Mewaspadai Penyebab dan Gejala Kista Rahang

Share dan Tag Temanmu di :

Kista adalah rongga patologik yang dibatasi oleh epitelium. Kista berisi cairan atau setengah cairan yang bukan berasal dari akumulasi pus maupun darah. Kista bisa tumbuh dibagian tubuh mana saja, termasuk di rahang. 

Kista rahang merupakan kista yang paling sering ditemukan dibandingkan dengan kista tulang lainnya. Hal ini disebabkan karena banyaknya sisa epitel yang tertinggal pada jaringan setelah pembentukan gigi.


Mayoritas kista berukuran kecil dan tidak menyebabkan pembengkakan di permukaan jarjingan. Jika tidak ada infeksi, maka secara klinis pembesarannya minimal dan berbatas jelas. Pembesaran kista dapat menyeabbkan asimetri wajah, pergerseran gigi dan perubahan oklusi, hilangnya gigi yang berhubungan atau gigi tetangga, serta pergeseran gigi tiruan. Kista yang terletak didekat permukaan dan telah meluas ke dalam jaringan lunak, sering terlihat berwarna biru terang dan membran mukosa yang menutupi sangat tipis. 

Mengetahui dan mewaspadai penyebab dan gejala kista rahang sangat penting untuk mencegah risiko terjadinya kista rahang dan menjaga agar rahang tetap dalam kondisi baik. 

Penyebab Kista Rahang

Penyebab kista rahang berbeda. Dalam sebagian besar kasus, kista terbentuk sebagai hasil dari kontak dengan infeksi jaringan gigi. Penyebab paling umum dari kista rahang diantaranya adalah :

  • Terjadinya karies
  • Cedera mekanik
  • Infeksi pada mulut dan tenggorokan
  • Perawatan saluran akar buta huruf

Gejala Kista Rahang

Sebagai kista etiologi lainnya, kista rahang biasanya tidak memanifestasikan dirinya hingga mulai menyebabkan peradangan. Biasanya kista kecil sulit untuk diidentifikasi, tetapi setelah menjadi cukup besar, kita dapat terlihat menonjol dari jaringan lunak rahang, dan dalam kasus peradangan kista mirip dengan gejala osteomyelitis. 

Secara umum, gejala kista rahang diantaranya adalah :

  • Nyeri saat makan atau minum

Ini merupakan gejala kista rahang yang paling umum, karena kompresi tmor pada saraf sekitarnya. Tumor juga bisa menimbulkan gangguan pada sendi temporo-mandibula. Nyeri rahang bisa ditandai dengan perkembangan secara perlahan, menyebar ke wajah dan leher dan meningkat dalam intensitas sementara rahangnya bergerak. Selain itu, terdapat juga kelembutan di sekitar daerah tersebut.

  • Bengkak di rahang

Kista tidak hanya memampatkan saraf, namun juga menghalangi aliran darah di daerah yang menyebabkan pembengkakan. 

  • Misa di daerah rahang

Pemeriksaan oral bisa mengungkap pertumbuhan abnormal di sekitar rahang. Penderita mungkin juga merasakan keselarasan yang tidak rata atas maksila dan mandibula akibat massa atau kista. Kista dapat tumbuh didalam yang mengarah ke massa oral atau di luar rahang yang mengarah ke massa wajah.

  • Parestesi di rahang

Kompresi saraf di rahang menyebabkan sensasi kesemutan dan mati rasa di daerah tersebut.

Untuk pengobatan kista rahang dilakukan dengan teknik bedah modern. Namun, pada beberapa kasus, pengobatan bisa dilakukan tanpa operasi. Anda juga bisa mengonsumsi obat kista rahang alami yang diyakini memiliki khasiat serta manfaat untuk membantu mengurangi gejala kista. 

By Sri Maryati - Penyakit Rabu, 03 Mei 2017 16:00:47

Related Post :
Tips
Latihan Mengerucutkan Bibir Bantu…

Terdapat berbagai terapi pengobatan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Cara Cepat Menurunkan Demam…

Cara cepat menurunkan demam…

Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma…

Pantangan bagi penderita asma…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Sinusitis adalah suatu kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Hati-Hati Kanker Payudara Juga Bisa Dialami Pria

Kanker payudara bukan hanya dialami…

Penyakit
Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Penis Akibat Jamur

Cara mencegah dan mengobati infeksi…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus Campak Lebih Dekat

Campak merupakan infeksi yang disebabkan…

Kirim Pertanyaan
Top