Manfaat Konsumsi Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Sawi hijau adalah salah satu sayuran hijau yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi. Sawi hijau bisa diolah menjadi jus, disajikan dalam bentuk salad, ditumis, direbus, dikukus dan bisa juga dikonsumsi mentah. Bila anda lebih suka mengkonsumsi sawi hijau secara mentah, sebaiknya cuci terlebih dahulu sayuran ini dan pilih juga sawi hijau yang masih segar.


Sawi hijau memiliki kandungan gizi yang banyak yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jika sayuran hijau ini dikonsumsi. Dan berikut adalah kandungan gizi yang ada pada sawi hijau diantaranya serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, folat, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

Manfaat Konsumsi Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Kesehatan jantung

Manfaat konsumsi sawi hijau bagi kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan sawi hijau memiliki kandungan asam alfa-linoleat dan asam lemak omega.

Kesehatan tulang

Manfaat konsumsi sawi hijau bagi kesehatan juga bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan sayuran hijau  yang satu ini memiliki kandungan vitamin K yang dapat membantu memenuhi kebutuhan tulang setiap hari jika anda mengkonsumsin sawi hijau setiap hari. Sawi hijau bisa anda olah untuk dijus, bisa dikukus, direbus maupun di tumis.

Kesehatan mata

Tidak hanya mengandung vitamin K, sawi hijau juga mengandung vitamin A. Seperti yang telah kita ketahui bahwa manfaat vitamin A adalah dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mata. Sehingga bagi anda yang ingin memiliki mata yang sehat terhindari dari penyakit mata, salah satunya anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti sawi hijau, wortel, dan lain-lain. Manfaat lainnya dari vitamin A yaitu menjaga kesehatan sistem reproduksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Diabetes

Sawi hijau adalah salah satu sayuran hijau yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena sawi hijau memiliki kandungan serat dan antioksidan. Antioksidan yang ada pada sawi hijau dikenal sebagai alpha-lipoic acid yang dapat membuat kadar glukosa lebih rendah juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah sembelit

Salah satu cara mencegah sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar air tinggi dan juga serat yang tinggi. Makanan yang mengandung kedua kandungan ini adalah sawi hijau. Selain itu kandungan kadar air dan serat yang tinggi yang ada pada sawi hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mempromosikan keteraturan buang air besar.

Manfaat lainnya konsumsi sawi hijau bagi kesehatan diantaranya baik untuk kesehatan usus, membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, konsumsi sawi hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Setelah anda mengetahui manfaat sawi hijau bagi kesehatan, sebaiknya mulai hari ini konsumsi sawi hijau bahkan konsumsilah setiap hari.

By Rizka Ardiana - Manfaat Rabu, 26 April 2017 14:48:30

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Buncis Untuk Diabetes Hingga Menurunkan Kolesterol

Manfaat buncis untuk diabetes hingga…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging Kerbau Bagi Kesehatan

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap serta…

Manfaat
Manfaat Femmilove Untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Tambah Pertanyaan
Top