Penyebab Luka pada Penderita Diabetes Sulit Sembuh

Share dan Tag Temanmu di :

Pada penderita diabetes, jangan menganggap remeh luka yang dialami, sekecil apapun itu. Pasalnya, luka yang tidak diatasi dengan tepat dapat berakibat fatal, bahkan hingga bisa dilakukan amputasi.


Disamping itu, luka yang dialami oleh penderita diabetes juga akan sulit untuk disembuhkan. Hal ini disebabkan karena luka diebetes berkaitan dengan kondisi yang terjadi pada sel saraf. Selain itu, Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan karena dapat menghambat proses penyembuhan luka. Berikut ini adalah beberapa penyebab luka pada penderita diabetes sulit sembuh yang perlu diwaspadai :

Kadar gula dan lipid berlebih

Jika kondisi protein dan mikronutrien sanga diperlukan orang yang sedang terluka, namun gula dan lipid atau kolesterol perlu dikurangi. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan luka menjadi semakin kronis, sehingga semakin sulit sembuh. Hal inilah yang terjadi pada penderita diabetes. Selain itu, kolesterol juga berbahaya bagi proses penyembuhan luka. Semakin tinggi kolesterol, maka darah semakin kental sehingga alirannya tidak lancar. 

Kerusakan saraf (Neuropati Diabetikum)

Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan neuropati diabetikum atau terjadinya kerusakan pada saraf-saraf tepi. Kondsii ini akan menimbulkan gejala perasaan kebas atau baal pada tangan dan kaki, sehingga terkadang penderita tidak menyadari adanya perubahan pada kulitnya, seperti luka atau lepuh, dan baru diketahui setelah luka menjadi dalam dan terinfeksi. 

Oksigenisasi jaringan

Ketika teluka, kulit memiliki mekanisme alamiah untuk membentuk jaringan-jaringan baru hingga luka dapat tertutup atau disembuhan dengan sempurna. Proses tersebut memerlukan oksigen yang cukup. Maka dari itu, pemilihan penutup atau pembalut luka (dressing) yang tepat dapat membantu pertukaran gas dan udara tetap lancar. 

Stres

Kadar kortisol atau hormon stress memiliki hubungan dengan lamanya penyembuhan luka pada penderita diabetes. Depresi yang ditunjukkan dengan peningkatan kadar kortisol menyebabkan prosesm penyembuhan luka di kaki berlangsung lembih lama. Temuan ini mengisyaratkan pada penderita diabetes untuk mengurangi beban pikiran yang bisa menyebabkan stres, terutama saat mengalami luka. 

Trauma

Orang yang sedang terluka harus dijauhkan dari trauma. Gesekan, benturan, hantaman, atau kontak lain yang berlebih pada luka dapat membuat proses penyembuhan semakin memerlukan waktu yang lama. 

Sistem imunitas terganggu

Agar penyembuhan luka berjalan dengan baik, maka biasanya Anda harus membuang jaringan-jaringan mati atau rusak sehingga tidak menghalangi pembentukan sel-sel kulit baru. Peran ini dikendalikan oleh sistem imunitas, disamping juga memiliki tugas melawan infeksi. Masalahnya adalah kadar gula yang cenderung tinggi dapat merusak sistem imunitas itu sendiri, sehingga penyembuhan luka dapat terganggum juga akan rentan terhadap infeksi. 

Faktor sosio-ekonomik

Faktor sosio-ekonomik tidak jarang memaksa orang yang sedang mengalami luka untuk tetap bekerja atau beraktivitas. Padahal, aktivitas tertentu dapat memperparah kondisi luka. Off-loading dalam konteks luka kaki penderita diabetes merujuk upaya untuk mengurangi beban atau tekanan pada daerah yang terluka. Off-lama mencegah trauma lanjutan pada luka sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. 

Mewaspadai dan menghindari penyebab luka pada penderita diabetes sulit sembuh dapat membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi dan juga dapat mencegah amputasi pada penderita diabetes. Segera lakukan pemeriksaan kepada dokter jika terdapat luka pada penderita diebetes agar bisa mendapatkan rekomendasi obat luka diebetes yang tepat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 01 Mei 2017 09:40:16

Related Post :
Kesehatan
Tips Mudah dan Cepat…

Selain minum obat, ternyata…

Penyakit
Mengenali Gangguan Delusi Erotomania…

Apakah Anda pernah memiliki…

Alami
Obat Alami Penghilang Bopeng…

Bopeng jerawat memang lebih…

Alami
Obat Batuk Kering Alami…

Obat batuk kering alami…

Tips
Cara Totok Wajah Sendiri…

Cara totok wajah sendiri…

Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang Tepat Saat Program Hamil

Yuk memgenal jenis terapi kesuburan…

Kesehatan
Kesehatan
Jenis-Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Sbelum menentukan langkah pengobatan, alangkah…

Kirim Pertanyaan
Top