Mengetahui Peran Penting Usus Buntu Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin pernah mendengar penyakit usus buntu. Namun, apakah Anda tahu apa itu usus buntu ? dan apa peran penting usus buntu bagi tubuh ? Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar fungsi usus buntu bagi kesehatan tubuh. Simak informasi lengkapnya disini !

Mengetahui Peran Penting Usus Buntu Bagi Tubuh

Sebelum membahas mengenai peran penting usus buntu bagi tubuh, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu usus buntu. Dilansir dari Wikipedia, usus buntu atau sekum dalam istilah anatomi adalah suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Nama usus buntu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan bahwa usus itu memang memiliki ujung yang buntu, tidak seperti usus lainnya yang ujungnya berlubang hingga anus. 


Usus buntu yang juga memiliki nama apendiks ini secara normal terletak di bagian perut kanan bawah dan seringkali diabaikan karena tidak pernah diketahui fungsinya secara pasti. Namun, saat ini diketahui bahwa apendiks memiliki fungsi sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) yang memiliki atau berisi kelenjar limfoid. 

Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa usus buntu ternyata berperan penting bagi sistem imun. Usus buntu sering disebut sebagai organ yang tidak berguna. Para peneliti menduga, usus buntu adalah organ vestigal, artinya usus buntu dulunya memiliki fungsi, namun karena proses evolusi bagian usus ini tidak lagi digunakan. 

Namun, setelah peneliti di Midwestern University di negara bagian Arizona melakukan penelitian kembali, ternyata usus buntu berfungsi sebagai wadah atau ruang untuk berkumpulnya bakteri baik usus. 

Profesor Heather Smith yang mempelajari usus dan karakteristik lingkungan melibatkan 533 mamalia dengan jenis berbeda dalam penelitiannya untuk menyelidiki soal evolusi usus buntu. Beberapa hewan, termasuk primata, wombat dan kelinci, diketahui memiliki usus buntu, sementara yang lain, seperti anjing dan kucing, tidak. 

Penelitian tersebut menemukan bahwa usus buntu telah berevolusi 30 kali terpisah dalam spesies yang berbeda, dan hampir tidak pernah menghilang dari garis keturunan evolusi. Hewan dengan usus buntu memiliki konsentrasi tinggi dari kelenjar liphoid dalam ususnya yang memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Jaringan ini bisa menstimulus pertumbuhan beberapa tipe bakteria yang disimpan di dalam usus buntu. Jadi, besar kemungkinan hewan-hewan tersebut minim terkena serangan diare. 

Profesor Smith juga menyebutkan bahwa pasien yang telah melakukan operasi pengangkatan usus buntu, masa penyembuhannya dari penyakit terutama yang berkaitan dengan bakteri usus akan cukup lambat karena banyak bakteri baik yang telah dikeluarkan. Diketahui, rata-rata orang dewasa memiliki usus buntu sepanjang 5-10 cm dengan diameter mencapai 6-8 milimeter. 

Sebanyak 40 ribu orang mengakui pergi ke rumah sakit untuk melakukan operasi usus buntu. Uniknya, para dokter juga tidak mengetahui pasti penyebab dari inflamasi yang terjadi pada usus buntu. Namun, yang dipercayai hingga saat ini, inflamasi usus buntu terjadi akibat sisa makanan yang terjebak selama bertahun-tahun. 

Maka dari itu, ketika perut bagian bawah kanan terasa sakit, jangan diabaikan dan segeralah periksa ke dokter. Karena, bisa saja itu merupakan gejala usus buntu. Untuk mencegah agar usus buntu tidak semakin parah, Anda bisa mengatasinya dengan obat alami gejala usus buntu yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar. Disamping itu, Anda juga harus pintar dalam mengatur pola makan sehat serta istirahat yang cukup agar usus buntu tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 06 Mei 2017 09:45:56

Related Post :
Kesehatan
Nutrisi Vitamin D untuk…

Memenuhi kebutuhan vitamin D…

Alami
Tak Disangka! Ramuan Herbal…

Otak merupakan pusat sistem…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Sinusitis…

Pada beberapa kasus, sinusitis…

Penyakit
Cara Mengatasi Mata Juling…

Cara mengatasi mata juling…

Penyakit
Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada…

Berikut adalah cara mencegah…

Kesehatan
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Meskipun dapat diobati, namun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tips Memilih Suplemen Herbal yang Benar dan Aman

Meskipun terbuat dari bahan alami,…

Kesehatan
Kesehatan
Ini Penjelasan BPOM Terkait Viralnya Kopi Instan Mudah Terbakar

Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan…

Kirim Pertanyaan
Top