Mengenal Tingkatan Pada Luka Bakar Anak Dan Dewasa

Share dan Tag Temanmu di :

Derajat dan tingkatan pada luka bakar umumnya berbeda sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan luka bakar yang dialami. Hal ini tentu sebaiknya juga anda ketahui. sehingga pada saat anda, anak maupun kerabat anda lainnya terkena luka bakar, anda bisa memberikan pertolongan pertama luka bakar secara bijak. Adapun informasi selengkapnya bisa anda simak pada ulasan berikut ini.


Luka bakar adalah keruksakan yang menyebabkan hilangnya jaringan kulit, yang mana dapat di sebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya seperti sinar matahari, api, air panas, listrik, radiasi, gesekan dan lainnya. Tak hanya menimbulkan rasa perih dan panas, luka bakarpun nyatanya dapat menimbulkan bekas luka yang lebih besar dari jenis luka pada umumnya, yang mana nantinya dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang. Terlebih jika luka bakar terjadi pada area, betis, lengan bahkan wajah.

Bekas luka tersebut pada umumnya susah hilang di karenakan penanganan pertama yang di lakukan tidak sesuai ataupun tidak tepat. Salah satu pemicunya adalah ketidaktahuan masyarakat akan derajata luka bakar itu sendiri.

Tingkatan pada luka bakar anak dan dewasa yang patut untuk anda ketahui

Jenis dan tingakatan luka bakar sendiri di klasifikasikan terhadap keruksakan jaringan tubuh, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut.

Luka bakar derajat satu

Luka bakar pada tingkatan ini di kategorikan sebagai luka dengan kategori paling ringan. Di tahap ini, luka bakar di sebabakan oleh bagian tubuh yang terkena uap air panas ringan saat merebus air, kontak singkat dengan benda panas hingga terpapar matahari langsung. Keruksakan yang terjadi[uin hanya pada lapisan kulit terluar (epidermis). Adapun gejala yang mungkin timbul adalah kemerahan, sedikit bengkak, terasa sakit namun tidak melepuh.

Pada umumnya luka bakar pada derajat satu ini tidak memerlukan pertolongan medis, karena bagian kulit terluar sendiri memiliki kemampuan untuk memulihkan diri sendiri dengan sedikit perawatan dan juga waktu. Bahkan biasa pada pada hari ke tiga atau keempat kulit akan mengalami proses deskuamasi (pengelupasan kulit akibat luka bakar).

Luka bakar derajat dua

Luka  bakar pada tingkatan ini pada umumnya di sebabakan oleh apirokok, percikn minyak goreng panas saat memasak, terkena setrika, knalpot motor ataupun sumber panas lainnya. Adapun keruksakan kulit yang terjadi yaitu pada kulit bagian luar (epidermis) hingga lapisan kedua di dalamnya (dermis).

Gejala yang kemungkinan bisa muncul pada tahapan luka bakar ini adalah kulit akan nampak pecah-pecah, melepuh dan juga berair. Selain dari pada itu, rasa perih yang akan anda rasakan di banding pada kasusu luka bakar derajat satu.

Luka bakar derajat dua ini umumnya tergolong ke dalam luka bakar minor, yang mana perawatan sebenarnya masih bisa di lakukan di rumah, asalkan area luka bakar tidak terlalu luas serta anda mengikuti petunjuk dokter apabila sebelumnya anda sempat di tangani oleh dokter. Adapun waktu lamanya penyembuhan luka bakar pada tingkatan ini di perkirakan bisa menghabiskan waktu hingga 2-3 minggu.

Luka bakar derajat tiga

Berbeda halnya dengan kluka bakar sebelumnya, luka bakar derajat 3 ini tergolong cukup serius akibat keruksakan yang di timbulkannya bisa mencapai ketiga lapisan termasuk saraf yan berada di bawah lapisan kulit. Kondisi luka bakar pada tahap ini pada umumnya di sebabkan oleh bagian tubuh yang terkena sumber panas yang tinggi (seperti kebakaran dan ledakan) atau juga bisa karena sengatan listrik.

Pada luka bakar derajat tiga ini, pada umumnya menimbulkan gejala berupa kkulit yang terlihat meliutm, berwarna putih dan juga hitam. Adapun rasa sakit yang di rasakan beragam tergantung pada tingkat keruksakan saraf di lapisan kulit (reseptor nyeri).  Luka bakar ini bisa tampak "basah" akibat hancurnya dinding sel  dan keluarnya cairan protein.

Bahkan luka bakat tingkatan ke tiga ini  di golongkan ke dalam luka bakar mayor dan membutuhkn perawatan medis sesegera mungkin. Untuk proses penyembuhannya, luk bakar ini dapat memakan waktu lebih lama selam berbulan-bulan bahkan terkadang tidak sempurna dalam arti menimbulkan kecacatan.

Luka bakar derajat empat

Tahapan luka bakar yang satu ini bisa di karajkan paling arah di banding dengan luka bakar derajat lainnya. Adapun untuk penyebabnya hampir sama dengan luka bakar derajat tiga, namun dalam intensitas yang lebih tinggi. Bahkan bagian tubuh yang ikut terbakar bukan hanya bagian kulit, melainkan juga daging dan tulang sehingga berwarna hitam.

Adapun kebanyakan dari penderita yang mengalami luka bakar dengan kasusus ini tak  lain harus menjalani proses amputasi. Hal tersebut apabila luka bakar terjadi pada bagian tubuh yang memungkinkan untuk proses amputasi seperti halnya tangan maupun kaki.

Untuk itu, ketahui berbagai derajat dan tingkatan pada luka bakar sehingga anda bisa membedakan kondisi luka bakar yang bisa di bantu dengan perawatan rumah maupun kondisi serius yang seharusnya perlu segera mendapatkan perawatan medis. Setelah korban mendapatkan penanganan pertama yang mana telah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, perawatan luka bakar yang dapat di lakukan adalah istrirahat yang cukup, banyak istirahat, mengonsumsi obat luka bakar alami atau obat yang di resepkan oleh dokter dan pada kondisi yang serius memerlukan penangan medis yang intesif.

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 16 Mei 2017 10:29:49

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus…

Meskipun pada awalnya sering…

Alami
Ini Bahan Alami Yang…

Ini bahan alami yang…

Obat Kimia
Daftar Nama Obat Anyang-Anyangan…

Referensi nama dan merk…

Kesehatan
Mengenal Gangguan Bipolar yang…

Baru-baru ini Mariah Carey…

Penyakit
Ketahui Penyakit MERS Lengkap…

Ini dia penyakit MERS,…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah suatu kondisi dimana…

Kesehatan
Hindari Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat! Ini Alasannya

Makanan yang sudah dihinggapi lalat…

Kesehatan
Ketahui Makanan dan Minuman Penyebab Migrain Kambuh

Ketahui makanan dan minuman penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top