Kebaikan Konsumsi Serat Bagi Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Mengubah pola hidup sehat merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan, terutama bagi penderita diabetes. Mengatur pola makan sehat, termasuk didalamnya mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal selain mengonsumsi obat diabetes

Serat atau disebut juga fiber termasuk salah satujenis karbohidrat. Serat merupakan karbohidrat kompleks, karena tidak dapat dihancurkan oleh sistem pencernaan tubuh, dan tidak menambah kalori sama sekali pada tubuh. Serat memiliki bergam manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi penderita diabetes. 


Serat merupakan komponen penting pada nutrisi penderita diabetes melitus. Hal ini disebabkan karena efek serat disaluran cerna antara lain adalah memperlambat waktu pengosongan lambung, meningkatkan waktu transit dengan memperlambat pergerakan di usus halus dan menurunkan absorpsi zat gizi. 

Selain itu, berikut ini beberapa kebaikan konsumsi serat bagi penderita diabetes yang perlu diketahui :

Memperlambat proses penyerapan gula

Buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi dapat membantu menurunkan kadar glukosa dengan memperlambat proses penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga merupakan pilihan makanan yang tepat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kaangan, gandum, dan oat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Ketika kolesterol bisa dicegah, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

Mencegah komplikasi diabetes

Makanan yang memiliki kandungan serat seperti apel dan brokoli mengandung zat anti inflamasi yang dapat menghambat proses penyerapan estrogen di dalam darah. Hal ini dapat membantu penerita diabetes terhindar dari risiko penyakit lain yang bisa ditimbulkan akibat diabetes. 

Berfungsi sebagai antioksidan

Banyak sumber makanan yang mengandung serat juga mengandung antioksidan. Antioksidan ini baik untuk sel-sel dalam tubuh dalam mencegah penyakit. Dengan demikian, penderita diabetes bisa meningkatkan kualitas hidup mereka. 

Membantu menjaga kesehatan usus

Mengonsumsi makanan serat, terutama serat larut (banyak terkandung pada apel, kacang-kacangan, dan oat) dapat membantu mengurangi penumpukan lemak didalam perut. Selain itu, serat tinggi juga dapat menurunkan risiko terkena wasir. Hal ini terjadi karena makanan berserat mampu berfermentasi di dalam usus besar, sehingga mencegah dari gangguan usus. 

Mencegah lapar

Kebaikan konsumsi serat yang terakhir yaitu mampu membuat perut lebih kenyang sehingga mencegah dari rasa lapar dalam waktu yang cukup lama. Makanan berserat membuat lambung terasa lebih penuh sehingga membuat keinginan untuk makan lebih banyak menjadi tertahan. Hal ini baik bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan makanan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 26 April 2017 13:14:25

Related Post :
Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres…

Selain berlibur atau beristirahat,…

Ibu Hamil
Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini…

Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini…

Penyakit
Penyebab Kolesterol Tinggi Dan…

Penyebab kolesterol tinggi dan…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Kesehatan
Metode Terapi Mengurangi Mata…

Metode terapi mengurangi mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Perbedaan Osteoarthritis dan Osteoporosis

Meskipun memiliki kesamaan, ternyata penyakit…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini Bantu Mencerdaskan Otak

Selain bertujuan untuk mengisi waktu…

Kesehatan
Memelihara Jenggot Ternyata Menyehatan! Ini Manfaatnya

Selain sedang menjadi tren, memelihara…

Kirim Pertanyaan
Top