Tips Ketika Pertama Hamil Agar Bayi Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Lakan Hal ini Setelah Tahu Anda Hamil
Terkejut, bahagia, dan antusias merupakan emosi yang wajar dirasakan begitu tahu bahwa Anda hamil. Hal tersebut normal karena saat hamil, ada perubahan hormon yang berkontribusi menjadikan Anda lebih emosional. Namun jangan khawatir. Perasaan akan berubah seiring berjalannya waktu karena calon buah hati akan menyita perhatian.

Berikut hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan begitu tahu sedang berbadan dua.




-Kenali tanda bahaya kehamilan. Seiring perut membesar, Anda akan merasakan berbagai hal baru terkait dengan fisik Anda. Jangan abaikan hal-hal kecil yang terjadi semasa kehamilan seperti kram. Sebaiknya sering konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengenali tanda-tanda bahaya kehamilan agar jika terjadi sesuatu, Anda telah mengetahui apa yang harus dilakukan.


-Perhatikan kesehatan Anda dan bayi. Sejak sebelum hamil, pola makan memang harus sudah sehat. Terlebih ketika Anda mengetahui bahwa Anda hamil. Tidak hanya pola makan yang harus dijaga, tetapi juga harus memiliki istirahat yang cukup, serta sering melakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit per hari. Salah satu hal yang pelru diperhatikan adalah Anda harus mendapat cukup asupan asam folat atau vitamin B9 yang penting dalam melindungi janin dari gangguan saraf tulang belakang dan gangguan fungsi otak. Kebutuhan asam folat ibu hamil sekitar 400 mikrogram. Asam folat bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran seperti pisang, jeruk, strawberry, brokoli, kubis, dan tomat.


-Memiliki dokter atau bidan tetap untuk berkonsultasi. Untuk perawatan prenatal saat kandungan sudah berusia dua bulan, Anda memerlukan dokter atau bidan untuk mencari informasi dan sebagai tempat untuk berkonsultasi mengenai kehamilan. Pilih dokter atau bidan yang mudah dijangkau. Dengan rutin memeriksakan diri, kesehatan Anda dan bayi lebih terpantau. Berbagai pemeriksaan dilakukan seperti memeriksa panggul untuk mengetahui bentuk dan ukuran rahim, atau pengambilan darah dan urine untuk mengetahui apakah Anda terkena infeksi penyakit seperti sifilis, anemia, atau hepatitis. Selain itu, pemeriksaan dengan Ultra Sonografi (USG) juga perlu dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin.


-Hindari pantangan ibu hamil. Berbagai pantangan harus dihindari demi kesehatan Anda dan calon bayi seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang, serta mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi.


-Pulihkan diri dari morning sickness. Hal wajar jika Anda mengalami morning sickness atau mual dan muntah di awal kehamilan yang biasanya terjadi pada trimester pertama. Untuk mengurangi rasa mual, Anda bisa makan dalam porsi sedikit tapi sering. Jika kondisi mual dan muntah terbilang parah, segera konsultasikan ke dokter.
-Hitung tanggal melahirkan. Hal ini perlu dilakukan untuk memantau apakah janin berkembang dengan baik atau tidak. Anda bisa memakai kalkulator kehamilan untuk mengetahui perkiraan persalinan.

Semoa artikel tips ketika pertama hamil agar bayi sehati ini dapat bermanfaat untuk kesehtan janin anda. Amin YRA

By Diane Rosse A.Md.Keb - Tips Senin, 23 Mei 2016 18:34:12

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan…

Berikut adalah daftar merek…

Penyakit
Jenis Penyakit Kulit yang…

Jenis penyakit kulit yang…

Kesehatan
Panduan Diet Sehat Pasca…

Panduan diet sehat pasca…

Penyakit
Ciri-Ciri Penderita Penyakit Jantung…

Jantung lemah adalah suatu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Memilih Multivitamin Yang Tepat

Tips dalam memilih multivitamin yang…

Tips
Penyebab Dan Cara Mengobati Radang Sendi

Cara mengobati radang sendi yang…

Tips
Tips Cara Pemakaian Obat Tetes Mata Dengan Benar

Tips cara pemakaian obat tetes…

Kirim Pertanyaan
Top