Fakta dan Bahaya Kerokan yang Harus Anda Ketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kerokan. Kerokan merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi masuk angin dengan cara menggosokkan logam atau benda tumpul ke permukaan kulit (biasanya punggung).

Pada saat kerokan, biasanya akan menggunakan cairan pelicin, seperti minyak telon, minyak urut, atau yang lainnya. Ini bertujuan agar tidak terjadi lecet pada permukaan kulit yang dikerok. 

Mengetahui Fakta dan Bahaya Kerokan yang Harus Diwaspadai


Tahukah Anda bahwa kerokan bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini disebabkan karena keluarnya hormon endorfin karena kerokan. Sebenarnya ada beberapa fakta unik tentang kerokan yang mungkin belum diketahui. Berikut ini fakta kerokan yang harus diketahui :

Merah bukan berarti parah

Ketika dikerok, kulit yang digosok akan menimbulkan warna merah. Hal ini sebenarnya bukan disebabkan karena masuk angin yang parah, tetapi yang membuat kulit merah tersebut adalah darah yang masuk pada pembuluh kapiler yang awalnya sempit dan melebar setelah di gosok. Semakin kuat gosokan logam, maka semakin pekat juga warna merah yang timbul.

Kerokan sebenarnya tidak menyembuhkan masuk angin

Yang disebut dengan masuk angin sebenarnya bukanlah angin dari luar yang masuk ke dalam tubuh, tetapi ini merupakan pembuluh darah yang menyempit dan menyebabkan otot-otot kekurangan oksigen. Jadi, kerokan itu sebenarnya bukanlah bertujuan untuk mengeluarkan angin, tetapi justru melebarkan pembuluh darah. 

Bagian tubuh yang ideal untuk dikerok

Sebagian orang melakukan kerokan dari punggung hingga kaki, bahkan ada juga yang dikerok sampai tangan. Padahal ini tidak diperlukan, karena bagian tubuh yang ideal untuk dikerok adalah punggung. 

Bukan hanya disebabkan karena punggung memiliki ruang kosong yang luas, tetapi dibagian punggung ini merupakan sistem saraf terpadu yang memiliki banyak pembuluh darah panjang dan menyebar keseluruh tubuh.

Meskipun memiliki manfaat yang cukup banyak dijadikan sebagai budaya, namun sayangnya banyak juga yang tidak menyadari bahwa kerokan berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya kerokan yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah :

  • Kecanduan

Bagi sebagian orang, kerokan akan menimbulkan kehangatan dan kenyamama sehingga membuat mereka menjadi ketagihan untuk melakukannya. 

  • Pelebaran pori-pori kulit

Kerokan akan membuat permukaan kulit menjadi terbuka dan melebar. Inilah yang sebenarnya harus dihindari. Karena pelebaran pori-pori akan memudahkan virus dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh, bahkan ke dalam peredaran darah.

  • Stroke

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bisa membuat peredaran darah yang tadinya kecil ikut melebar. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat berisiko mengalami stroke

  • Bayi prematur

Jika kerokan ini biasa dilakukan oleh ibu hamil, maka berisiko bayi lahir prematur. Hal ini disebabkan karena ketika kerokan, tubuh akan memproduksi hormon sitokin yang membuat perang kontraksi dini dan memperecpat proses persalinan.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 08 Mei 2017 14:45:39

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Untuk Menurunkan Demam…

Demam yang terjadi pada…

Manfaat
Inilah Manfaat Bayam Duri…

Informasi tentang kandungan dan…

Tips
Cara Membedakan Gejala Usus…

Meskipun memiliki gejala yang…

Alami
Obat Rematik Alami dari…

obat rematik alami kronis…

Daun
10 Manfaat Luar Biasa…

Berikut adalah manfaat daun…

Kesehatan
Inilah Kisah Aldy Yang…

Inilah kisah Aldy yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kenali Berbagai Penyebab Tubuh Menggigil Tanpa Demam

Berbagai penyebab tubuh menggigil tanpa…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Berbagai pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Hati-Hati Stres Dapat Memicu Kram Usus

Faktor psikologis seperti timbulnya depresi,…

Kirim Pertanyaan
Top