8 Makanan untuk Atasi Sakit Pinggang Akibat Kelamaan Duduk

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi mereka yang bekerja di kantoran, terkadang sering menghabiskan waktu seharian duduk didepan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya. Duduk dalam waktu yang lama bukan hanya dapat menimbulkan kebosanan, tetapi juga bisa menyebabkan pinggang sakit. 

Sakit pinggang yang timbul tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Selain mengonsumsi obat sakit pinggang, ada juga cara alami dan mudah untuk mengatasi sakit pinggang akibat terlalu lama duduk. Yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi senyawa anti-inflamasi atau anti peradangan. 


Berikut ini 8 makanan untuk atasi sakit punggang akibat kelamaan duduk yang bisa Anda konsumsi, diantaranya :

  • Sayuran oranye

Sayruan yang berwarna oranye, seperti wortel, labu, dan ubi memiliki kadnungan karotenoid yang tinggi. Senyawa ini termasuk keluarga senyawa yang bersifat antiinflamasi. Beberapa jensi karotenoid termasuk beta-carotene nantinya akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Senyawa ini sangat penting untuk membantu mengatur dan menyeimbangkan sistem imunitas tubuh. 

  • Sayuran hijau

Sama halnya dengan sayuran oranye, sayuran hijau (seperti bayam dan selada) juga tinggi akan kandungan karotenoid dan flavonoid. Keduanya bersifat anti-inflamasi. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan kandungan mineral seperti magnesium yang baik untuk kesehatan otot dan tulang. Sehingga dapat membantu kita untuk mengatasi nyeri.

  • Kubis ungu

Kubis ungu banyak mengandung antosianin yang juga terkandung pada buah berry. Kubis ungu juga termasuk dalam daftar teratas sayuran dengan vitamin C terbanyak. Agar kandungan nutrisinya maksimal, maka alangkah baiknya jika kubis ungu dikonsumsi dalam keadaan mentah. 

  • Nanas

Buah yang memiliki rasa manis asam ini baik dikonsumsi untuk membantu mencegah inflamasi. Nanas mengandung senyawa bromelain, sebuah enzim kompleks yang bersifat anti-inflamasi. 

  • Buah berry

Buah berry mengandung banyak senyawa antosianin. Antosianin ini mengandung antioksidan ampuh dan senaywa anti-inflamasi. Selain itu, senyawa ini juga yang memberi warna merah dan ungu pada buah-buahan berry.

  • Ikan

Salmon, mackerel, sarden, dan herring merupakan oily fish yang mengandung asam lemak omega 3 EPA dan DHA yang bukan hanya baik untuk jantung, tetapi lemak sehat ini jugad ieknal dengan aktivitas anti-inflamasi. Manfaat lainnya, yaitu oily fish merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin ini diperlukan untuk menyeimbangkan sistem imun tubuh yang membantu mencegah inflamasi kronis.

  • Beetroot

Beetroot atau dikenal juga dengan sebutan bit mampu mencegah inflamasi. Ini dikarenakan kandungan senyawa betalain yang bersifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, mengonsumsi bit juga terbukti baik untuk kesehatan jantung. 

  • Biji chia

Biji chia memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dan dapat membantu mengatasi inflamasi. Biji chia juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet karena dapat membantu menurunkan berat badan. Jika dikonsumsi, biji chia dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mampu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Selain mengonsumsi makanan untuk atasi sakit pinggang akibat kelamaan duduk, sebaiknya Anda juga memperhatikan cara duduk dan biasakan duduk dengan posisi benar untuk mencegah sakit pinggang.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 10 Mei 2017 09:54:07

Related Post :
Tips
Cara Menjaga Hati Agar…

Mengingat begitu pentingnya fungsi…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak…

Informasi tentang temulawak, kandungan…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Selain memiliki rasa yang…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Pir…

Tidak hanya enak untuk…

Tips
Mudah Lelah? Tingkatkan Stamina…

Cara mudah dan tepat…

Obat Kimia
Benzalkonium Chloride Fungsi Zat…

Fungsi Benzalkonium Chloride Zat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Minuman Sehat Untuk Menghancurkan Batu Empedu Secara Alami

Berikut adalah daftar minuman sehat…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top