Dampak Penggunaan Lensa Kontak dalam Jangka Panjang

Share dan Tag Temanmu di :

Mata merupakan jendela jiwa yang memancarkan pesona tersendiri. Maka dari itu, sebagian orang enggan menyembunyikannya di balik kacamata. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan lensa kontak merupakan alternatif yang bisa dipilih untuk membantu penghlihatan sekaligus memperindah mata. 

Penggunaan lensa kontak saat ini mulai banyak digemari oleh mereka yang memiliki kelainan refraksi. Selain mudah untuk digunakan. terdapat beragam pilihan warna yang bisa mempercantik mata sesuai dengan keinginan. 


Walaupun lensa kontak merupakan salah satu cara mudah untuk memperbaiki kelainan refraksi, penggunaannya tidak berarti bebas dari risiko, terlebih lagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pada dasarnya, lensa kontak merupakan benda asing bagi mata, sehingga terkadang akan timbul rasa tidak nyaman atau iritasi mata. 

Nah, berikut ini dampak penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang yang perlu Anda ketahui :

Sindrom mata kering

Menggunakan lensa kontak terlalu lama, atau berada di ruangan dengan pendingin dan mengabaikan petunjuk penggunaan lensa kontak bisa memicu sindrom mata kering. Ini merupakan kondisi umum ketika mata tidak memproduksi cukup air mata, atau air mata menajdi terlalu cepat kering. Hal ini memicu peradangan dan iritasi pada mata. Pada tahap yang tidak serius, Anda bisa memberikan tetes mata. Namun, pada tahap yang serius, mungkin Anda memerlukan penanganan medis untuk mengatasinya. 

Sindrom mata kering ini bisa menyerang kedua mata dan memiliki gejala seperti mata merah, mata terasa kering, berpasir, atau rasa sakit yang memburuk sepanjang hari, penglihatan buram yang umumnya bersiday, serta sulit membuka mata ketika bangun tidur. 

Infeksi kornea

Infeksi kornea merupakan salah satu bahaya yang cukup ditakuti oleh para pengguna lensa kontak. Penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri, virus, kuman, dan jamur. Yang paling penting untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga tangan tetap steril dan hindari tempat kotor yang berdebu, dan merawat lensa kontak dengan tepat.

Abrasi kornea

Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang parah dan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani, maka bisa mengakibatkan penurunan penglihatan menetap.

Keratitis

Kreatitis merupakan peradangan pada kornea mata. Penyebabnya antara lain cedera ringan akibat penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama, infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit akibat proses pembersihan lensa kontak yang tidak benar. Menggunaan lensa kontak secara terus-menerus, saat berenang atau menggunakan air untuk membersihkan lensa kontak dapat meningkatkan risiko terkena keratitis. 

Gejala yang ditimbulkan akibat keratitis dapat berupa mata merah, terasa perih, sulit membuka kelopak mata, penglihatan buram, sensitif terhadap cahaya, dan terasa seperti ada sesuatu dalam mata. Jika tidak segera diobati, maka keratitis dapat berujung pada gangguan penglihatan permanen atau bahkan kebutaan. 

Konjungtivitis

Dampak penggunaan lensa kontak yang terakhir yaitu konjungtivitis. Kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah. Konjungtivitas atau mata merah bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi berair. 

Agar mata selalu sehat dan lensa kontak yang digunakan tidak membahayakan mata, maka sangat penting untuk memilih kontak lensa dengan kualitas yangbaik dan menjaga kebersihannya dengan benar. Dan jangan gunakan lensa kontak terlalu sering. Jika Anda tidak cocok untuk menggunakan lensa kontak, maka sebaiknya jangan memaksakan diri. Sebaiknya pakailah kacamata yang sesuai dengan kebutuhan mata, dan kenyamanan Anda. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 27 April 2017 09:43:08

Related Post :
Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Penyakit
Mengenal Penyakit Tiroiditis Serta…

Tahukah anda apa itu…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika…

Jika tidak segera ditangani…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Gejala Dan…

Tahukah anda apa itu…

Daun
Inilah Khasiat Daun Semanggi…

Tahukah tahukah anda apa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah penyebab nyeri pada…

Kesehatan
Mata Terasa Kering? Ketahui Penyebab Mata Kering Dan Pengobatannya

Informasi tentang penyebab mata kering…

Kirim Pertanyaan
Top