Faktor Penyebab Sakit Telinga Yang Perlu Anda Waspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab sakit telinga mungkin menjadi salah satu hal yang sering kali membuat penasaran para penderitanya. Meski kondisi ini terlihat tidak begitu serius, namun jika anda mengalami kondisi yang sama, tentunya anda juga akan merasa kenyamanan anda sangat terganggu terlebih jika kondisi tersebut muncul secara tiba-tiba pada saat anda tidur. Untuk mengetahui informasi secara detailnya, mari kita simak ulasan berikut hingga selesai.


Telinga sakit ataupun nyeri telinga merupakan salah satu fenomena yang sering kali di alami mulai dari oleh anak kecil hingga orang dewasa. Setiap penderitanyapun mengalami gejala yang berbeda-beda. Adapun pada beberapa penderita, nyeri telinga yang mereka alami sering kali di sertai dengan gejala lainnya, seperti halnya di sertai dengan telinga berdengung, telinga gatal, berair, berdenyut, bengkak yang pada umumnya sakit telinga tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba seperti hanya pada saat anda terlelap tidur, saat bangun tidur hingga kerika anda menguap.   

Jika sakit telinga yang anda alami parah atau berkepanjangan, maka anda perlu mewaspadainya karena terdapat kemungkinan hal tersebut di sebabkan oleh terjadinya infeksi di salah satu bagian telinga anda. Bahkan jika di setai dengan telinga yang berdarah, maka secepetnya anda perlu memeriksakan kondisi anda pada pusat kesehatan terdekat karena ada kemungkinan adanya keruksakan serius pada telinga bagian dalam anda.

Pada dasarnya, anatomi telinga sendiri terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar dan juga dalam. Seluruh dari bagian ini memiliki peranan masing-masing untuk membantu anda bisa mendengar dengan baik. Namun, jika salah satunya mengalami gangguan, maka secara otomatis kemampuan andapun akan terganggu. Terlebih jika gangguan terjadi di telinga dalam, kondisi tersebut berpotensi menimbulkan gangguan keseimbangan.

Penyebab sakit telinga sebelah kiri dan kanan yang perlu anda waspadai

Jika pada saat ini mengalami gangguan pendengaran maupun nyeri telinga, maka terdapat beberapa hal maupun faktor yang menjadi penyebab telinga sakit, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Infeksi telinga

Infeksi pada telinga umumnya terjadi pada telinga bagian tengah. Kondisi ini dapat terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat terjadinya penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan tersebut sering kali terjadi akibat flu, alergi, merokok, infeksi sinusserta lendir yang berlebihan. Gangguan ini biasanya di alami oleh anak, bahkan sekitar 75% anak di bawah usia 3 tahun menderita gangguan tekinga yang satu ini. Gejala yang kemungkinan muncul akibat kondisi ini adalah nyeri pada bagian dalam telinga dan keluar cairan menyerupai nanah.

2. Tinnitus

Adalah kondisi dimana seseorang mendengar suara dengungan  atau deringan di dalam telinga, yang mana suara tersebut berasal dari dalam tubuh. Penyebab tinnitus sendiri pada umumnya akibat suara yang terlalu kencang. Sehingga untuk meringankan kondisi ini, sebisa mungkin anda perlu menghindari bunyi yang keras, seperti halnya volume tv, suara alat musik dan kendaraan berat.

3. Penyakit meniere

Kondisi ini pada umumya terjadi pada salah satu bagian telinga yang di sebabakan oleh ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam, yang mana kondisi tersebut sering kali menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Gejala utama dari kondisi ini adalah pusing berputar yang terjadi secara tiba-tiba dan juga tinnitus. Penyakit meniere sendiri pada umumnya di alami oleh mereka yang telah berusia 40-50 tahun.

4. Barotrauma telinga

Adalah kondisi cedera telinga akibat adanya pubahan tekabnan air saat seseorang berkendara di gunung, naik pesawat serta berenang atau menyelam di kedalaman tertentu. Adapun gejala utama dari kondisi ini adalah telinga tersa buntu, nyeri dan juga kepala terasa pening.

Pada beberapa kasus, sakit telinga juga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran yang di sebabkan oleh penuaan, paparan bising, trauma dan jenis obat-obatan tertentu. Adapun untuk cara mengobatinya, anda perlu memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu pada dokter spesialis THT untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab sakit telinga tiba-tiba pada balita, anak, dewasa bahkan ibu hamil yang pada umumnya sering kali terjadi. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat, khususnya bagi anda yang tengah menderitanya.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 26 April 2017 11:24:47

Related Post :
Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Penyakit…

Penyakit osteoporosis atau pengoroposan…

Obat Kimia
Obat Dimenhydrinate Untuk Meredakan…

Anda yang selalu pusing…

Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Penyakit
Waspadai Wabah Penyakit Yang…

Waspadai wabah penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Masalah yang Sering Timbul…

Pada tahap pertumbuhan gigi,…

Kulit
Cara Alami Mendetoks Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri kanker payudara pada wanita…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika Tidak Segera Ditangani

Jika tidak segera ditangani dengan…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Diagnosa Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Penyebab dan cara mendiagnosa hipotensi…

Kirim Pertanyaan
Top