Tips Ampuh Atasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Sesak nafas merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada sistem pernafasan. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sesak nafas, diantaranya seperti obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat yang memiliki suhu yang ekstrim, atau berada didaerah dengan ketinggian tertentu. 

Selain itu, sesak nafas juga bisa dipicu oleh gangguan kesehatan lain, seperti pilek, alergi, asma, anemia, sinusitis, asma, pneumonia, gangguan pada jantung, dan penyakit lainnya. 


Penanganan sesak nafas pada setiap individu berbeda. Maka dari itu diperlukan diagnosis yang tepat mengenai penyebab sesak nafas. Biasanya, mengonsumsi obat-obatan, baik obat sesak nafas alami ataupun yang telah diresepkan dokter menjadi salah satu solusi yang dipilih. Namun, selain itu, ada pula beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi sesak nafas secara efektif tanpa harus minum obat.

Nah, berikut ini beberapa tips ampuh atasi sesak nafas tanpa obat yang bisa Anda pilih, diantaranya :

  • Ubah posisi duduk

Posisi duduk yang tepat dapat membantu mengatasi sesak nafas. Posisi duduk yang baik bagi penderita sesak nafas adalah membentuk sudut 45-90 derajat, atau pada posisi badang berbaring dan setengah duduk. Anda bisa duduk di bangku atau kasur. Jika Anda memilih duduk di bangku, maka gunakanlah bantal untuk mengganjal bagian kepala belakang dan punggung. 

  • Olahraga

Melakukan olahraga yang terlalu berat memang dapat menjadi salah satu penyebab sesak nafas, namun jika beban olahraga terbilang ringan, ini justru akan memberikan manfaat. Ketika melakukan olahraga ringan, maka otot-otot tubuh akan bekerja dan berada dalam kondisi yang lebih baik, juga mereka akan memanfaatkan oksigen dengan lebih efisien. 

Ada banyak jenis olahraga ringan yang  bisa dilakukan, seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, dan lainnya. Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur terbukti dapat menjaga kebugaran dan bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi sesak nafas. 

  • Makan sering namun dalam porsi kecil

Pola makan yang tidak sehat dapat memicu sesak nafas. Maka dari itu, mengendalikan pola makan sehat dengan memperhatikan porsi dan waktu makan sangat baik dilakukan untuk mengatasi sesak nafas. Makan lebih sering dengan jumlah yang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan makan sekali namun dalam porsi yang besar. Cara ini akan membantu menjaga kondisi kesehatan secara umum dan bisa mengendalikan berat badan, dimana obesitas merupakan salah satu penyebab sesak nafas. 

  • Istirahat yang cukup

Sesak nafas juga bisa disebabkan karena kurang tidur atau terlalu leha. Untuk membantu mengatasi hal ini, maka cobalah untuk mengatur jadwal istirahat agar lebih baik. Anda bisa mulai untuk tidur cukup dimalam hari. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang disarankan adalah 8 jam sehari. Bahkan, Anda juga meluangkan waktu untuk tidur siang. 

  • Mengonsumsi jahe

Jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang cukup banyak memiliki khasiat bagi kesehatan. Jahe biasa diolah menjadi minuman penghangat tubuh. Selain itu, sebuah penelitian melaporkan bahwa jahe efektif digunakan untuk meredakan sakit tenggorkan, sakit perut, sakit kepala, dan gangguan pernafasan, seperti sesak nafas. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menyediakan 3 ruas jahe yang sudah dikupas. Kemudian bakar dan memarkan. Rendam atau seduh jahe dengan 1 gelas air. Jika tidak menyukai rasa dari jahe, Anda juga bisa menambahkan gula. Minumlah ramuan ini selagi hangat 2 kali sehari.

  • Berhenti merokok

Jika Anda termasuk seorang perokok aktif, maka alangkah baiknya hentikan atau kurangi kebiasaan tersebut. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan penumpukan nikotin dalam paru-paru. Bahkan, merokok bisa menimbulkan penyakit yang mengganggu paru-paru, seperti kanker paru-paru, asma, dan penyakit lainnya. Maka dari itu, dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat membantu menurunkan risiko sesak nafas dan berbagai penyakit pada pernafasan lainnya.

Selain beberapa hal diatas, terdapat beberapa tips lain yang juga bisa membantu mengatasi sesak nafas tanpa obat, seperti latihan pernafasan, meditasi, mengonsumsi vitamin, menggunakan masker, dan pemeriksaan medis. 

Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan bisa membantu mengatasi sesak nafas tanpa obat secara efektif. Semoga lekas sembuh.

By Sri Maryati - Tips Senin, 15 Mei 2017 11:50:43

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Cranberry…

Khasiat dan manfaat craberry…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Ibu Dan Anak
Usia Berapa Bayi Boleh…

Usia Berapa Bayi Boleh…

Tips
Tips Membasmi Cacing Kremi…

Tips pencegahan membasmi cacing…

Tips
Cara Totok Wajah Sendiri…

Cara totok wajah sendiri…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tata Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Tepat Dan Aman

Tata cara menggunakan obat tetes…

Tips
6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ada 6 cara mencegah penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top