Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Empedu

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan bagi penderita batu empedu sangat penting untuk diketahui. Namun tidak hanya sekedar mengetahuinya saja, tapi penderita batu empedu juga harus bisa menghindari untuk tidak mengkonsumsi. Supaya tidak memperparah penyakit batu empedu yang sedang anda derita. 


Batu empedu yang sudah parah dapat menimbulkan rasa nyeri di perut bagian kanan, bahkan nyeri perut juga bisa datang sewaktu-waktu. Selain sakit perut di bagian kanan, gejala batu empedu lainnya yaitu sakit kuning, terasa gatal-gatal pada kulit, detak jantung meningkat, demam tinggi, mual dan muntah. Agar batu empedu yang anda alami tidak parah, anda bisa mengonsumsi obat penghancur batu empedu. Selain itu juga penderita penyakit ini sebaiknya  menerapkan pola makan sehat dan menghindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu empedu.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Empedu

Makanan olahan

Pantangan makanan bagi penderita batu empedu yaitu makanan olahan. Hal ini dikarenakan makanan olahan mengandung lemak jenuh yang bisa memperburuk kondisi penderita batu empedu. Sehingga penderita penyakit ini disarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan seperti bakso, kentang, nugget, sosis, otak-otak dan makanan olahan.

Daging berlemak


Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita batu empedu adalah daging berlemak. Karena daging berlemak bisa memicu pengerasan cairan empedu. Memang setiap harinya harus memenuhi asupan protein yaitu seperti daging. Hanya saja, bagi penderita batu empedu tidak boleh mengkonsumsi daging berlemak. Jika penderita batu empedu ingin mengonsumsi dagin, konsumsi daging tanpa lemak.

Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh juga merupakan pantangan makanan bagi penderita batu empedu. Salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh adalah gorengan. Konsumsi gorengan atau makanan yang digoreng terlalu sering, tidak hanya dapat memperburuk kondisi penderita batu empedu. Tapi juga tidak baik bagi kesehatan. Bila ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng, pakailah minyak zaitun.

Makanan yang mengandung oksalat

Tidak hanya makanan yang mengandung lemak jenuh yang tidak boleh dikonsumsi penderita batu empedu, penderita penyakit ini juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat seperti cokelat, gandum, biji-bijian dan buah strawberry.

Makanan yang mengandung banyak garam

Makanan yang mengandung banyak garam tidak hanya merupakan pantangan makanan bagi penderita darah tinggi saja, tapi juga merupakan pantangan makanan bagi penderita batu empedu. Oleh karena itu, bagi anda yang menderita batu empedu dan tidak ingin menjadi parah penyakitnya, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

Makanan lainnya yang tidak boleh dikonsumsi penderita batu empedu yaitu makanan yang mempunyai kadar gula tinggi, dan makanan yang mengandung karbohidrat padat. Selain itu, ada beberapa pantangan minuman bagi penderita batu empedu yaitu diantaranya minuman alkohol, susu tinggi lemak dan produk olahan susu.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 08 Mei 2017 13:34:19

Related Post :
Obat Kimia
Rekomendasi Obat Sakit Gigi…

Rekomendasi obat sakit gigi…

Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional…

Resep Obat Ginjal Tradisional…

Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah…

Baru-baru ini Roro Fitria…

Alami
Obat Sakit Leher Bagian…

Obat sakit leher bagian…

Kesehatan
10 Jenis Makanan Untuk…

10 jenis makanan untuk…

Tips
Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan Asam Urat Paling Efektif

Terapi pengobatan dan penyembuhan asam…

Kesehatan
Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Penderita Radang Amandel

Larangan atau pantangan makanan dan…

Kesehatan
Deretan Artis Indonesia Yang Sembuh Dari Penyakit Kanker

Deretan artis Indonesia yang sembuh…

Kirim Pertanyaan
Top