Mengenal Perbedaan Gejala Penyakit Jantung Dan Gerd

Share dan Tag Temanmu di :

Ada kesamaan gejala pada penyakit jantung dan gerd yaitu nyeri dada. Meskipun kedua penyakit ini memiliki keluhan yang sama yaitu nyeri di bagian dada. Akan tetapi ada perbedaan nyeri dada akibat penyakit jantung dan nyeri dada akibat penyakit gerd.


Perbedaan gejala penyakit jantung dan gerd belum diketahui oleh banyak orang. Karena ketika sebagian orang mengeluhkan nyeri dada, mereka pun tidak mengetahui apakah nyeri dada yang dikeluhkannya merupakan gejala penyakit jantung atau gejala penyakit GERD. Untuk memastikan nyeri dada yang anda keluhkan tersebut apakah merupakan gejala penyakit jantung atau gejala penyakit gerd atau bahkan gejala penyakit lainnya. Alangkah baiknya konsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam.

Mengenal Perbedaan Gejala Penyakit Jantung Dan Gerd

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ada kesamaan penyakit jantung dengan penyakit gerd yaitu sama-sama menyebabkan keluhan nyeri dada. Tidak hanya nyeri di bagian dada saja, tetapi ada sensasi terbakar di dada yang disertai dengan susah bernafas. Meskipun begitu, ada perbedaan gejala nyeri dada yang dialami penderita penyakit jantung dan penyakit gerd.

Berikut adalah perbedaan penyakit jantung dan penyakit gerd:

-Pada penderita penyakit jantung mengalami keluhan nyeri dada, akan tetapi tidak disertai dengan rasa pahit di mulut. Rasa nyeri di bagian dada bagian kiri seperti ditekan dapat menyebar ke bagian tangan kiri yang berlangsung selama 10 menit. Tidak hanya itu, rasa nyeri juga bisa menyebar pada rahang, bahu, punggung dan ulu hati. Namun, bila nyeri dada berlangsung lebih dari 20 menit bahkan sampai tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya juga disertai dengan keringat dingin, maka sebaiknya memeriksakan diri anda pada dokter.

-Sedangkan pada penderita penyakit gerd pula akan mengalami keluhan nyeri dan sensasi terbakar di dada. Hanya saja pada penderia penyakit gerd, membuat penderita terasa pahit pada mulut yang diakibatkan karena asam lambung naik sampai ke mulut.  

Setelah mengetahui perbedaan penyakit jantung dan gerd. Alangkah baiknya mengetahui tentang gejala beserta pencegahan penyakit jantung dan gerd.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung dibedakan menjadi beberapa jenis. Tidak hanya nyeri dada saja, masih ada lagi gejala lainnya penyakit jantung yaitu diantaranya:

  • Sesak nafas
  • Pandangan kabur
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Mengalami pembengkakan pada tubuh tertentu
  • Berkeringat dingin

Cara Mencegah Penyakit Jantung

  • Menjaga berat badan, bila anda memiliki kelebihan berat badan alangkah baiknya turunkan berat badan anda. Namun, tetap harus menurunkan berat badan secara tepat, tidak boleh melakukan diet ketat.
  • Kurangi dan hindari minu minuman alkohol
  • Kurangi kebiasaan merokok
  • Menerapkan gaya hidup sehat

Gejala Penyakit GERD

Begitupun dengan penyakit gerd, penderita penyakit ini tidak hanya mengalami gejala nyeri di bagian dada saja. Ada gejala lainnya penyakit gerd yaitu diantaranya:

  • Batuk kering yang tidak kunjung sembuh
  • Kesulitan menelan minuman dan makanan
  • Munculnya sensasi terbakar di bagian dada dan ulu hati, yang terkadanga membuat penderita penyakit ini kesulitan bernafas.
  • Lidah terasa pahit karena asam lambung naik sampai ke mulut.

Pencegahan Penyakit GERD

Cara mencegah penyakit gerd bisa dilakukan oleh orang orang belum pernah ataupun pernah mengalami penyakit gerd. Tips pencegahan penyakit gerd diantaranya kurangi serta hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti makanan yang rasanya pedas, asam. Kurangi dan hindari juga minuman yang mengandung kafein, minuman soda dan alkohol. Selain itu cara lainnya mencegah gerd jangan langsung tiduran, sebab bila setelah makan langsung tiduran maka dapat memicu asam lambung naik.

Itulah perbedaan gejala penyakit jantung dan gerd. Sesudah anda mengetahui perbedaannya, diharapkan anda selalu menjaga kesehatan jantung dan kesehatan lambung anda supaya terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung dan gerd.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 12 Mei 2017 11:18:54

Related Post :
Kesehatan
Sering Sakit Pundak? Kenali…

Berikut ini informasi tentang…

Daun
Manfaat Daun Belalai Gajah…

Manfaat daun belalai gajah…

Kesehatan
Ingin Jantung Sehat? Hindari…

Ingin jantung sehat? hindari…

Kesehatan
Sering Merasa Haus? Waspada…

Anda sering merasa haus?…

Alami
Obat Penebalan Dinding Rahim…

Obat penebalan dinding rahim…

Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenali Penyakit Necrotizing Enterocolitis Serta Gejalanya

Berikut adalah informasi tentang penyakit…

Penyakit
Memilih Prosedur Pengangkatan Kanker Hati yang Tepat

Untuk mengobati penyakit kanker hati…

Penyakit
Gejala Penyakit Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top