Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Basil Untuk Kesehatan

Manfaat daun basil mungkin tidak asing dan bahkan mungkin anda dengar terlebih untuk masakan. Akan tetapi,  selain dari pada itu fungsi daun basil sendiri sangat baik untuk kesehatan. Hal tersebut memang di karenakan di dalam daun basil sendiri terdapat berbagai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa khasiat daun basil untuk kesehatan? Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.


Basil adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah, yang mana bagian daun, biji dan bunganya sering kali di gunakan dalam masakan karena memiliki aroma yang cukup khas. Bahkan, akibat kemiripannya dengan manfaat daun kemangi, banyak orang yang mengira bahwa kemangi dan basil adalah satu tanaman yang sama. Basil sendiri sering kali di gunakan dalam berbagai jenis masakan Italia, China, India dan Thailand. Adapun di Indonesia sendiri serimng menggunkan bijinya untuk di campurkan ke dalam minuman.

Di luar itu, daun basil juga sangat terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung banyak sekali  kandungan gizi, seperti halnya mineral dan vitamin, yang di ketahui dari berbagai hasil penelitian. Adapun berbagai vitamin, mineral dan juga enzim yang terkandung di dalam daun basil diantaranya seperti:

  • Vitamin C
  • Thiamin
  • Vitamin b6
  • Ribovlafin
  • Niacin
  • Vaitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin D
  • Vitamin K
  • Minyak atsiri
  • Niacin

Dengan adanya berbagai kandungan baik tersebut, jelas terbukti memiliki manfaat yang begitu penting untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat daun basil untuk kesehatan


1. Melindungi DNA

Cara daun basil melindungi DNA yaitu dengan menggunakan zat yang di kenal dengan flavonoid. Senyawa flavonoid sendiri adalah salah satu zat yang terkandung di dalam daun basil, yang mana memiliki manfaat sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya keruksakan DNA dan infeksi virus di dalam DNA.

2. Antibakteri

Manfaat dari daun basil lainnya yang tak kalah penting adalah kandungan minyak atsirinya yang bersifat antibakteri sehingga mapu untuk menangkal berbagai jenis bakteri masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, bai anda yang ingin hidup sehat tanpa terserang penyakit berbahaya akibat bakteri, penggunaan konsumsi daun basil sangat di anjurkan karena kemampuannya yang dapat membunuh berbagai jenis bakteri penyebabb penyakit sepertti halnya Listeria monocytogenes, staphylocus aureus dan lain sebagainya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Daun basil juga memiliki banyak sekali kandungan mineral dan vitamin yang memiliki peranan penting yang dapat menjaga kesehatan, memperbaiki dan mempertahankan kinerjja jantung tetap optimal. Sehingga dengan begitu, jantung akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang menyerang jantung, seperti halnya serangan jantung, gagal jantung dan lainnya.

4. Memiliki sifat antiinflamasi

Bagi anda yang sering mengalami peradangan baik di bagian luar maupun bagian dalam tubuh sebaiknya mulai sekarang anda rajin mengonsumi daun basil. Kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya memiliki manfaat yang sangat baik dalah hal mencegah peradangan atau inflamasi.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Kegunaan daun basil selanjutnya adalah dapat menjaga daya tahan tubuh anda tetap optimal. Hal tersebut sdangat berkaitan erat dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, terutama kandungan vitamin C yang terkandung di dalam daun basil ini. Dengan memiliki daya tahan tubuh yag baik maka anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang muncul akibat lemah daya tahan tubuh seperti halnya batuk dan lainnya.

6. Menangkal radikal bebas

Efek lainnya yang di hasilkan setelah anda mengonsumsi daun basil ini adalah menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Berbagai jenis vitamin yang terdapat di dalam daun basil ini mampu untuk menghasilkan antioksidan yang mampu untuk mencegahinfeksi dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda. Sedang radikal bebas sendiri merupakan cikal bakal munculnya berbagai jenis penyakit hingga penyakit kanker sekalipun.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Memiliki tulang dan gigi yang sehat tak hanya di dapat dengan mengonsumsi suplemen atau makanan seperti buah  dan mekanan yang bergizi lainnya, melainkan juga di dapat dari daun basil. Daun ini mampu mencegah terjasdinya pengoroposan tulang dan dan gigi sejak dini terutama dari gangguan osteoporosis.

8. Menjaga kesehatan mata

Sebagaimana yang telah kita ketahui dalam uraian datas, bahwasannya daun basil mengandung vitamin A, yang viotamin tersebut memiliki sangat baik untuk kesehatan penglihatan anda.

9. Melindungi hati

Kandungan flavonoid (vivenin dan orietin) yang terkandung di dalam daun basil juga sangat baik untuk kesehatan hati. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi hati.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun basil untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bemanfaat dan dapat menambah wawsan anda seputar dunia herbal.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 29 April 2017 14:05:34

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun pandan bagi kesehatan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Selain buah durian, ternyata khasiat…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat daun…

Tambah Pertanyaan
Top