Obat Pereda Gejala Asma Kimia Salbutamol

Share dan Tag Temanmu di :

Salbutamol, Pereda Gejala Asma

Obat asma yang berjenis bronkodilator ini bekerja dengan cara melemaskan otot-otot di sekitar saluran nafas yang menyempit untuk membuat udara bisa mengalir lebih lancar ke dalam paru-paru. Salbutamol termasuk golongan inhaler jenis pereda dengan kemasan yang biasanya berwarna biru yang dipakai untuk meringankan gejala asma dengan cepat, juga mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Efektivitas salbutamol bisa langsung terasa dalam beberapa menit setelah Anda menghirupnya.



Obat yang bisa digunakan anak-anak dan dewasa ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh wanita hamil dan menyusui. Jika Anda sedang menderita gangguan kardiovaskular, diabetes, hipertiroidisme, hipokalemia (kadar potasium dalam darah yang rendah), hipertensi, aritrima (detak jantung tidak beraturan), gangguan pencernaan, serta memiliki kadar oksigen dalam darah yang rendah, harap hati-hati dalam mengonsumsi salbutamol.

Yang perlu diingat, obat ini hanya efektif untuk meredakan sesak nafas, bukan mencegahnya. Dosis salbutamol ditentukan berdasarkan kondisi kesehatan pasien serta tingkat keparahan gejala. Dalam satu kali hirup, dosis salbutamol adalah 100 mikrogram dengan penggunaan maksimal delapan kali hirup per hari. Berikut dosis umum yang diresepkan dokter saat serangan terjadi.
-Untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun, dosisnya 1 kali hirup.
-Untuk anak-anak di atas 12 tahun dan dewasa, dosisnya 1-2 kali hirup.


Selain membaca keterangan dalam kemasan, salbutamol juga harus dipakai sesuai anjuran dokter. Tahap awal, dokter biasanya memberikan dosis efektif yang rendah. Kemudian dosis direvisi dan disesuaikan dengan repson tubuh Anda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan untuk memantau perkembangan kesehatan Anda selama mengonsumsi obat.
Inhaler ini bisa Anda bawa saat bepergian dan sebelum menggunakannya, pastikan Anda tahu cara menggunakan inhaler yang benar. Jika lebih dari satu inhaler yang Anda pakai, hirup inhaler salbutamol terlebih dahulu, baru inhaler lainnya. Karena salbutamol akan membuka saluran pernafasan sehingga membantu kinerja dari inhaler lain.


Jika sulit menyesuaikan nafas saat menggunakan inhaler, dokter akan menganjurkan Anda untuk menggunakan spacer, alat untuk meningkatkan jumlah obat-obatan yang mencapai paru-paru. Tidak hanya itu, spacer juga berfungsi untuk meminimalisir efek samping obat-obatan yang digunakan. Agar kondisi Anda tidak memburuk, hindari rokok karena bisa memicu iritasi pada paru-paru.


Berikut efek samping salbutamol yang mungkin terjadi, diantaranya adalah detak jantung cepat, kram otot, sakit kepala, serta adanya iritasi pada tenggorokan dan mulut. Hentikan penggunaan jika Anda mengalami efek samping serius seperti pingsan, penurunan tekanan darah, sampai gejala sesak nafas yang semakin parah.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 30 Mei 2016 14:37:00

Related Post :
Manfaat
Buah Yang Mengandung Senyawa…

Buah Yang Mengandung Senyawa…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket)…

Sudah tidak asing lagi…

Kewanitaan
Ini Hubungan Antara Selaput…

Hubungan antara selaput dara…

Kesehatan
Minuman Sehat Untuk Menghancurkan…

Berikut adalah daftar minuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi hidung…

Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan Untuk Kulit Gatal Di Apotek

Hydrocortisone adalah salah satu jenis…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi Refluks Asam Lambung

Domperidone adalah obat untuk mengatasi…

Kirim Pertanyaan
Top