Khasiat Dan Manfaat Daun Eceng Gondok Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun eceng gondok nyatanya memiliki efek baik bagi kesehatan, di samping tanaman yang satu ini sering kali dianggap sebagai gulma. Adapun untuk mengetahui kegunaan daun eceng gondok ini, mari kita simak ulasan berikut ini selengkapnya.


Eceng gondok adalah salah satu jenis tanaman air yang memiliki nama latin eichhornia crassipes. Akibat karena pertmbauhannya yang begitu cepat, tanaman ini serring kali di sebut-sebut sebagai gulma yang merugikan. Namun seiring dengan banyaknya penelitian yang di lakukan terhadap tanaman yang satu ini, di ketahui di dalamnya menyimpan khasiat yangitu besar untuk kesehatan, yang man bagian utama ang daopat di olah sebagai obat adalah bagian daunnya.

Mungkin bagi anda yang kini tinggal di pedesaan tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Namun beagi mereka yang hidup di perkotaan, mungkin mereka hanya pernah mendengar dan belum pernah melihatnya secara langsung. Adapun ciri-ciri daun eceng gondok sendiri adalah:

  • Terglong ke dalam daun tunggal bertangkai, tersusun berjejal di atas akar.
  • Memiliki daun berwarna hijau.
  • Panjang daun antara -25 cm.
  • Berbentuk bulat telur (ovata)
  • Ujung daun berbentuk runcing
  • Pangkal daun meruncing
  • Tepi daun rata tidak bergerigi.
  • Permukaan daun mengkilat dan licin
  • Tangkai tidak menggelembung

Kandungan dan manfaat daun eceng gondok bagi kesehatan

Adapun kandungan daun eceng gondok sendiri adalah zat senyawa alami berupa senyawa carotin. Adapun fungsi dari kandungan tersebut dapat membantu penyembuhan berbagai jenis gangguan kesehatan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi sakit gigi
Bagi anda yang kini tengah mengalami sakit gigi yang mana juga mnyebabakan peradangan pada gusi, maka anda bisa menggunakan daun eceng gondok sebagai alternatif penyembuhannya. Adapun cara pemandfaatnnya pun terbilang cukup mudah, yaitu dengan merebus daun eceng gondok bersama air hingga mendidih dan tunggu selama 5 menit. Setelah dingin gunakan air rebusannya tersebut untuk berkumur.

2. Membantu mengobati tenggorokan panas
Memiliki keluhan tenggorokan terasa panas tentunya sangat mengganggu kenyamanan apabila tidak segera tidak di atasi. Bahkan ondisi tersebut dapat menyebabkan tenggorokan mengalami peradangan. Adapun untuk mengobati sakit tenggoropkan dengan menggunakan alternatif daun eceng gondok adalah dengan merebus daun eceng gondok dengan air mendidih lalu tunggu selama 5 menit dan setelah itu baru minum.

3. membantu mengobati asma
Untuk memanfaatkan daun eceng gondok sebagai obat pereda gejala asma, anda bisa mengkonsumsi daun eceng gondok yang di masak bersama akarnya.

4. Mengatasi sakit perut
Mengonsumsi daun eceng gondok bersamaan dengan akarnya juga di percayai dapat mengurangi sakit perut yang anda alami. Hal tersebutdi karenakan zat yang terkandung di dalam akar eceng gondok dapat membantu meringankan sakit perut yang anda alami.

5. Mengobati bisul
Daun eceng ggondok juga nyatanya dapat di manfaatkan sebagai obat bisul alami. Caranya cukup dengan menumbuk dayn dan akar eceng gondok yang di tambahkan dengan sedikit garam ke dalamnya. Setelah itu, balurkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

6. Mengobati gatal pada kulit
Daun eceng gondok juga mengandung sifat antipruritus, yang mana senyawa tersebut  dapat mengobati kulit gatal pada kulit. Adapun untuk memanfaatkannya adalah siapkan beberapa lembar daun eceng gondok yang telah di bersihkan sebelumnya, kemudian tumbuk hingga halus  dan oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal. Tunggu hingga mengering dan bersihkan. Lakukan cara tersebut secara teratur dan berulang hingga sembuh.

7. Mengatasi gangguan pada hati
Mengonsumsi daun eceng gondok juga nyatanya dapat menjaga fungsi hatai dengan baik serta mencegah terjadinya gangguan pada hati.

8. Mengatasi penyakit maag
Manfaat dari daun eceng gondok lainnya adalah dapat mentralkan asam lambung. Untuk mengatasi maag sendiri, anda bisa mengonsumsi daun eceng gondok sebagai lalapan.

9. Mengatasi biduran
Fungsi daun eceng gondok juga nyatanya sangat efektif dalam mengatasi penyakit kulit seperti biduran. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun eceng gondok dan menrapkannya sebagai obat luar dapat mengatasi gangguan pada kulit yang mengalami biduran.

10. Meredakan demam pada anak
Air rebusan dari daun eceng gondok sendiri bersifat sebagai antipiretik yang dapat di gunakan untuk menurunkan demam pada anak. Cara tersebut di bilang cukup efektif tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat daun eceng gondok bagi kesehatan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda dan juga menambah wawasan anda sekalian di bidang herbal.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 16 Mei 2017 13:55:54

Related Post :
Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Kesehatan
Waspadai Barang-Barang Berikut Jika…

Menjaga kebersihan dapur sangat…

Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Anak yang…

Pertumbuhan gigi pada anak…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Obat Luka Caesar Yang…

Obat luka caesar alami…

Penyakit
Waspadai Ciri-Ciri Gejala Nyeri…

Berikut adalah gejala nyeri…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top