Cara Menetralisir Kadar Asam Lambung Tinggi Magnesium Hidroksida

Share dan Tag Temanmu di :

Magnesium Hidroksida, Untuk Menetralisir Kadar Asam Lambung Tinggi
Termasuk jenis obat antasida, magnesium hidroksida digunakan untuk menangani gejala-gejala yang muncul karena produksi asam lambung yang melebihi normal. Cara kerjanya yakni dengan menetralisir kadar asam lambung berlebih sehingga mampu melindungi dinding lambung dari inflamasi. Contoh gangguan yang bisa diredakan dengan obat antasida ini adalah dispepsia, nyeri ulu hati, serta perut kembung.



Magnesium hidroksida yang berbentuk tablet dan obat cair ini dijual bebas di apotek dalam berbagai merk. Namun meski demikian, penggunaan untuk anak-anak di bawah tiga tahun harus memakai resep dokter. Peringatan penggunaan obat ini berlaku untuk perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, serta sedang menyusui. Hindari mengonsumsinya secara berkelanjutan selama lebih dari dua minggu, juga jangan dikonsumsi pada waktu yang sama dengan obat lain. Beri jarak minimal dua jam. Jika tidak, maka akan mempengaruhi penyerapan dan kinerja obat.

Sebaiknya konsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Bagi penderita gangguan hati, gangguan ginjal, lansia, mengalami muntah-muntah, kram perut, dan sakit perut parah harus hati-hati dalam mengonsumsi obat ini. Jangan dikonsumsi setelah kemasan obat ini dibuka selama tiga bulan.

Berikut dosis magnesium hidroksida dalam bentuk cair yang umum digunakan. Untuk usia 12 tahun ke atas, dosis yang diberikan 30-45 mililiter per hari sementara untuk anak usia 3-12 tahun dosisnya 5-10 mililiter per hari. Jangan lupa untuk membaca informasi mengenai dosis dan aturan pakai yang ada pada kemasan obat.


Obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara regular, namun hanya dikonsumsi saat gejala kambuh. Jika mengonsumsi dalam bentuk cair, kocok terlebih dahulu. Cara menetralisir asam lambung tinggi dengan obat ini biasanya hanya bersifat sementara. Untuk meminumnya, pakai sendok atau gelas takar khusus yang biasanya ada dalam kemasan. Sendok makan biasa takarannya akan berbeda. Untuk meminimalisir efek samping berupa dehidrasi, antasida sebaiknya diminum saat perut kosong (beberapa jam sebelum atau sesudah makan) dengan air putih yang banyak.


Kenali pula efek samping dan bahaya magnesium hidroksida seperti diare dan kram perut. Meski efek tersebut jarang terjadi, namun pada beberapa kasus ada pula yang menyebabkan efek samping serius seperti kadar magnesium dalam tubuh menjadi terlalu tinggi serta dehidrasi. Magnesium yang berlebihan bisa memicu keracunan pada pasien yang memiliki masalah dengan ginjal. Jika Anda mengalami efek samping yang berkesinambungan, hentikan konsumsi obat dan segera hubungi dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Selasa, 24 Mei 2016 09:08:23

Related Post :
Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Antibiotik adalah jenis obat…

Kesehatan
Inilah Tahapan yang Akan…

Selain bisa membuat mabuk,…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Tidak semua jenis makanan…

Kesehatan
Mengetahui Kanker Nasofaring yang…

Baru-baru ini aktor Korea…

Kesehatan
Sudah Diet Tapi Berat…

Ketahui beragam penyebab berat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang Epilepsi Di Apotek

Carbamazepine obat penyakit kejang epilepsi…

Obat Kimia
Manfaat Obat Acetazolamide Untuk Glaukoma dan Epilepsi

Manfaat Obat Acetazolamide Untuk Glaukoma…

Obat Kimia
Obat Diclofenac Untuk Mengobati Inflamasi atau Peradangan

Obat diclofenac yang dipakai untuk…

Kirim Pertanyaan
Top