Cara Membedakan Gejala Usus Buntu dan Batu Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin pernah atau bahkan sering mengalami sakit perut. Penderita bisa merasakan sensasi kram, pegal, dan tertusuk di area perut. Sebagian besar sakit perut tidak memiliki penyebab yang serius. Namun, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya, seperti salah satunya gejala usus buntu dan batu ginjal.

Cara Membedakan Gejala Usus Buntu dan Batu Ginjal yang Perlu Diketahui


Penyakit usus buntu dan batu ginjal memiliki gejala yang hampir sama, salah satu gejala yang bisa ditimbulkan yaitu sakit perut. Namun, tentu saja sakit perut akibat usus buntu berbeda dengan sakit perut yang disebabkan karena batu ginjal. Berikut ini cara membedakan gejala usus buntu dan batu ginjal yang harus diketahui, diantaranya :

Sakit perut karena usus buntu

Penyakit usus buntu merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada usus buntu, dimana telah terjadi penyumbatan yang terjadi pada usus buntu yang disebabkan oleh adanya benda keras pada tinja atau infeksi yang ada di usus buntu sehingga cabang getah bening menjadi bengkak. 

Salah satu gejala yang bisa timbul akibat usus buntu yaitu sakit perut. Ciri utama sakit perut karena usus buntu adalah rasa sakit yang terjadi di bagian kanan bawah perut. Namun rasa sakit tidak serta merta terjadi di bagian bawah perut. Rasa sakit ini dapat diawali dari bagian atas perut dan tidak terasa terlalu sakit, namun lama kelamaan rasa sakit akan berpindah ke bagian bawah kanan dan semakin parah. Tidak harang rasa sakit juga terjadi di bagian atas atau bawah perut, bahkan bisa sampai ke bagian belakang hingga rektum atau anus. 

Selain rasa sakit di bagian kanan bawah perut, penderita usus buntu juga bisa mengalami mual, muntah, pembengkakan pada area perut, nafsu makan menurun, demam, dan tidak bisa buang angin. Jika dalam tahap yang ringan, Anda bisa mengonsumsi obat gejala usus buntu untuk membantu meringankan dan menghilangkan gejala yang timbul.

Sakit perut karena batu ginjal

Batu ginjal merupakan limbah darah yang disaring oleh ginjal. Limbah yang dikeluarkan biasanya berupa urin, namun ada juga garam dan mineral lain yang tetap lengket dan akhirnya membentuk batu ginjal yang kecil. Batu ginjal sering tidak menimbulkan gejal apapun, sehingga tidak sedikit orang yang tidak menyadar bahwa dirinya memilii batu ginjal. 

Gejala batu ginjal mungkin baru akan timbul ketika batu tersebut mengalami pergerakan didalam ginjal atau bergerak menuju saluran kemih. Berikut adalah gejala batu ginjal yang bisa timbul, diantaranya adalah :

  1. Rasa sakit yang menyebar dari bagian bawah perut hingga selangkangan.
  2. Sakit pada bagian samping dan belakang perut terutama di bawah tulang rusuk.
  3. Rasa sakit datang seperti gelombang, dan intensitasnya semakin meningkat.
  4. Rasa sakit saat buang air kecil serta warna urin berubah menjadi merah, merah muda, atau coklat. Selain berubah warna, urin juga berbau tidak sedap dan Anda terus-menerus merasa ingin buang air kecil atau jumlah urin yang dihasilkan sangat sedikit.

Itulah perbedaan antara gejala usus buntu dan batu ginjal yang harus diketahui. Jika Anda merasakan atau mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lengkap dan untuk mendiagnosis penyebabnya secara pasti. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Tips Selasa, 09 Mei 2017 11:12:41

Related Post :
Penyakit
Tips Cara Mencegah Penyakit…

TBC merupakan salah satu…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Feses Berwarna Hijau Ternyata…

Feses berwarna hijau ternyata…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Mencegah Cacar…

Cacar air merupakan sebuah…

Penyakit
Mengenal Cara Diagnosis Dan…

Cara diagnosis dan pengobatan…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita…

Penderita perut kembung sangat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Ketahui penyebab bibir hitam yang…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat Yang Bisa Dibikin Sendiri

Camilan Makanan Ringan Sehat Yang…

Tips
Tips Cara Cepat Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami

Tips cara cepat menghilangkan uban…

Kirim Pertanyaan
Top