8 Cara Untuk Mencegah Batu Empedu

Share dan Tag Temanmu di :

Pencegahan batu empedu sangat penting untuk diketahui. Namun tidak hanya untuk mengetahuinya saja, tapi anda harus melakukan cara pencegahan tersebut. Cara mencegah batu empedu tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami penyakit batu empedu saja, tapi pencegahan juga bisa dilakukan oleh orang yang pernah mengalami penyakit batu empedu.


8 Cara Untuk Mencegah Batu Empedu

Tidak ada cara pasti untuk mencegah penyakit batu empedu. Akan tetapi ada cara untuk mengurangi risiko batu empedu yaitu dengan cara mengubah pola makan dan juga mengubah gaya hidup. Berikut ini adalah cara untuk mengurangi risiko batu empedu:

Kurangi dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak ada cara pasti untuk mencegah terbentuknya batu empedu. Namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya batu empedu, yaitu dengan mengubah pola makan.

Bagi anda yang sering menerapkan pola makan tidak sehat seperti konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, sebaiknya kurangi jenis makanan ini. Terlebih bagi anda yang memiliki keluarga dengan penyakit batu empedu. Maka anda pun akan berisiko terkena penyakit batu empedu. Untuk mengurangi risiko terkena batu empedu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging berlemak, sosis, mentega, gorengan dan makanan yang bersantan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Walaupun konsumsi makanan yang mengandung lemak dapat menyebabkan terjadinya batu empedu. Namun bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, anda masih bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik. Minyak zaitun adalah sumber lemak baik. Selain itu, ada juga makanan yang mengandung lemak baik yaitu buah alpukat, biji-bijian dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan tinggi serat

Untuk mengurangi risiko terkena batu empedu adalah dengan pola makan sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi serat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan serat diantaranya buah-buahan, sayuran, oatmeal, sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi


Terlalu sering konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan berat badan berlebihan. Perlu anda ketahui bahwa kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena batu empedu. Sehingga batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, terlebih bagi anda yang memiliki berat badan berlebihan.

Batasi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat padat

Untuk mengurangi risiko terkena batu empedu juga harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan padat. Karena bila banyak dan sering mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat padat tidak hanya bisa mengakibatkan batu empedu, tapi juga bisa mengakibatkan kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya yaitu mengurangi risiko terkena batu empedu. Oleh karena itu bagi anda yang belum pernah mengalami penyakit batu empedu, maka sebaiknya selalu menerapkan pola makan sehat dengan konsumsi makanan yang sehat yang mengandung vitamin, mineral dan protein tinggi. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga teratur.

Menjaga berat badan

Tidak hanya menerapkan pola makan sehat saja, cara untuk mengurangi risiko batu empedu juga harus dengan menjaga berat badan. Karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena batu empedu. Cara menjaga berat badan adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Jangan melakukan diet yang ketat

Walaupun menjaga berat badan dapat mengurangi risiko batu empedu, tapi jangan melakukan diet yang ketat dan drastis. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki berat badan berlebihan dan ingin menurunkan berat badan. Sebaiknya jangan menurunkan berat badan secara drastis, karena akan meningkatkan risiko terjadinya batu empedu. Lakukanlah penurunan berat badan secara perlahan.

Itulah cara untuk mengurangi risiko batu empedu. Jadi, tidak ada cara pasti untuk mencegah batu empedu. Namun anda bisa melakukan cara-cara tersebut untuk mengurangi risiko batu empedu. Namun bagi anda yang telah menderita batu empedu, obat penghancur batu empedu alami bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk anda yang sedang menderita penyakit batu empedu.

By Rizka Ardiana - Tips Selasa, 09 Mei 2017 13:05:38

Related Post :
Penyakit
Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks…

Ketahui tanda gejala dan…

Alami
Obat Jantung Lemah Berdebar…

Obat Jantung Lemah Berdebar…

Manfaat
Inilah Khasiat Menakjubkan Kunyit…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi…

Cimetidine merupakan salah satu…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Teripang dalam…

Teripang memang cukup populer…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi…

Cara ampuh mengatasi gigi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Begini Cara Sederhana Mencegah Kencing Manis

Berikut adalah cara mencegah kencing…

Tips
3 Tips Tetap Cantik dan Awet Muda ala Song Hye Kyo

Meskipun sudah memasuki usia 35…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top