Cara Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Liver

Share dan Tag Temanmu di :

Cara sederhana untuk mencegah penyakit liver adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan pola hidup sehat yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit liver diantaranya olahraga secara rutin, hindari stres, hindari pemakaian jarum suntik yang sama atau bekas orang lain. Selain itu hindari konsumsi minuman alkohol, terlebih bagi anda yang pernah mengalami penyakit liver harus berhenti mengkonsumsi minuman alkohol. Supaya penyakit liver yang pernah anda alami tidak kambuh kembali.


Penyakit liver adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit liver diantaranya orang yang memiliki kelainan pada sistem kekebalan tubuhnya, orang yang memiliki kebiasaan buruk konsumsi minuman beralkohol dan orang yang ridak menerapkan pola hidup tidak sehat.

Tidak semua penderita liver menderita penyakit liver yang sama, ada yang menderita penyakit liver akut ada juga yang menderita penyakit liver kronis. Bahkan gejala yang dirasakan oleh penderita liver pun berbeda-beda. Gejala penyakit liver diantaranya warna kulit berubah menjadi warna kekuningan, warna urine berubah menjadi kecoklatan atau kekuningan, bahkan urine berbau menyengat, feses berwarna pucat, mengalami gangguan pencernaan dan perut membesar.

Cara Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Liver

Mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga bagi anda yang belum pernah mengalami penyakit ini sebaiknya melakukan pencegahan sebagai berikut:

Menjaga kebersihan

Cara sederhana untuk mencegah penyakit liver adalah dengan menjaga kebersihan diri sendiri diantaranya mencuci tangan sebelum makan dengan benar yaitu menggunakan sabun, mencuci tangan setelah buang air besar maupun buang air kecil. Selain itu juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Jangan bertukar barang


Bila salah satu keluarga anda mengidap liver, sebaiknya jangan bertukar barang dengan penderita liver. Hindari pula memakai sendok atau garpu tanpa dicuci terlebih dahulu bekas penderita, sebab virus penyebab penyakit liver dapat mudah menular.  Cara tersebut meruakan cara mencegah terjadinya penyakit liver.

Konsumsi makanan yang matang

Cara mencegah penyakit liver adalah hindari dan jangan mengkonsumsi makanan yang mentah atau setengah matang. Bila memang ada jenis makanan yang enak dimakan mentah atau setengah matang, namun alangkah baiknya hindari konsumsi jenis makanan tersebut. Lebih baik konsumsi makanan yang dimasak dengan matang.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung sodium

Tips pencegahan penyakit liver yang dapat anda lakukan adalah kurangi dan jangan konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi dan sodium seperti daging olahan, bumbu tertentu, makanan ringan dan sayuran dalam kaleng.

Konsumsi makanan yang mengandung beta-karoten

Mencegah penyakit liver secara alami harus menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang, salah satunya mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten dan flavonoid seperti wortel. Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten dan flavonoid bermanfaat bisa membantu meningkatkan fungsi liver dengan keseluruhan. Selain wortel, masih banyak lagi makanan yang mengandung beta-karoten.

Cara lainnya untuk mencegah penyakit liver adalah jangan jajan sembarangan maksudnya hindari jajan di pinggir jalan, istirahat yang cukup jangan sering bergadang, hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan konsumsilah sayuran hijau.

Mencegah penyakit liver tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami penyakit liver saja. Pencegahan juga harus dilakukan oleh orang yang pernah mengalami penyakit liver supaya penyakit ini tidak kambuh lagi dan tidak memperparah penyakit liver yang anda alami. Namun bagi anda yang sedang mengalami penyakit liver, obat liver alami merupakan pilihan pengobatan alternatif terbaik untuk anda yang sedang mengalami penyakit liver akut maupun kronis.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 26 April 2017 12:07:47

Related Post :
Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus…

Ini bahaya mata minus…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Tips
Tips Dan Cara Merawat…

Tips dan cara merawat…

Obat Kimia
Obat Kumur Hexadol Mengobati…

nama Obat Kumur Hexadol…

Ibu Dan Anak
Kenali Berbagai Menu Makanan…

Kenali menu makanan bayi…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Polip…

Informari tentang jenis-jenis polip…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Permen merupakan salah satu cemilan…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Mata

Tanpa diketahui, ternyata mata bisa…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top