Cara Mencegah Amputasi Kaki pada Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Luka yang terjadi pada kaki penderita diabetes akan menjadi suatu masalah yang cukup fatal dan memerlukan penanganan yang lebih intensif serta lebih sulit dan lama untuk disembuhkan.

Infeksi dan luka pada kaki penderita diabetes sering kali tidak tertangani sejak awal karena adanya gangguan saraf, sehingga penderita tidak merasakn sakit atau tekanan pada kaki. Kondisi ini diperparah dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol, sehingga menimbulkan kematian jaringan (gangrene).


Obat luka diabetes biasanya sering digunakan untuk membantu mengatasi luka agar cepat kering. Namun, jika luka terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka jaringan disekitar luka akan mati (nektorik), membusuk menjadi kehitaman lalu kering seperti mumi (mumivikasi) dan dapat menyebar. Untuk mencegah pembusukan yang lebih luas, maka kaki yang mengalami luka harus diamputasi. 

Walaupun begitu, tindakan amputasi bisa dicegah dengan beberapa langkah berikut :

Hindari dan minimalkan tekanan pada bagian tubuh yang terkena luka

Tekanan terhadap luka secara terus menerus dapat membuat penyembuhan terganggu. Misalnya luka pada bagian telapak kaki karena kaki digunakan untuk berjalan dan menapak. Karena digunakan, akibatnya dapat menekan luka sehingga lama untuk sembuh. Jika mengalami luka pada bagian kaki, usahakan agar tidak menapak pada bagian kaki tersebut.

Lembabkan kaki

Cara mencegah amputasi kaki pada penderita diabetes selanjutnya adalah melembabkan kaki. Kaki kering rentan menyebabkan kemerahan dan gatal serta berpotensi dapat menyebabkan iritasi. Hal ini bisa terjadi akibat terlalu lama di kamar mandi atau ketika berenang. Iritasid apat menyebabkan terjadinya luka lain pada kaki. 

Jangan rendam kaki dengan air panas

Karena kemampuan saraf sensibilitas (neuropati) berkurang, akibatnya orang yang merasakan tidak dapat dengan tepat merasa apakah panas air tersebut tepat digunakan atau tidak. Akibatnya kulit dapat melepuh dan menyebabkan gangguan atau luka lain. Untuk menghindari hal tersebut, mintalah bantuan orang lain untuk memastikan seberapa tepat panas air yang bisa digunakan. 

Gunakan dan periksa alas kaki

Usahakan agar selalu menggunakan alas kaki untuk mencegah terjadinta luka lain. Gunakan alas kaki khusus yang nyaman, selain itu perlu juga untuk memeriksa alas kaki agar tidak ada benda asing lain yang dapat melukai kaki. 

Tidak hanya itu, untuk mencegah amputasi kaki pada penderita diabetes, Anda juga perlu memeriksa kaki setiap hari dengan memperhatikan berbagai tanda atau perubahan yang terjadi pada kaki. Jangan lupa juga untuk selalu membersihakn luka pada kaki secara rutin untuk menghindari infeksi dan masuknya kuman dari permukaan. 

By Sri Maryati - Tips Selasa, 25 April 2017 14:14:30

Related Post :
Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit…

Jenis penyakit yang memang…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Dewa…

Khasiat dan manfaat dewa…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Berikut adalah manfaat daun…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Umbi…

Manfaat dan kandungan umbi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Melakukan Terapi Oksigen Untuk Penderita PPOK

Tips Melakukan Terapi Oksigen Untuk…

Tips
Tips Dan Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang

Posisi tidur yang salah adalah…

Kirim Pertanyaan
Top