Jenis-jenis Kista Beserta Gejala Dan Bahayanya

Share dan Tag Temanmu di :

Jenis kista yang diketahui oleh sebagian besar orang adalah kista ovarium. Padahal ada banyak jenis-jenis penyakit kista yang anda ketahui. Namun jenis-jenis kista tidak diketahui oleh banyak orang.


Kista merupakan kantong jaringan yang berisi cairan, udara dan unsur lainnya. Kista dapat tumbuh di semua bagian tubuh salah satunya kulit. Kista yang tumbuh di bagian dalam tubuh biasanya tidak menimbulkan gejala. Kebanyakan jenis kista bersifat jinak.

Jenis-jenis Kista Beserta Gejala Dan Bahayanya

Kista ginjal

Kista ginjal merupakan jenis kista yang berisi cairan di dalam ginjal. Kista ginjal bersifat jinak. Akan tetapi jenis kista ini dapat memicu penyakit ginjal.

Kista yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala, namun bila ukuran kista sudah membesar sering menimbulkan gejala. Dan gejala kista ginjal diantaranya sakit peut, mual dan muntah, terasa nyeri di salah satu bagian punggung.

Untuk mendiagnosa kista ginjal yaitu dengan melakukan USG, MRI dan CT Scan. Dan melakukan tes pemeriksaan darah. Bahaya kista ginjal adalah dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal serta dapat menghambat aliran urin. Jika aliran urin terhambat maka sulit buang air kecil dan terdapat darah dalam urin.

Kista serviks

Kista serviks adalah salah satu jenis kista yang menyerang wanita. Jenis kista ini muncul di bagian leher rahim. Sama seperti jenis kista lainnya, kista serviks juga bisa berukuran kecil dan bisa juga berukuran besar. Sehingga setiap wanita yang menderita jenis kista ini memiliki ukuran kista serviks yang berbeda-beda.

Kista serviks biasanya akan menimbulkan gejala jika ukuran kistanya membesar. Gejalanya yaitu keputihan yang panjang dan pendarahan. Jenis kista ini tidak berbahaya. Namun tetap penderita kista serviks harus melakukan pengobatan, supaya kista serviks yang anda alami bisa sembuh. Karena bila kista tidk diobati, maka dapat tumbuh jadi tumor ganas.

Kista payudara


Kista payudara juga merupakan jenis kista yang menyerang wanita. Jenis kista ini muncul di bagian payudara yaitu berupa cairan. Faktor yang dapat memicu munculnya kista payudara adalah karena adanya masalah keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Gejala kista payudara diantaranya payudara tampak bengkak, terasa nyeri pada payudara, mengeluarkan cairan kuning atau coklat pada puting payudara dan juga berbau, terdapat benjolan di payudara serta mudah bergerak.

Kista payudara bersifat jinak. Namun tetap harus melakukan perawatan. Karena bila penderita kista payudara tidak melakukan perawatan dengan tepat dapat mengakibatkan infeksi juga peradangan di bagian dalam payudara.

Kista ovarium

Kista ovarium adalaj jenis kista yang paling umum terjadi pada wanita. Kista ovarium merupakan jenis kista yang berisi cairan di bagian permukaan ovarium.

Gejala kista ovarium

  • Nyeri panggul yang berat
  • Panggul terasa sakit selama dan sesudah berhubungan intim.
  • Terasa nyeri yang hebat terutama ketika melakukan buang air kecil dan buang air besar.
  • Bila ukuran kista ovarium membesar maka dapat menimbulkan perut terasa penuh.

Bila penderita kista ovarium tidak melakukan perawatan padahal kista terus tumbuh membesar, maka dapat mengakibatkan torsi ovarium. Bahkan dapat mengakibatkan kista pecah dan menimbulkan rasa sakit yang bergit hebat.

Kista baker's

Kista baker's merupakan jenis kista yang berisi kantong cairan. Jenis kits ini muncul di bagian sendi dibawah tekukan lutut. Sedangkan gejala kista baker's adalah gerakan terbatas pada lutut, bahkan sulut untuk digerakan, bengkak di bagian lutut.

Kista baker's tidak berbahaya, akan tetapi dapat berbahaya jika jenis kista ini tidak dirawat dengan tepat. Kista baker's yang membesar dapat memicu kerusakan pada tulang rawan.

Kista ganglion

Kista ganglion adalah jenis kista yang terletak pada pergelangan tangan, jari tangan dan jari kaki. Namun paling sering terjadi pada pergelangan tangan. Jenis kista ini dapat disebabkan oleh adanya tekanan di bagian pergelangan tangan atau bagian lainnya yang dapat berpotensi jadi kista ganglion.

Kista ganglion tidak menyebabkan gejala, namun bila jenis kits ini berukuran membesar maka dapat mengakibatkan mati rasa di bagian sendi, terasa sakit ketika di sentuh dan kesemutan.

Bila penderita kista ganglion tidak melakukan perawatan dengan tepat, maka dapat memunculkan gejala yang semakin parah yaitu rasa sakit yang semakin parah, dan batasan gerak di bagian sendi.

Kista sebaceaous

Kista sebaceaous adalah jenis kista yang muncul di permukaan kulit. Jenis kista ini terletak di bagian kulit kepala, dada, belakang leher dan punggung atas.

Kista sebaceaous bisa berkuran kecil seperti jerawat. Akan tetapi bila telah berisi serpihan putih dan keratin maka dapat terasa lembut ketika disentuh.

Jenis kista ini tidak berbahaya sebab tidak bersifat kanker. Akan tetapi bila kista sebaceaous berukuran membesar maka bagian tubuh menjadi terasa sakit.

Kista epidermoid

Kista epidermoid muncul di lapisan kulit dan tampak seperti daging yang tumbuh. Jenis kitsa ini bisa muncul di wajah, kepala, leher dan alat kelamin. Benjolan kista epidermoid berwana kuning, tebal dan berbau.

Jenis kista ini tidak berbahaya karena tidak bersifat kanker. Akan tetapi harus melakukan bila anda menderita jenis kista ini. Karena bila tidak melakukan perawatan maka dapat tumbuh terus dan dapat mengakibatkan bagian yang terkena kista ini tidak nyaman.

Itulah jenis-jenis kista beserta gejala dan bahanya. Bila anda mengalami gejala dari jenis-jenis kista tersebut, sebaiknya memeriksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Sabtu, 06 Mei 2017 11:17:20

Related Post :
Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Wajib tahu! ini larangan…

Tips
Bukan Pakai Pasta Gigi!…

Bukan pakai pasta gigi!…

Tips
Cara Meredakan Nyeri Haid…

Tips dan cara meredakan…

Penyakit
Sering Nyeri Saat Buang…

Anda sering mengalami nyeri…

Kesehatan
Diagnosis Kecanduan Alkohol Dan…

Pada kasus kecanduan alkohol…

Penyakit
Cara Mudah Mengetahui Gejala…

Cara mudah mengetahui gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Pengobatan Ganglion Di Pergelangan Tangan Secara Medis

Berikut adalah prosedur pengobatan ganglion…

Penyakit
Inilah Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Stroke

Kebiasaan buruk yang menyebabkan stroke…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top