8 Buah yang Tidak Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit diabetes atau dikenal juga dengan sebutan penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah atau glukosa yang jauh diatas normal. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak ataupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh, sehingga keberadaanya sangat diperlukan bagi kesehatan.

Meskipun penyakit diabetes diturunkan dari kedua orangtua, namun mulai timbulnya diabetes ini lebih dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi obat diabetes yang telah diresepkan dokter mungkin akan membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Namun, selain itu, penderita diabets juga disarankan untuk mengatur pola makan sehat dan berolahraga secara teratur sebagai salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menormalkan dan mencegah timbulnya penyakit diabetes. 

Mengetahui 8 Buah yang Tidak Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes


Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, jika salah mengonsumsi makanan, maka bisa berdampak pada meningkatnya kadar gula darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang baik dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Bahkan, buah-buahan yang selama ini dianggap sebagai makanna sehat pun bisa membuat penyakit diabetes semakin parah. Hal tersebut disebabkan karena buah memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Maka dari itu, agar lebih waspada, berikut ini 8 buah yang tidak baik dikonsumsi penderita diabetes, diantaranya adalah :

  • Pir

Buah pir memiliki kandungan air dan mineral y ang tinggi. Namun, buah yang satu ini ternyata juga mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam satu buah pir berukuran sedang terkandung 30 gram gula. 

  • Mangga

Memiliki rasa yang manis dan asam, mangga memang sangat nikmat jika dikonsumsi untuk menemani waktu luang Anda. Namun, perlu diketahui, didalam 100 gram buah mangga mengandung 14 gram gula. Sehingga setiap 1 buah mangga mengandung 3-35 gram gula. Jadi, bagi penderita diabetes tampaknya harus menahan diri untuk menikmati buah yang satu ini. 

  • Nanas

Walaupun nanas dominan dengan rasa asam, namun dalam setiap 100 gramnya terkandung sekitar 10 gram gula. 

  • Stroberi

Warna merah menyala yang dimiliki stroberi memang bisa menarik perhatian Anda untuk mengonsumsinya. Tapi, jika Anda menderita penyakit hipertensi, harus berhati-hati. Meskipun stroberi hanya mengandung 5 gram gula dalam setiap 100 gramnya, namun sebaiknya tidak dikonsumsi pleh penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena sifat fiksasi didalamnya bisa memberikan dampak berbahaya yang sama. 

  • Anggur

Siapa yang tidak suka dengan buah anggur. Rasanya yang nikmat dan segar menjadikan buah anggur menjadi salah satu buah yang banyak dipilih. Dalam setiap 100 gram buah anggur ini terkandung 16 gram gula, sehingga tidak disarankan bagi pederita diabetes. 

  • Pisang

Buah pisang dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan baik untuk membantu program diet. Namun, disamping itu, dalam etiap 100 gram buah pisang terkandung 12 gram gula didalamnya. Satu buah pisang dengan ukuran sedang memiliki kandungan gula atau karbohidra sekitar 30 gram. 

  • Semangka

Semangka sangat tepat jika dikonsumsi saat cuaca panas, karena tinggi akan kandungan air yang menyegarkan. Namun, dibalik rasa manisnya tersebut ternyata semangka mengandung 6 gram gula dalam setiap 100 gram yang artinya dalam setiap 1 buah semangka dengan ukuran kecil terkandung sekitar 50 gram gula. Hal ini tentu saja kurang baik bagi penderita diabetes. 

  • Sawo

Bagi penderita diabetes yang menyukai sawo, tampaknya harus mulai mengurangi mengonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya dalam 100 gram sawo terkandung 7 gram gula.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 10 Mei 2017 14:52:03

Related Post :
Kesehatan
Waspadai ! Bahaya Memakai…

Bahaya memakai lensa kontak…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Anemia Pada…

Jangan pernah menganggap remeh…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit…

Informasi tentang diagnosis dan…

Kewanitaan
Ini Penyebab Menstruasi Tidak…

Penyebab menstruasi tidak teratur,…

Penyakit
Penyebab Sering Mual Setelah…

Penyebab sering mual setelah…

Kesehatan
Fakta Seputar Daun Kelor…

Bukan mitos! Ini fakta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Waspada! Ini Resiko Dan Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan Tubuh

Selain memiliki keuntungan, ternyata ada…

Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat

Pilihan jus buah penurun kolesterol…

Kirim Pertanyaan
Top