Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Selain kanker, penyakit yang sangat ditakuti oleh kebanyak orang adalah penyakit jantung. Tidak semua penderita penyakit jantung menderita jenis penyakit jantung yang sama. Karena penyakit jantung dibagi menjadi beberapa jenis, namun berbagai jenis penyakit jantung belum diketahui oleh banyak orang.


Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung, sebaiknya melakukan langkah pencegahan dengan cara mengubah pola hidup yaitu batasi kebiasaan merokok dan minum minuman alkohol, batasi mengonsumsi makanan yang berlemak jahat, menjaga berat badan, mengontrol kadar gula dalam darah dan olahraga secara teratur. Bila ada salah satu keluarga anda mengidap salah satu jenis penyakit jantung, maka anda juga berisiko tinggi terkena salah satu jenis penyakit jantung yang diderita oleh keluarga anda. Sehingga anda harus melakukan pencegahan, untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah salah satu jenis penyakit jantung yang paling umum terjadi. Ada banyak faktor yang dapat memicu penyakit jantung koroner adalah kebiasaan merokok, kolesterol tinggi, darah tinggi, diabetes, riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner. Sedangkan gejala penyakit jantung koroner diantaranya terasa sakit di dada, jantung berdebar, sesak nafas secara tiba-tiba, sakit kepala yang berat, kaki dan tangan bengkak, merasa lelah yang berlebihan, dan keringat dingin.

Jangan sepelekan penyakit jantung koroner, bila anda mengidap penyakit ini, sebaiknya segera melakukan pengobatan. Pengobatan pun bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun sukun, temu putih dan lain-lain. Bahkan masih ada bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat jantung koroner tradisional.

Aritmia Jantung

Aritmia jantung juga merupakan jenis penyakit jantung. Penyebab aritmia jantung adalah penyumbatan pada arteri, penggunaan obat tertentu dalam jangka panjang dan sebagainya. Sedangkan gejala jenis penyakit jantung ini adalah terasa nyeri di dada, sakit kepala terkadang membuat penderita sampai pingsan kesulitan bernafas dan denyut jantung jadi lebih lambat atau lebih cepat.

Gagal jantung

Mendengar jenis penyakit jantung yang atu ini tentu sangat mengerikan yaitu gagal jantung. Ada beberapa kondisi lain yang dapat memicu gagal jantung yaitu penyakit darah tinggi, penyempitan arteri dan sebagainya.

Sama seperti jenis penyakit jantung lainnya, gejala yang paling umum dari penyakit gagal jantung adalah nyeri di dada. Selain itu, gejala lainnya gagal jantung yaitu sering batuk, denyut jantung jadi lebih cepat bahkan menjadi tidak teratur, mengalami pembengkakan di tangan dan kaki, badan terasa sangat lemah dan lelah dan tiba-tiba sulit bernafas.

Penyakit katup jantung

Jenis penyakit jantung selanjutnya adalah penyakit katup jantung. Penyebab katup jantung adalah infeksi yang pernah terjadi pada jantung dan kerusakan pada jantung yang disebabkan karena pernah mengalami serangan jantung. Hal lain yang dapat memicu penyakit katup jantung adalah penyakit rematik jantung, penyakit otot jantung.

Gejala penyakit katup jantung yaitu mengalami pembengkakan pada kaki dan tangan, badan merasa sangat lelah padahal melakukan aktivitas yang ringan, dan kesulitan bernafas.

Penyakit otot jantung

Penyakit otot jantung atau dikenal juga dengan kardiomiopati. gejala penyakit otot jantung diantaranya sering mengalami sakit kepala, pusing dan terkadang pingsan, tubuh sangat lelah, sering mengalami batuk, perut kembung, mengalami pembengkakan di kaki dan tangan, nafas jadi lebih berat dan detak jantung jadi tidak teratur.

Kelainan jantung bawaan

Gejala kelainan jantung bawaan bisa terlihar ketika kelahiran, masa kanak-kanak terkadang hingga remaja. Penyebab kelainan jantung bawaan sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Dan gejala kelainan jantung bawaan diantaranya berat badan tidak naik-naik, hemoglobin tinggi,  lidah, bibir dan ujung-ujung kuku berwarna biru.

Perikarditis

Perikarditis ialah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan di lapisan yang membungkus jantung. Jenis penyakit jantung ini disebabkan oleh infeksi. Sedangkan gejala perikarditis yaitu jantung berdebar-debar, tubuh merasa sangat lemah dan lelah, mengalami pembengkakan apda perut dan kaki, napas pendek atau nafas terengah-engah ketika berbaring dan terasa sakit di tengah atau sisi kiri dada.

Penyakit aorta

Penyakit aorta juga merupakan jenis penyakit jantung. Gejala penyakit aorta diantaranya tubuh sangat lelah, tubuh merasa lemah saat aktivitas meningkat, sesak nafas, bengkak di kaki dan tangan, ketidaknyamanan di dada bahkan terasa nyeri dan sesak detak jantung tidak teratur, pusing bahkan sering pingsan.

Penyakit jantung rematik

Jenis penyakit jantung selanjutnya adalah penyakit jantung rematik. Sama seperti pada jenis penyakit jantung lainnya, penderita penyakit jantung rematik juga mengalami gejala sesak nafas. Selain itu, penderita penyakit ini juga mengalami gejala nyeri pada sendi yang berpindah-pindah, becak kemerahan pada kulit, terdapat benjolan di bawah kulit dan tubuh mudah lelah.

Itulah berbagai jenis penyakit jantung yang harus anda ketahui. Setelah anda mengetahui berbagai jenis penyakit jantung, diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan jantung supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung tersebut. Oleh karena itu selalu jaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan jantung anda dengan mengubah pola hidup.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 11 Mei 2017 14:32:45

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Tanda Dan Gejala…

Meskipun tidak semua penderita…

Penyakit
Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada…

Berikut adalah cara mencegah…

Kesehatan
Perawatan Khusus Pasca Operasi…

Perawatan khusus pasca operasi…

Tips
Infeksi Cacing Pita Pada…

Infeksi Cacing Pita Pada…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Pencegahan asam urat tinggi…

Alami
Obat Asam Lambung Alami…

Obat Asam Lambung Alami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Varikokel

    0 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes


Penyakit
Ketahui Perbedaan Antara Flu Dan Pilek

Tentu anda sudah mengetahui istilah…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Radang Amandel Yang Tepat

Ketahui diagnosis dan pengobatan radang…

Penyakit
Faktor Penyebab Utama Terjadinya Migrain

Faktor penyebab utama terjadinya migrain…

Kirim Pertanyaan
Top