Mengenal Penyebab Kerusakan Hati Dan Cara Mencegahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Selain jantung, hati juga adalah organ penting yang miliki oleh manusia. Sama hal nya seperti jantung, fungsi organ jantung bisa mengalami gangguan. Begitupun juga pada organ hati, fungsi organ hati bisa mengalami gangguan dan kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor.


Gangguan pada hati harus segera diatasi dengan pengobatan yang tepat. Karena bila terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka bisa berkembang menjadi penyakit liver. Dan bila anda sudah terkena penyakit liver, tentunya juga harus melakukan pengobatan medis. Pengobatan pada penderita liver juga bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan alami diantaranya sambiloto, temulawak, pegagan. Bahkan masih ada lagi bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat liver alami.

Mengenal Penyebab Kerusakan Hati

Penyebab kerusakan pada organ hati sangat penting untuk diketahui. Selain itu, anda juga harus menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Berikut ini adalah penyebab kerusakan pada organ hati

Minum minuman alkohol yang berlebihan dan sering

Penyebab terjadinya kerusakan hati adalah sering minum minuman alkohol juga berlebihan atau banyak. Padahal minum minuman alkohol berlebihan dan juga sering, bisa menyebabkan timbulnya peradangan pada hati. Oleh karena itu, hindari konsumsi minuman alkohol.

Paparan obat-obatan

Penyebab kerusakan sel hati adalah paparan obat-obatan. Oleh karena itu, konsumsilah obat sesuai dengan anjuran dokter. Karena ada beberapa obat-obatan bila diminum kelebihan dosis bisa mengakibatkanluka sementara pada organ hati bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada hati.

Selain itu, faktor lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan hati diantaranya sirosis, hepatitis, kelainan pada aliran darah dan hemochromatosis. Sedangkan yang menjadi pemicu kerusakan pada organ hati  adalah kanker. 

Cara Mencegah Kerusakan Hati

Kurangi dan hindari minuman alkohol

Cara mencegah kerusakan hati adalah dengan mengurangi dan menghindari minuman alkohol. Karena konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati. Oleh karena itu kurangi minum minuman alkohol, bila anda tidak ingin mengalami kerusakan pada organ hati. Terlebih bila anda sedang mengalami gangguan pada hati, alangkah baiknya berhenti minum minuman alkohol supaya tidak memperparah kondisi anda.

Jangan lakukan seks bebas

Kerusakan pada organ hati bisa disebabkan oleh adanya penyakit hepatitis. Hepatitis B dan hepatitis C adalah jenis hepatitis yang menular dari penderita melalui seks bebas atau melakukan seks tidak aman. Oleh karena itu jangan melakukan seks yang tidak aman atau seks bebas.

Jangan konsumsi obat-obatan terlarang

Bahaya mengkonsumsi juga menggunakan obat-obatan terlarang bagi kesehatan sudah diketahui oleh banyak orang. Namun bagi sebagian dari mereka menghiraukannya dan masih mengkonsumsi obat-obatan terlarang tersebut. Padahal konsumsi obat-obatan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati juga bisa membahayakan bagai kesehatan tubuh. Jenis obat-obatan terlarang tidak hanya dikonsumsi saja, tapi juga ada obat terlarang yang disuntikan. Apapun jenis obat terlarang, sebaiknya jangan coba-coba mengkonsumsi juga menggunakannya. Apalagi dikonsumsi nya setiap hari sangat tidak diperbolehkan.

Konsumsilah obat-obatan dalam dosis yang pas yang dianjurkan oleh dokter

Cara mencegah kerusakan hati juga adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan dalam dosis yang pas dan tentunya sesuai dengan anjuran dokter. Karena bila mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis yang sembarangan atau berlebihan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Cara lainnya untuk mencegah kerusakan hati yaitu hindari paparan polusi, selalu gunakan masker saat mengendarai kendaraan motor, konsumsi makanan yang rendah lemak, dan olahraga secara teratur.

Setelah anda mengetahui penyebab kerusakan hati, sebaiknya anda harus menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati. Selain itu juga lakukan pencegahan, pencegahan bisa dilakukan pada orang belum pernah mengalami dan pernah mengalami juga sedang mengalami gangguan atau kerusakan pada organ hati.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 03 Mei 2017 11:50:58

Related Post :
Ibu Dan Anak
Kebiasaan Sering Gigit Bibir…

Kebiasaan menggigit bibir bawah…

Manfaat
Mengetahui Kebaikan Mengonsumsi Petai…

Dibalik baunya yang khas,…

Alami
Manfaat Akar Daruju Beserta…

manfaat akar daruju beserta…

Kesehatan
5 Hal Terkait Penyakit…

Mengetahui informasi terkait penyakit…

Manfaat
10 Khasiat Menakjubkan Rimpang…

Berikut ini khasiat dan…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Baik…

Berikut adalah makanan sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita Epilepsi Saat Kambuh

Pertolongan pertama pada penderita epilepsi…

Kesehatan
Inilah Efek Samping Facial Wajah Yang Perlu Diwaspadai

Inilah efek samping facial wajah…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Informasi tentang batuk berdahak, penyebab,…

Kirim Pertanyaan
Top