Panduan Diet Sehat Pasca Operasi Usus Buntu

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian besar pasti telah mendengar mengenai penyakit usus buntu atau disebut juga apendisitis. Apendisitis merupakan suatu kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan. Pada sebagian besar orang, peradangan usus buntu ini disebabkan karena jaringan yang terinfeksi oleh bakteri, nanah bisa terjadi dalam lumen usus buntu. Penyumbatan mekanis dari apendiks oleh tinja keras, benda asing, atau lendir tebal juga dapat menyebabkan infeksi bakteri. 

Langkah pengobatan utama untuk mengatasi penyakit usus buntu adalah melalui prosedur operasi pengangkatan usus buntu atau dikenal dengan istilah apendektonomi. Tujuan dari operasi usus buntu sendiri dilakukan untuk mengeluarkan usus buntu yang terinfeksi sebelum pecah. Pasalnya, jika usus buntu pecah, maka bakteri dankotoran didalam usus akan menyebar di dalam perut dan dapat menimbulkan infeksi yang lebih serius yang disebut infeksi peritonitis yang bisa mengancam jiwa. 


Setelah melakukan operasi pengangkatan usus buntu, pasien perlu melakukan perawatan pada luka. Disamping itu, pasien juga harus memperhatikan pola makan dan menyesuaikannya sebelum kembali ke pola makan normal sebelum operasi. Nah, berikut ini merupakan panduan diet sehat pasta operasi usus buntu yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu langkah perawatan pasca operasi, diantaranya :

  • Diet cair

Pasca menjalani tindakan operasi usus buntu, saluran pencernaan tentu membutuhkan waktu untuk kembali seperti sedia kala. Pada awalnya, pasien akan dianjurkan untuk menjalankan diet cair hingga kondiri pulih (tidak ada lagi mual dan muntah akibat anestesi).

Diet cair bisa dilakukan dengan memberikan minuman atau makanan  yang cair, seperti jus apel atau sup. Pasien biasanya diperbolehkan untuk makan jika dokter sudah mendengar adanya bunyi usus melalui stetoskop.

  • Diet lunak

Jika tubuh sudah mulai pulih pasca operasi, maka diet yangd ianjurkan selanjutnya yaitu diet dengan mengonsumsi makanan yang lunak, sehingga usus pun bisa sembuh secara perlahan. Makanan lunak yang bisa dikonsumsi diantaranya berupa bubur atau kentang yang dihaluskan. 

Perlu diingat, hindari mengonsumsi makanan pedas, bersantan atau berlemak untuk mencegah stres pada pencernaan. Hal ini juga bertujuan agar pasien bisa pulih dengan cepat pasca operasi usus buntu. Menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan setelah operasi usus buntu dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah operasi dan akan menurunkan risiko infeksi pasca operasi. 

  • Diet tinggi serat

Diet sehat pasca operasi usus buntu yang terakhir yaitu diet tinggi serat. Ketika tubuh mulai pulih dengan sempurna, maka pasien bisa menjalani aktivitasnya kembali secara normal, namun cobalah untuk mengatur pola makan dengan menjalani pola makan tinggi serat.

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mencegah sulit buang air besar atau konstipasi setelah menjalani operasi usus buntu. Gandum, beas merah, kacang-kacangan, sayuran, dan buah merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung serat tinggi.

Dalam menjalani diet pasca operasi usus buntu, pasien diasarankan untuk makan lebih sering namun dalam porsi yang kecil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres pada saluran pencernaan. Perlu diingat, untuk meminimalisaso efek samping dari obat usus buntu, seperti mual dan muntah, disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 12 Mei 2017 14:11:01

Related Post :
Penyakit
Mengetahui Ciri-ciri Gejala Seseorang…

Mengetahui ciri-ciri gejala seseorang…

Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk…

Jerawat merupakan masalah yang…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak…

Kacang walnut memiliki manfaat…

Penyakit
Hal-Hal Yang Dapat Membahayakan…

Hal-Hal Yang Dapat Membahayakan…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit…

Informasi tentang diagnosis dan…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu…

Selain dengan cara medis,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Tulang Dengan Bahan Alami

Cara mencegah kanker tulang dengan…

Kesehatan
Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Syaraf Kejepit

Olahraga yang tepat bagi penderita…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top