Berbagai Manfaat Dan Khasiat Daun Inggu Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun inggu dan bagian tanamannya yang lainnya memang memiliki khasiat yang cukup patut untuk di perhitungkan bagi kesehatan. Beberapa diantaranya yaitu dapat mengatasi luka, demam, gejala kejang pada anak hingga bersifat sebagai anti-radang. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya baik untuk mengatasi gangguan kesehatan yang anda alami ataupun hanya sebagai pengetahui sebatas obat herbal, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Tanaman inggu memiliki nama latin Ruta angustifolia adalah sejenis tanaman yang di duga berasala dari tanah eropa dan afrika. Karena banyaknya kegunaan herbal yang di milik, lantas sedikit orang yang kini membudidayakan tanaman yang satu ini, sebagai tanaman obat herbal sekaligus tanaman hias yang pada umumnya di tanam pada pot. Senyatinya, inggu sendiri memiliki habitat hidup liar, yang mana anda dapat dengan medah menemukannya di ladang ataupun tanah lapang yang mempunyai paparan sinar matahari yang cukup.

Adapun bagi anda yang belum mengatehui sama sekali tanaman yang satu ini, berikut akan kami uraikan deskrip[si atau ciri-ciri tanaman inggu i tu sendiri:

  • Pohon: termasuk ke dalam tanaman perdu, ketinggaian kurang lebih mencapai 1 meter, batang sedikit berbulu.
  • Daun: Berbentuk oval bulat telur dengan panjang diametes sekitar 3 cm. Daun bercabang pendek, berseling dan terdapat 3 hingga helai daun dalam setiap tangkainya. Sepintas hampir menyerupai kacang tanah, namun lebih kecil dan juga lebih tebal.
  • Bunga: Berwarna kuning cerah dengan tangkai yatg memanjang dan kelopak bunga terbagi rata-rata menjadi 4 helai.

Kandungan dan manfaat daun inggu untuk kesehatan tubuh

Menurut hasil dari beberapa penelitian, di ketahui bahwasannya daun inggu memiliki berbagai kandungan senyawa maupun zat alami yang dapat membantu mengatasi berbagai keluhan masyarakat diantaranya seperti: katone, metil-noniketone, asam modic, rutin, xanthoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena. Di dalamnya jjuga terdapat racun dalam skala yang sangat kecil  dan sangat jarang mengakibatkan orang menjadi keracunan.


Adapun khasiat dan manfaat daun inggu untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mengobati sakit gigi
Pertama, anda bisa mnyiapkan terlebih dahulu daun inggu secukupnya kemudian lumatkan hingga halus. Setelah itu, masukkan pada gigi yang berlubang atau sakit dan di tutup dengan menggunakan kapas.

2. Mengatasi sakit kepala
Untuk menghilangkan sakit kepala, anda bisa mengambil daun inggu secukupnya dan cuci bersih. Tumbuk hingga halus dan tapalkan poada daerah wajah di atas pelipis.

3. Mengobati hepatitis
Untuk mengatasi kondisi kesehatan yang satu ini car pengolahannya adalah larutkan ekstrak daun  atau getah daun inggu dengan segelas air panas. Setelah hangat anda bisa meminumnya secara teratur.

4. Menurunkan Demam
Rebus daun dan seluruh bagian tanaman inggu yang telah di cuci bersih sebelumnya  denganair secukupnya hingga mendidih dan berubah warna. Setelah itu, saring dan ambil 1 gelas  yang di campur dengan madu 1 sdm. Konsumsi ramuan tersebut 2x sehari hingga sembuh.

5. Mengobati ketombe dan kurap di kepala
Untuk mengatasi kondisi yang satu ini anda cukup menumbuk daun inggu secukupnya kemudian, tambahkan sedikit air saja ke dalamnya. Untuk hasil yang lemaksimal, anda bisa menambahkan kunyit ke dalamnya, lalu peras dan perasan airnya tersebut.

6. Kejang pada anak
Untuk itu, anda bisa menyediakan daun inggu secukupnya kemudian rendam pada air cuka sekitar 30 menit, dan selanjutnya gunakan air tersebut untuk kompres.

7. Mengatasi eksim dan luka
Untuk mengobati penyakit eksim dan luka, anda bisa menggunakan 20 lembar daun inggu, 1 ruas kunyit dan 1 sdt beras putih. Haluskan kesemua bahan kemudian tempelkan pada area kulit yang terkena luka maupun eksim.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun inggu dan baian tanamannya yang lain yang berlhasioat untuk kesehatan seperti diantaranya dapat melancarkan siklus haid tidak teratur, mempercepat penyembuhan bisul, mengobati sakit tenggorokan, mengencerkan dahak, mengatasi kolik bersifat sebagai direutik, analgesik dan masihbanyak lagi yang lainnya.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 04 Mei 2017 13:37:03

Related Post :
Kesehatan
Cara Asyik dan Sehat…

Makan malam dan bertukar…

Penyakit
Ketahui Jenis Cacing Jahat…

Ketahui jenis cacing jahat…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Kesehatan
8 Cara Untuk Mencegah…

Agar gejala asma tidak…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Wajib tahu! ini larangan…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
11 Khasiat Dan Manfaat Daun Ginseng Jawa Untuk Kesehatan

Selain untuk pakan kenari, khasiat…

Daun
Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun ketumbar…

Kirim Pertanyaan
Top