Komplikasi Dan Bahaya Sakit Pinggang Belakang Berkepanjangan

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya sakit pinggang belakang yang berkepanjangan mulai dari depresi hingga beberapa kondisi penyakit, pada umumnya tidak banyak di ketahui oleh masyarakat. Padahal beberapa bahaya tersebut dapat menyebabakan ketidaknyamanan dan masalah yang cukup serius bagi penderita. Hal tersebut dapat terjadi sebagai bentuk daripada pengobatan sakit pinggang yang di lakukan secara kurang cepat bahkan tidak di lakukan sama sekali.


Sakit pinggang atau lumbago adalah kondisi nyeri yang di rasakan di sekitar tulang lumbar, diantara cakram, jaringan, otot serta saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan juga perut. Sekitar 80%, kondisi ini di alami oleh pria dan wanita terutama mereka yang telah berusia 30-50 tahun dengan intensitas ringan hingga berat. Meski begitu, kondisi ini juga dapat di alami oleh remaja akibat aktivitas maupun cedera tertentu.

Penyebab sering sakit pinggang sendiri di sebabkan oleh alasan mekanis gaya hidup yang mereka jalani, seperti halnya duduk dalam waktu yang terlalu lama tanpa di imbangi dengan olah raga yang cukup, mengangkat beban yang berat hingga mengalami kecelakaan yang berdampak terhadap timbulnya cidera di sekitar pingganggnya. Sesuai dengan tahap atau intensitas waktu lamanya, sakit pinggang di kategorikan ke dalam 3 tahap, yaitu:

  • Sakit pinggang akut, terjadi hanya dalam beberapa hari
  • Sakit pinggang sub-akut, terjadi hanya dalam 4-12 minggu
  • Sakit pinggang kronis bisa melebihi 12 minggu.

Adapun gejala sakit pingang yang umumnya di rasakan oleh penderitanya adalah nyeri, rasa yang menusuk hingga mati rasa. Namun apabila sakit pinggang yang di alami lebih dari 72 jam, yang di sertai dengan gejala lainnya seperti diare, tidak dapat menahan kemih, demam, rasa lemas, pada kaki hingga merasakan sakit saat batuk atau berkemih sebaiknya anda periksakan ke pusat kesehatan terdekan untuk memastikan diagnosis penyakit anda.

Bahaya sakit pinggang belakang pada pria dan wanita yang berkepanjangan

Tahukan anda? bahwa nyatanya sakit pinggang tidak selalu dianggap sebagai masalah yang sepele melainkan juga dapat di angap sebahai masalah serius dan mematikan lho! Karena sakit pinggang berkepanjangan nyatanya dapat menjadi sebuah petanda adanya komplikasi penyakit. Adapun bahaya mengalami sakit pinggang yang berulang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Depresi
Nyeri pinggang kronis, pada umumnya dapat bertahan selama beberapa minggu yang tentunya dapat mempengaruhi kualitas tidur, pola makan dan aktivitas lainnya seperti bersosialisasi dan juga hiburan. Dan tekanan mobilitas tersebut tak jarang dapat mengakibatkan tekanan emosional, kecemasan hingga depresi. Bahkan penggunaan obat kimia tertentu dalam jangka panjang dapat mengakibatkan pnderitanya ketergantungan yang akhirnya membahayakan tubuh.

4. Kecatatan
Akibat adanya kelemahan otot yang terjadi sebagai akibat dari nyeri pinggang, maka pada umumnya seseorang tidak bisa beraktivitas dan juga bekerja.

3. Keruksakan saraf
Jika anda sering kali mengalami sakit pinggang secara berulang, maka kondisi tersebut di khawatirkan menyebabakan terjadinya keruksakan syaraf pada tulang belakang. Dan hal tersebut tak jarang menyebabakan berbagi komoplikasi seperti kelemahan dan juga mati rasa di kaki dan juga linu yag amat parah. Bahkan pada kasusus yang cukup parah, kruksakan saraf juga dapat menyebabakan masalah di kandung kemih, usus dan juga fungsi usus.

4. Berat badan yang tak terkontrol
Sakit pinggang menyebabakan hilangnya berbagai aktivitas dan juga membatasi pergerakan, yang menyebabakan mudahnya terjadi kenaikan berat badan hingga obesitas. Bahkan taka hanya itu, otot juga bisa menjadi melemah karena sering kali berdiamdiri dalam satu posisi dalam waktu yang cukup lama  dan postur tubuh dapat membruk katena terjadinya kelemahan otot dan ligemen tersebut.

Nah, itulah beberapa komplikasi dan bahaya sakit pinggang berkepanjangan yang harus anda waspadai sejak dini. Sehingga apabila mengalami sakit pinggang dalam jangka waktu tertentu sebaiknya menjalankan pemeriksaan yang lebih intensif pada pusat kesehata terdekat atau mengonsumsi obat sakit pinggang alami, yang aman meski di konsumsi dalam jangka waktui panjang.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 12 Mei 2017 08:55:19

Related Post :
Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Fungsi…

Meskipun disebut otak kecil,…

Daun
Manfaat Daun Mint Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa…

Banyak yang berpendapat bahwa…

Tips
3 Tips Tetap Cantik…

Meskipun sudah memasuki usia…

Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan…

Terapi pengobatan dan penyembuhan…

Kesehatan
Pantangan Makanan dan Minuman…

Pantangan makanan dan minuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengetahui Masalah Kutil pada Kulit dan Penyebabnya

Kutil merupakan salah satu masalah…

Penyakit
Penyakit
5 Penyakit Ini Tanda Peredaran Darah Anda Tidak Lancar

5 penyakit ini tanda peredaran…

Kirim Pertanyaan
Top