Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Sariawan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga dapat dialami oleh anak-anak. Oleh karena itu, cara alami mengatasi sariawan pada anak sangat penting untuk anda ketahui. Sehingga anda mengetahui apa yang harus anda lakukan bila si kecil mengalami sariawan.


Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi sariawan pada anak, alangkah baiknya mengetahui dahulu tentang sariawan pada anak. Umumnya sariawan dapat terjadi pada dasar mulut, bibir, gusi, lidah dan di bagian dalam pipi. Gejala sariawan pada anak sama seperti gejala sariawan orang dewasa yaitu diantaranya kemerahan, terasa perih dan nyeri pada daerah yang terkena sariawan. Sehingga membuat si kecil tidak mau makan atau minum, bahkan si kecil menjadi rewel.

Penyebab sariawan pada anak belum diketahui pasti. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat memicu sariawan pada anak yaitu diantaranya infeksi virus, bagian dalam bibir tergigit  ketika makan sehingga menimbulkan luka, alergi makanan, alergi terhadap bahan makanan, ada kelainan sistem daya tahan tubuh, serta kurangnya asupan vitamin C, vitamin B12 dan asam folat.

Cara mencegah sariawan pada anak

Cara mencegah sariawan pada anak, sama seperti cara mencegah sariawan pada orang dewasa atau pada umumnya yaitu diantaranya:

  • Ajak anak untuk mengontrol giginya pada dokter gigi
  • Ajari anak menyikat gigi yang benar dan ajari pula anak cara lainnya untuk menjaga kebersihan mulut.
  • Berikan anak makanan sehat dan bila si kecil sering mengalami sariawan maka jangan memberikan si kecil makanan yang dapat memicu timbulnya sariawan.
  • Cukupi si kecil asupan makanan yang mengandung vitamin C aseperti sayuran hijau dan buah-buahan. Namun jangan terlalu sering berikan si kecil makanan yang mengandung vitamin C yang rasanya asam seperti nanas dan stroberi.

Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Anak

Berikan si kecil cairan yang cukup

Cara alami mengatasi sariawan pada anak adalah dengan memberikan si kecil cairan yang cukup. Walaupun si kecil susah bahkan tidak mau minum karena rasa sakit pada daerah yang terkena sariawan, anda harus bisa membujuk si kecil supaya mau minum. Bila bosen dengan air putih, anda bisa bisa berikan jus apel.

Berkumur dengan air garam yang hangat

Bila anak anda sudah bisa berkumur-kumur, maka anda bisa berikan air garam hangat pada si kecil yang sedang mengalami sariawan. Cara membuat air garam hangat sangat mudah yaitu sediakan setengah gelas air hangat, campurkan garam setengah sendok teh dan aduk sampai merata. Kemudian berikan pada si kecil sebagai obat kumur selama 30-60 detik, minimal 2 kali sehari. Hingga gejala sariawannya mereda.

Air kelapa

Cara mengatasi sariawan pada anak secara alami bisa dengan memberikan air kelapa pada si anak anda. Selain air kelapa masih banyak lagi bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat sariawan alami.

Pisang dan madu


Pisang dan madu juga merupakan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat sariawan anak alami. Buat pasta dari pisang dan madu. Oleskan pasta tersebut pada bagian daerah yang terkena sariawan.

Cara alami untuk mengatasi sariawan pada anak, bisa anda lakukan bila si kecil sedang mengalami sariawan. Semoga dapat membantu.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Selasa, 02 Mei 2017 13:36:59

Related Post :
Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis…

Untuk mendiagnosis penyakit kanker…

Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Penyakit
Langkah-Langkah Diagnosis Infeksi Ginjal

Langkah-langkah diagnosis infeksi ginjal…

Kesehatan
Penyebab Lain Gatal di…

Selian ketombe, ternyata terdapat…

Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa…

Mungkin tidak banyak yang…

Obat Kimia
Nama Obat Radang Amandel…

Nama obat radang amandel…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim Hujan pada Anak

Pada musim hujan, tubuh akan…

Ibu Dan Anak
Cara Menghilangkan Milk Blister saat Menyusui

Milk blister merupakan jerawat yang…

Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa Anak Pertama Lebih Pintar

Mungkin tidak banyak yang mengetahui…

Kirim Pertanyaan
Top