Pengobatan Ganglion Di Pergelangan Tangan Secara Medis

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan ganglion secara medis baik secara bedah maupun non bedah pada umumnya sering kali di pilih oleh penderita galion, yang mana kondisinya menampakan rasa nyeri dan sangat mengganggu kenyamanan. Adapun untuk panduannya yang baik, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Ganglion adalah tonjolan lunak non-kanker yang pada umumnya dapat muncul di pergelangan tangan dan kaki yang mana gejalanya tidak di sertai dengan rasa sakit serta tidak menimbulkan indikasi lebih lanjut. Sehingga tidak sedikit dari penderita yang telah paham akan ciri-ciri kista ganglion ini, tidak melakukan pengobatan secara intensif karena kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya dan tidak mengancam kehidupan mereka.

Adapun ganglion tidak memerlukan penanganan apapun karena memang benjolan ganglion sendiri bukan merupakan tumor ganas yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan bahkan ganglion bisa menghilang dengan sendirinya. Namun pada beberapa kondisi, justru ganglion perlu mendapatkan pengobatan yang cukup intensif, terutama jika:

  • Benjolan ganglion terasa nyeri, dan bahkan rasa sakit terasa lebih parah pada saat penderita menggerakan tangannya yang sakit.
  • Ganglion mengakibatkan sensasi menekan dan mengiritasi saraf.
  • Ganglion mengganggu gerakan, sehingga memperparah aktivitas anda yang melibatkan gerakan menggenggam atau menggunakan sendi.
  • Benjolan ganglion mengenai tulang atau ligamen pergelangan tangan.

Pengobatan ganglion di pergelangan tangan secara medis

Bagi anda yang kini tengah mencari informasi pengobatan benjolan ganglion melalui prosedur medis, perlu kami informasikan bahwasannya pengobatan untuk ganglion dapat di lakukan secara bedah maupun non bedah.

1. Pengobatan non bedah:

  • Imbobilisasi: Ukuran kista ganglion dapat membesar dengan seiring waktu yang di sertai dengan aktivitas gerakan berulang di daerah yang sakit. Maka dari itu, tindakan memakai bidai dapat di jadikan sebagai salah satu jenis terapi. Namun, penggunaan bidai yang dalam jangka panjang juga tidak di darankan, karena dapat memicu terjadinya kelemahan otot.
  • Aspirasi: Merupakn penarikan cairan yang di gunakan sebagai penegak diagnosis dan juga terapi. Pada prosedur ini, dokter akan menggunakan jarum untuk menarik cairan yang terdapat di dalam kista ganglion  sehingga ukurannya mengecil dan bahkan sampai hilang.

2. Prosedur pembedahan

Operasi sendiri sangat di indikasikan apabila benjolan tersa nyeri, tergelitik, mati rasa dan mengganggu aktivitas sehari-hari (terlebih apabila benjolan muncul pada anggahota yang dominan). Terkait akan hal itu, jenis operasi yang dapat di lakukan terbagi ke dalam 2 bagian:

  • Pembedahan terbuka. Pada jenis operasi ini dokter akan melakukan sayatan kurang lebih sepanjang 5 cm di lokasi sendi  atau tendon yang terdapat kista ganglion.
  • Pembedahan artroskopi. Pada jenis operasi ini , dokter bedah akan membuat sayatan dengan ukuran yang lebih kecil. Kemudian kamera kecil yang di sebut dengan artroskop akan di masukan ke dalam sayatan untuk melihat letak persis kista. Dokter bedah selanjutnya akan memasukkan suatu alat pada sayatan tersebut untuk mengangkat kista ganglion.

Setelah anda menyimak informasi seputar pengobatan ganglion di pergelangan tangan secara medis ini, mungkin anda bisa memilih atau mempertimbangkan jenis pengobatan medis ganglion yang kiranya cocok untuk anda lakukan. Semakin tinggi kesulitan pengobatan, maka semakin tinggi pula biaya pengobatan ganglion. Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk mengobatinya dengan medis, anda juga dapat mencoba mengobatinya dengan obat ganglion tradisional yang terdapat melimpah di sekitar kita.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 29 April 2017 11:08:16

Related Post :
Penyakit
Kenali Gejala Dan Penyebab…

Berikut ini adalah berbagai…

Ibu Dan Anak
Ciri-Ciri Fisik pada Bayi…

Down syndrome merupakan kondisi…

Alami
Obat Radang Tenggorokan Tradisional…

Mengobati radang tenggorokan secara…

Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Tips
Tips Mudah Atasi Kaki…

Kaki bengkak memang cukup…

Kesehatan
Hati-Hati! 8 Kebiasaan Buruk…

Hati-hati!! terdapat setidaknya 8…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Diagnosis Penyakit Hipoparatiroid Dan Pengobatannya

Diagnosis penyakit hipoparatiroid pada orang…

Penyakit
Tips Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh

Tips mencegah penyakit maag agar…

Kirim Pertanyaan
Top