Makanan Pemicu Radang Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin kita sudah sering mendengar yang namanya penyakit radang usus buntu. Jika terus dibiarkan, maka penyakit ini akan menjadi berbahaya. Ketika mengalami gejala usus buntu, seperti sakit perut, diare, demam, dan lainnya, segeralah periksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi itu merupakan salah satu gejala penyakit radang usus buntu. Jika benar, maka Anda bisa mengonsumsi obat gejala usus buntu yang telah diresepkan dokter untuk mencegah agar gejala usus buntu tidak semakin parah. 

Meskipun penyebab pasti radang usus buntu tidak diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa jenis makanan yang diyakini dapat memicu dan memperburuk kondisi radang usus buntu.


Nah, untuk tindakan pencegahan, berikut ini beberapa jenis makanan pemicu radang usus buntu yang harus diwaspadai dan dihindari, diantaranya adalah :

  • Makanan pedas

Walaupun makanan pedas bisa membuat sumbatan yang menyebabkan radang usus buntu, namun sebenarnya makanan pedas bukanlah masalah utama yang menyebabkan kondisi tersebut. Mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, paprika pedas, atau saus bisa memicu gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan rasa sakit parah didaerah antara tulang dada dan pusar, disertai dengan mual. Rasa sakit bisa menjadi sangat tidak nyaman yang mungkin sulit dibedakan dengan gejala usus buntu.

  • Daging

Sistiserkosis atau penyakit yang diseabkan oleh cacing pita pada babi dan Taeniasis (penyakit akibat cacing puta dari sapi dan babi) terus menjadi masalah kesehatan utama di negara-negara berkembang. Manusia merupakan satu-satunya makhluk yang bisa terinfeksi akibat mengonsumsi telur dari spesies Taenia atau cacing pita pada daging, terutama daging babi dan sapi.

Meskipun jarang dilaporkan, namun ada satu kasus yang telah diketahui para peneliti. Kasus tersebut terjadi di Nepal, dimana seorang perempuan berusia 38 tahun mengeluhkan nyeri akut pada perut. Dan setelah dilakuakn operasi dan didiagnosis, diketahui ia menderita radang usus buntu gangren akibat mengonsumsi daging yang mengandung telur cacing pita.

  • Makanan rendah serat

Meningkatnya konsumsi makanan cepat saji yang tinggi karbohidrat dan rendah serat dapat meningkatkan kontribusi dalam peningkatan kasus radang usus buntu. Dalam studi kasus terkontrol di Yunani yang bertujuan untuk menyelidiki peran serat dan pengaruhnya pada usus buntu, peneliti ini melibatkan 203 anak yang telah terbukti secara riwayat keluarga mengalami radang usus buntu, dan 1922 anak yang tidak memiliki riwayat usus  buntu.

Studi menekankan bahwa anak-anak dengan radang usus buntu memiliki asupan serat yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memilikinya. 

Dalam studi kasus terkontrol lainnya yang dilakukan di Amerika Serikat, ditemukan bahwa anak-anak yang memiliki presentase asupan serat lebih dari 50% memiliki risiko 30% lebih rendah terkena radang usus buntu daripada yang memiliki asupan serat rendah. Selain itu, mengonsumsi gula dan makanan manis yang besar dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan pemaparan infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit usus buntu.

  • Popcorn

Seperti yang diektahui sebelumnya, makanan yang tersumbat merupakan salah satu penyebab radang usus buntu. Potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga yang membentang disepanjang usus buntu, dan itu dapat menyebabkan pembengkakan dan pembentukan nanah. 

Potongan kecil makanan yang menyumbat permukaan akan membuat bakteri terbentuk di dalam usus buntu. Jika tidak segera di obati, maka radang akan menyebabkan usus buntu pedah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh.

Dalam hal yang berkaitan dengan popcorn, Anda bisa saja menelan biji popcorn secara tidak sengaja, dan membuat biji tersebut mencapai permukaan rongga yang membentang disepanjang usus buntu. Dan itu dapat menyebabkan usus buntu, meskipun hal ini kurang umum terjadi. Selain biji popcorn, popcorn yang belum dikunyah secara menyeluruh juga dapat menyebabkan penyumbatan yang mengarah ke radang usus buntu. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 08 Mei 2017 10:30:56

Related Post :
Kesehatan
Selain Enak Menu Khas…

Makanan khas Indonesia memang…

Alami
Bahan Alami Untuk Masker…

cara mempercantik bibir ayar…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur…

Bayi prematur merupakan bayi…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Insomnia Pada…

Berbagai penyebab insomnia akut…

Tips
Cara Mencegah dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Manfaat
6 Manfaat Biji Selasih…

Anda mungkin sudah taka…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Waspada DNA Babi Ditemukan dalam Produk Mi Instan Korea

BPOM belakangan ini telah melakukan…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo Kambuh

Pertolongan pertama saat vertigo kambuh…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Permen merupakan salah satu cemilan…

Kirim Pertanyaan
Top