Pertolongan Pertama Luka Bakar Ringan Hingga Berat Yang Tepat

Pertolongan pertama luka bakar yang tepat selain dengan menggunakan obat luka bakar alami sebaiknya anda ketahui sebelumnya, sehingga penanganan yang salah, yang justru menyebabkan luka semakin parah tidak akan terjadi. Untuk itu, anda bisa menyimak informasi lebih lengkapnya pada informasi berikut ini.


Mungkin hampir keseluruhan dari pada anda pernah mengalami kasus luka bakar. Entah itu dalam fase ringan, sedang maupun berat. Luka bakar sendiri biasanya terbentuk akaibat beberapa sebab, yang diantaranya seperti api, bahan kimia berupa cairan, minyak panas dan juga air mendidih. Bahkan beberapa dari kecelakaan tersebut tidak bisa di cegah meski kita telah melakukannya sangat hati-hati. Namun, yang sangat penting untuk di perhatikan disini, adalah pertolongan pertama pada kasus luka bakar yang harus di sesuaikan dengan tingkat keparahannya masing-masing.

Adapun pertolongan pertama yang dapat di lakukan adalah:

Pertolongan pertama pada penderita luka bakar sesuai dengan tingkat keparahannya
Secara umum, luka bakar sendiri di kategorikan menjadi 3 bagian, yaitu luka bakar ringan (tingkat 1), luka bakar sedang (tingkat 2) dan luka bakar berat (tingkat 3). Dan berikut adalah tingkatan luka bakar dan tolongan pertama yang tepat untuk di lakukan:

Luka bakar ringan

Jenis luka bakar yang tergolong ringan seperti halnya luka bakar setrika, pada umumnya dapat bisa pulih seperti sedia kala. Namun, kondisi tersebut juga tetap perlu mendapatkan penanganan pertama yang tepat agar luka dapat segera sembuh secara total. Pada umumnya luka bakar yang di golongkan ke tingkat pertama ini di tandai dengan bekas merah di kulit yang cukup menyakitkan. Bahkan bagian luka akan membengkak dan juga mengembang, namun tidak terlalu parah. Kulit yang terkena luka bakar juga umumnya akan menglelupas pada hari ke satu atau ke dua  dengan waktu penyembuhan yang di butuhkan selam 3 hingga 7 hari.

Pertolongan pertama yang di sarankan:

  1. Rendam luka dengan menggunakan air dingin selama 10 menit, yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya resiko pembengkakan saat kulit yang lembut terkena suhu yang panas.
  2. Anda bisa menggunakan beberapa produk alami untuk membuat luka bakar menjadi dingin seperti halnya menggunakan lidah buaya ataupun krim khusus untuk luka bakar.
  3. Tutup luka bakar dengan perban bersih untuk mensterilkan luka, dengan catatan tidak terlalu kencang karena dapat menyebabkan luka menjadi semakin parah.
  4. Jika terasa sakit, maka anda bisa memberikannya obat antinyeri ujntuk mengatasi rasa sakit ddan mencegah pembengkakan.

Luka bakar sedang

Jenis luka bakar yang satu ini dapat di kategorikan sebagai luka yang lebih parah di banding dengan luka bakar sebelumnya. Pada umumnya, luka bakar ini akan terasa sakit dan menyebabkan bagian kulit menjadi terluka. Selain itu, bagian kulit akan menjadi melepuh  serta kulit sekitarnya akan menjadi lebih sensitif. Bagian luka juga akan menjadi kemerahan, menjadi noda yang membekaspada kulit dan luka akan membengkak. Adapun untuk waktu penyembuhan di perlukan waktu sekitar 2-4 minggu.

Pertolongan pertama yang bisa di lakukan:

  1. Rendam kulit yang terkena luka bakar menggunakan air dingin selama 17 menit.
  2. Setelah itu, perban luka bakar dengan menggunakan kasa bersih. Usahakan tidak mengikat perban dengan terlalu kuat, agar luka tidak menjadi semakin parah. Hindarkan luka dari infeksi yang dapat menyebabkan komplikai bernanah.
  3. Ganti perban setiap hari secara teratur agar tidak menimbulkan infeksi.
  4. Jika telah terasa gatal, maka itu adalah luka bakar akan segera sembuh. Dan hindari untuk menggaruknya karena dapat mnyebabkan infeksi.

Luka bakar berat

Luka bakar yang di kategorikan tingkat tiga ini adalah termasuk luk bakar yang di kategorikan sangat parah. Hal tersebut di tunjukkan dengan bagian luka yang bisa menyebabkan keruksakan pada beberapa bagian kulit. Bahkan kulit yang terkana luka bakar akan menjadi sangat putih dan bahkan hangus. Akibat kondisi ini, penderitanya akan mengalami rasa sakit  yang parah dan terjadi keruksakan saraf di bawah kulit. Bahkan jaringan kulit yang telah mengalami keruksakan akan membutuhkan operasi atau rekontruksi khusus dari dokter. Adapun untuk waktu penyembuhannya biasanya di di sesuaikan dengan perawatan yang di butuhkan.

Meski pertolongan pertama yang dapat di lakukan pada luka bakar tingkat tiga ini tidak dapat di lakukan secara umum, namun pencegah dapat di lakukan agar luka tidak berkembang menjadi semakin parah:

  1. Segera larikan korban ke pusat kehetan terdekat.
  2. Hindari melapas pakaian ataupun benda yang menmpel pada luka bakar.
  3. Di sarankan tidak menerapkan cara penanganan pertama pada penderita luka bakar tingkat satu dan dua. Jangan merendam luka bakar dalam air dan jangan memberikan krim atau salep apapun yang menmpel pada bagian luka bakar.
  4. Jika luka terlalu parah maka tempelkan kapas dingin yang basah pada luka bakar.

Selain dari pada pertolongan pertama pada penderita luka bakar diatas, sebaiknya anda tidak perlu memberikan beberapa bahan krim atau cairan yang dapat mengurangi luka bakar seperti pasta gigi, mentega es batu dan juga air es pada bagian luka bakar. Jangan melepaskan benda apapun atau menerapkan bahan kimia apapun pada luka bakar terutama pada luka bakar yang parah.

By Nida Saripah - Tips Senin, 15 Mei 2017 10:39:35

Pertolongan Pertama Luka Bakar Ringan Hingga Berat Yang Tepat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut tips dan cara memberi pertolongan pertama luka bakar ringan, sedang hingga berat di wajah maupun bagian tubuh lainnya secara tepat mulai dari akibat setrika, minyak panas, tersiram air panas hingga yang parah sekalipun sebelum mendapatkan petolongan medis.
Tips - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…

  • perih dan sakit pada mata kambuhan

    1 Balasan

    Tips

    Selamat sore dok, saya kerja didepan layar monitor komputer sudah hampir 3 tahun lebih. Beberapa bulan kebelakang saya sering merasakan rasa perih dan sakit mata, terus menjalar kebagian kepala dengan…


Tips
Cara Membedakan Gejala Usus Buntu dan Batu Ginjal

Meskipun memiliki gejala yang hampir…

Tips
Tips Mempersiapkan Diri Untuk Persalinan Secara Normal

Tips mempersiapkan diri untuk persalinan…

Tambah Pertanyaan
Top