisi anda, supaya tidak berisiko mengalami kerusakan hati yang fatal yang dapat menyebabkan kanker hati. Sehingga penderita penyakit ini harus memperhatikan apakah anda mengalami perubahan kondisi serta perkembanganya yang memburuk atau mengalami kondisi yang membaik.

Bila penderita penyakit liver mengalami perubahan kondisi semakin parah, sebaiknya memeriksakan kembali pada dokter. Dan agar kondisi anda tidak semakin memburuk, anda juga harus menerapkan pola makan sehat  dan tentunya harus menghindari pantangan makanannya.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Liver Yang Harus Dihindari

Makanan yang dibakar dan dipanggang

Pantangan makanan bagi penderita liver yang harus dihindari adalah makanan yang dibakar dan dipanggang seperti sate. Karena daging yang dimasak dengan cara dibakar atau di panggang akan cepat mengikat radikal bebas diantaranya asap lain dari udara dan debu dapat bercampur pada daging yang sedang dibakar maupun dipanggang. Lebih baik konsumsilah makanan yang dikukus atau direbus.

Makanan laut


Makanan laut tidak hanya harus dihindari oleh beberapa penyakit lain saja, tapi penderita liver juga harus menghindari makan makanan laut. Karena makanan jenis ini memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi. Sehingga kondisi ini tidak baik untuk penderita penyakit liver.

Makanan yang mempunyai citarasa serta aroma yang menyengat

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita liver adalah makanan yang mempunyai citarasa serta aroma yang menyengat dan bersifat panas seperti cabai, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cuka, bumbu merica dan jahe.  Sebab bila penderita penyakit liver mengkonsumsi jenis makanan ini maka bisa melukai lambung dan dinding hati. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi makanan jenis ini, bila anda yang sedang menderita penyakit liver tidak ingin kondisi anda semakin parah.

Makanan yang mengandung gas

Tidak hanya penderita asam lambung saja yang tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, penderita liver juga sama tidak boleh mengkonsumsi makanan jenis ini. Hal ini dikarenakan  mampu mengiritasi dinding lambung serta bisa meningkatkan asam lambung yang dapat mengganggu kesehatan jaringan hati. Oleh karena itu, agar penyakit liver anda tidak semakin parah, sebaiknya jangan makan makanan yang mengandung gas seperti kol, nangka, ubi jalar dan lain-lain.

Makanan lainnya yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit liver adalah makanan yang diawetkan dan makanan yang berlemak tinggi. Ada beberapa makanan yang diawetkan seperti saus, cornet, sarden dan sambal. Sedangkan makanan yang berlemak tinggi yaitu diantaranya santan, junkfood atau makanan cepat saji, jeroan, dan lain-lain.

Bahkan tidak hanya makanan saja, ada minuman juga menjadi pantangan bagi penderita liver. Minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita liver adalah minuman bersoda dan minuman beralkohol. Dan hindari juga kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok. Dan hindari juga stres.

Itulah pantangan makanan bagi penderita liver yang harus dihindari dan konsumsi makanan yang baik untuk penderita liver. Bagi anda yang menderita penyakit liver, segera memerikakan kondisi anda pada dokter. Supaya anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Pengobatan pada penderita liver juga bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan alami seperti sambiloto, temulawak, pegagan bahkan masih banyak lagi bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat liver alami.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 25 April 2017 13:33:33

Related Post :
Tips
Tips Cara Cepat Menghilangkan…

Tips cara cepat menghilangkan…

Kesehatan
Ini 5 Pantangan Makanan…

Berikut adalah pantangan makanan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Daun
Luar Biasa! Ini Khasiat…

Selain untuk diabetes, mata…

Penyakit
Diagnosis Penyakit TBC Dan…

Berbagai cara dan pemeriksaan…

Manfaat
Manfaat Sehat Mengunyah Makanan…

Manfaat sehat mengunyah makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ternyata Ini Berbagai Faktor Penyebab Mengantuk Sesudah Makan

Berikut adalah berbagai penyebab mengantuk…

Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Penyebab Dan Cara Menangani Asma Pada Bayi

Penyebab, gejala dan cara menangani…

Kirim Pertanyaan
Top