Terapi Jus Sayur dan Buah untuk Mengatasi Rematik

Share dan Tag Temanmu di :

Rematik adalah penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Untuk perawatan penyakit rematik dilakukan dengan mengendalikan penyakit dan meredakan gejala yang timbul. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat rematik berupa obat antiinflamasi non steroid dan analgesik.

Selain dengan mengonsumsi obat-obata, penderita rematik juga bisa melakukan hal lain untuk meredakan penyakit rematik, salah satunya yaitu dengan terapi jus sayur dan buah untuk mengatasi rematik.


Sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung senyawa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi jus sayur dan buah termasuk salah satu cara yang bisa dilakuakn untuk mendapatkan antioksidan yang diperlukan untuk mengatasi penyakit rematik. 

Antioksidan diperlukan untuk melawan serangan radikal bebas dalam tubuh, maka dari itu, buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan sangat diperlukan. Selain itu, jus juga dapt membantu menurunkan berat badan. Hal ini perlu diperhatikan jika Anda menderita penyakit rematik. Hal ini disebabkan karena sel-sel lemak mengadnung hormon leptin yang bisa memperparah peradangan. Maka dari itu, semakin sedikit sel lemak, maka semakin sedikit pula kadar leptin yang bersirkulasi dalam darah.

Jus sayuran merupakan jus terbaik bagi penderita rematik. Hal ini disebabkan karena sayuran kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten serta mineral seperti tembaha dan kalsium yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sela kibat radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memilih sayuran seperti wortel, paprika, dan tomat.

Tidak hanya itu, sayuran yang termasuk dalam keluarga crucifera, seperti brokoli, bunga kol, dan kembang kol juga baik untuk kesehatan sendi karena mengandung sulforaphane. Senyawa ini dapat menghambat proses peradangan dan kerusakan tulang rawan pada penderita osteoarthritis (OA).

Disamping itu, buah-buahan yang baik untuk penderita rematik diantaranya seperti keluarga buah berry, jeruk, lemon, semangka, anggur dan melon yang tergolong kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, betakaroten, dan anthocyanin. 

Diketahui buah semangka dapat membantu mengurangi kaku dan pegal-pegal akibat nyeri sendi. Sedangkan buah anggur mengandung senyawa resveratrol yang memiliki potensi anti radang yang sangat kuat. Beberapa studi menemukan bahwa komponen ini memiliki cara kerja yang sama seperti ibuprofen yang sering digunakan untuk mengatasi rematik. 

Mungkin tidak sedikit orang yang tidak menyukai jus yang hanya terbuat dari sayuran karena terasa kurang enak. Maka dari itu, Anda bisa mengkombinasikan sayuran dengan buah-buahan agar dapat menambah rasa manis pada jus. 

Komposisi yang disarankan untuk jus buah dan sayur ini yaitu 80% sayur dan 20% buah segar dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

Jika ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal, alangkah baiknya untuk tidak menambahkan gula pasir atau bahan pemanis lainnya. Mengonsumsi pemanis yang terlalu banyak dapat meningkatakn berat badan dan kadar gula dalam darah yang dapat memicu kambuhnya rematik, selain juga meningkatkan risiko diabetes. 

Konsumsilah jus sayur dan buah ini 1-2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan bumbu masakan yang memiliki komponen antiradang seperti jahe, kunyit, dan kayu manis. Segera minum jus sesaat setelah dibuat karena vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya mudah terurai.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 15 Mei 2017 14:50:29

Related Post :
Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Penyakit
Penyebab Batuk Tak Kunjung…

Penyebab batuk tak kunjung…

Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari…

Penderita asam urat harus…

Kesehatan
Anda Mengidap Stroke? Hindari…

Tidak hanya minum obat…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Kacang…

Manfaat kacang panjang untuk…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Buah kiwi mempunyai nama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk Diet

Punya berat badan yang ideal…

Kesehatan
Inilah Akibat Jika Sering Melewatkan Sarapan Pagi

Inilah akibat jika sering melewatkan…

Kesehatan
Mengeringkan Jemuran di Ruangan Sebabkan Infeksi Paru

Ternyata kebiasaan mengeringkan jemuran di…

Kirim Pertanyaan
Top