Ketahui Tanda Dan Ciri-Ciri Kista Ganglion Secara Klinis

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri kista ganglion atau penyakit kista ganglion pada umumnya belum banyak di ketahui oleh mayarakat. Sehingga timbulnya benjolan pada tangan maupun kaki sering kali dianggap sebagai gejala tumor oleh beberapa penderitanya. Lalu, apakah ganglion berbahaya dan mematikan? dan bagaimana tanda dan gejala ganglion itu sendiri? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya seputar ciri-ciri terkena ganglion, mari kita simak informasi berikut ini.


Mungkin pada beberapa orang, istilah ganglion masih terdengar asing di telinga. Sehingga tak sedikit orang awam mengira bahwasannya penyakit ganglion adalah penyakit yang mematikan seperti halnya dengan tumor ganas maupun kanker. Hal tersebut memang di karenakan tanda-tanda kemunculan ganglion sendiri yang di tandai dengan munculnya benjolan pada tubuh. Meski begitu, anda tak perlu khawatir, karena ganglion sendiri di kategorikan sebagai tumor jinak yang tidak bersifat mematikan.

Penyakit ganglion atau kista ganglion adalah kondisi kesehatan yang di tandai dengan timbulnya benjolan di bagian atas persendian dan juga tendon, terutama sering kali muncul pada pergelangan tangan dan juga jari jemari kaki. Benjolan tersebut sendiri memiliki bentuk kistik yang mana di dalamnya terdapat cairan berwarna bening dengan tekstur kental serta lengkap seperti halnya jeli, yang sering kali di sebut dengan cairan sinoval.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja baik pada anak-anak hingga dewasa. Kemunculan atau penyebab ganglion sendiri sering kali di sebabkan oleh kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Ukuran kista ganglionpun pada umumnya bervariasi mulai dari sekecil kacang polong hingga seukuran bola golf. Benjolan yang munculpun dapat berjumlah lebih dari pada satu, namun mereka di hubungkan oleh jaringan yang sama di bawah kulit.

Ciri-ciri kista ganglion yang perlu anda kenali

Agar anda bisa membedakan mana ciri-ciri ganglion dan mana gejala kondisi laionnya, pertama-tama anda perlu mengetahui tanda-tanda ganglion yang meliputi lokasi, bentuk dan nyeri.

  • Lokasi. Kista ganglion pada umumnya sering kali di jumpai di daerah tendon da persendian tangan. Adapun lokasi lain yang umumnya juga di jumpai adalah di pergelangan kaki, dan punggung kakai. Meski terbilang cukup jarang, ganglion juga bisa muncul di persendian-persendian lainnya pada tubuh.
  • Bentuk dan ukuran. Karakteristik maupun bentuk kista ganklion ini sendiri adalah bulat atau lonjong dengan ukuran diametes kurang dari 2.5 cm. Pada beberapa ganglion tidak teraba akibat ukurannya yang terlalu kecil. Namun, apabila sendi yang di gunakan terus menerus terlebih dengan gerakan yang berulang, maka ukuran kista ganglion akan semakin bertambah besar.
  • Nyeri. Pada umumnya penyakit ganglion sendiri tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun, apabila benjolan semakin membesar dan menekan persarafan di sekitarnya, gejala seperti nyeri, rasa tergelitik, mati rasa bahkan hingga kelemahan otot pun dapat terjadi.

Adapun jika gejala benjolan yang muncul di luar dari pada yang telah disebutkan di atas, maka terdapat kemungkinan besar kondisi tersebut bukan gejala kista ganglion. Pada sebagian besar kasus, ganglion tidak memerlukan penangan cukup serius karena pada umumnya benjolan akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila benjolan ganglion tersebut tidak kunjung menghilang dan bahkan ukurannya semakin besar, maka ada baiknya untuk melakukan pengobatan secara intensif, baik secara medis maupun non medis seperti halnya menggunakan obat ganglion tradisional dari berbagai bahan alami.

Namun untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, ada baiknya jika kini anda mendapati adanya benjolan di tubuh anda terlebih pada pergelangan anda sebaiknya segera periksakan terlebih dahulu ke pusat kesehatan terdekat. Hal tersebut untuk emmastikan apakah benjolan tersebut adalah ciri-ciri kista ganglion atau justru bukan.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 28 April 2017 10:26:11

Related Post :
Kesehatan
Cara Diet Pisang Yang…

Cara diet pisang yang…

Tips
Cara Membuat Kopi Hijau…

Cara membuat kopi hijau…

Tips
Cara Hilangkan Bopeng di…

Terdapat beberapa cara yang…

Kesehatan
Bahaya Menggunakan Botol Plastik…

Mencuci dan menggunakan kembali…

Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit…

Cara mencegah penyakit jantung…

Kesehatan
Ini Bahayanya Jika Malas…

Pembalut adalah produk kewanitaan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ciri-Ciri Penderita HIV Atau AIDS Pada Anak Dan Dewasa

Penyakit HIV/AIDS termasuk penyakit yang…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab Guillain Barre Syndrom (GBS)

Mengenal gejala dan penyebab guillain…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Penyakit Stroke

Penyebab dan gejala stroke sangat…

Kirim Pertanyaan
Top