Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Senduduk Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun senduduk atau si kaduduak (sebagian lainnya juga menyebutnya dengan daun harendong) pada umumnya masih kurang di ketahui oleh sebagian masyarakat, khususnya mereka yang belum pernah menjumpai tanaman yang satu ini. Namun patut untuk anda ketahui bahwasnnya khasiat dari daun senduduk ini ternyata memberikan dampak positif yang begitu besar untuk kesehatan. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Tanaman yang memiliki nama latin Melastoma candidum ini terkenal akan daunnya yang memiliki rasa pahit luar biasa. Namun, di balik rasa pahit tersebut, terkandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan seperti halnya sifat antieprik (pereda demam), sireutik (peluruh kencing), analgesik (penghilang rasa nyeri) dan hemostatis (penghenti pendarahan).

Adapun bagi anda yang belum mengetahui ciri-ciri tanaman senduduk, berikut kami informasikan secara endetaikl mengenai spesifikasi dari tanaman yang satu ini:

  • Pohon: Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman perdu tegak setinggi 0,5-4m yang bercabang banyak dan tumbuh pada tempat-tempat yang cukup memperoleh sinar matahari.
  • Daun: Bentuk daun senduduk sendiri adalah daunnya tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan, bersilang dan berbentuk agak bulat telur dengan ujung yang lancip, pangkal membulat, tepi rata, permukaan brambut pendek yang jarang dan kaki sehingga akan teraba kasar dengan 3 tulang daun yang melengkung , pangang 2-20 cm, lebar 0,75-8,5 cm, dengan warnanya yang hijau.
  • Bunga: Bunga dari tanaman ini umumnya keluar dari cabang berupa malai rata dengan jumlah bunga tiap malai 4-18 yang berwarna ungu kemerahan maupun putih, yang kuntumnya berdiri sendiri dengan bentuk yang indah.
  • Buah dan biji: Tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah, berbentuk oval dan kecil-kecil. Adapun bijinya berwarna coklat dan kecil-kecil

Tanaman senduduk sendiri di ketahui memiliki kandungan seperti saponin, flavonoida dan tanin. Sedangkan daun dan akarnya di katahui mengandung zat penyamak.

Khasiat dan manfaat daun senduduk bagi kesehatan


Adapun kegunaan daun senduduk berbunga putih maupun ungu di ketahui memiliki memiliki manfaat untuk kesehatan, yang diantaranya:

1. Mengobati luka

Cara pemakaiannya sendiri adalah dengan membubuhkan daun senduduk segar maupun kering yang telah di giling pada luka bakar maupun luka berdarah. Kemudian balut luka tersebut dengan menggunakan kain kasa yang steril.

2. Mengatasi keputihan

Daun senduduk juga bisa anda manfaat sebagai obat keputihan alami. Adapun untuk pengunaannya sendiri, anda bisa merebus daun senduduk sebanyak 2 genggam, jahe dan bangle masing-masing seukuran ibu jari yang kemudian potong-potong dengan menggunakan 3 gelas air. Pastikan kesemua bahan di cuci bersih terlebih dahulu.  tambahkan juga 2 sendok cuka ke dalamnya dan tunggu hingga hanya tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin saring, dan konsumsi ramuan tersebut 2x sehari masing-masing 1 gelas setiap kalinya.

3. Mengobati sariawan

Untuk menagatasi masalah sariawan dan diare anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 2 lembar daun senduduk muda, cuci bersih dan bilas menggunakan air matang. Selanjutnya daun tersebut di kunyah dengan sedikit garam. Airnya di telan sedang ampasnya di buang.

4. Diare

Adapun untuk mengobati diare, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu daun senduduk juda sebanyak 1 genggam, 5 gram kulit manggis dan 3 lembar daun sembung. Setelah kesemua bahan di cuci bersih kemudian rebus dengan menggunakan 1 setengah gelas air bersih, hingga tersisa hanya setengah gelas. Setelah dingin, saring dan di bagi menjadi 3 bagian untuk di konsumsi di pagi, siang, dan sore hari.

5. Keracunan singkong

Untuk menteralkan racun yang ada pada singkong, anda memerlukan akar danm daun senduduk sebanyak 60 gr dan rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa hanya satu gelas. Setelah dingin dan di saring, konsumsi air rebusan tersebut secara sekaligus.

6. Mengobati busung air atau bisul

Untuk menjadikan daun senduduk sebagai obat bisul alami, anda bisa memanfaatkannya dengan merebus daun senduduk segar secukpnya. Air rebusannya di minum sedangkan daunnya di bubuhkan pada bisul.

Adapun selain dari pada itu, manfaat daun senduduk lainnya yaitu mengatasi gangguan pencernaan, mengobati hepatitis, mengatasi darah haid yang berlebihan, dan pendarahan rahim di luar waktu haid, mengobati mimisan, berak, darah dan wasir berdarah, mengobati radang dinding pembuluh darah di sertai dengan pembekuan darah di dalam salurannya, membantu mengatasi ASI tidak lancar dan masih banyak lagi lainnya.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 27 April 2017 10:32:31

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Inilah Jenis-jenis Stroke…

Sama halnya seperti kanker…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Tips
Cara Mengatasi Gagal Ginjal…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Jeruk Purut…

Jeruk purut merupakan salah…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal berbagai khasiat dan…

Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan…

Pantangan dan jenis makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat dan khasiat…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top