Terapi Senam Mata Bagi Penderita Rabun Jauh

Share dan Tag Temanmu di :

Terapi Senam Mata Bagi Penderita Rabun Jauh

Rabun jauh atau disebut dengan istilah miopia merupakan kelainan mata yang tidak dapat melihat objek dari kejauhan. Penyebab rabun jauh berbeda-beda termasuk membaca dan menulis selama berjam-jam, menonton TV dr jarak dekat, menghabiskan lama didepan komputer dan kelainan lainnya seperti karena kelahiran atau faktor keturunan. Orang yang mengalami mata minus tidak dapat melihat objek yang jauh karena objek dibentuk sebelum retina daripada membentuk pada retina. Pilihan pengobatan rabun jauh dengan penggunaan lensa, kacamata, atau operasi untuk koreksi penglihatan, penderita rabun dapat melakukan latihan mata tertentu untuk mengurangi ketegangan mata.


Berikut ini latihan senam terapi untuk meningkatkan kesehatan mata anda yang dapat dilakukan dengan cukup mudah, diantaranya :

  • Hangatkanlah telapak tangan dengan menggosok satu sama lain lalu tempelkan pada mata dengan lembut dan benar untuk mencegah cahaya masuk tetap dalam posisi selama 5 menit lalu lepaskan tangan anda, kemudian ulangilah latihan ini setiap hari sehingga akan membuat mata anda santai dan bebas stress. Jangan sampai menekan atau menggosok mata.
  • Putarlah bola mata anda selama 5 kali serarah jarum jam kemudian berlawanan arah jarum jam 5 kali. Ulangi cara tersebut setiap hari terutama saat sebelum dan bangun tidur sehingga akan membebaskan anda dari ketegangan dan stress pada mata.
  • Buatlah titik didinding lalu fokuskan pandangan pada titik tersebut. Usahakanlah mata jangan tegang harus tetap fokus pada pandangan titik itu selama 10 - 15 menit. Ulangilah cara latihan ini setiap hari sehingga akan meningkatkan fokus dan konsentrasi mata anda.
  • Peganglah pensil ditangan anda dan tetap fokus memandang pensil serta dekatkan mata anda kemudian bergerak lagi ke posisi semula. Ikutilah gerakan pensil dengan mata dan ulangi latihan ini setiap hari sehingga akan meningkatkan fleksibilitas fokus pada mata.
  • Berdirilah disalah satu sudut ruangan dan amati semua objek yang ada di ruangan dari kiri ke kanan. Fokuslah pada setiap objek didalam ruangan satu persatu. Ulangilah proses tersebut dari kanan ke kiri. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari sehingga akan meningkatkan mata anda menjadi fokus.

Itulah beberapa latihan terapi mata cukup sederhana yang telah dibuktikan dengan hasil yang maksimal. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan latihan tersebut, antara lain:

  • Ketika mata anda lelah jangan memaksakan apabila anda tengah menghadapi stress atau sakit maka hentikan melakukan latihan mata.
  • Waktu paling baik untuk melakukan latihan mata dipagi hari.
  • Saat melakukan latihan jangan memakai lensa atau kacamata karena dapat membahayakan penglihatan anda.
  • Setiap latihan harus dipastikan mata anda rileks dan istirahatkan dahulu mata anda.
  • Setiap latihan lakukan secara lembut dan perlahan.

Itula beberapa cara terbaik untuk mengurangi ketegangan mata dengan melakukan senam mata dan rasakan perbedaannya. Jika mata anda mengalami penglihatan kabur, ketegangan, atau gejala lainnya maka segeralah lakukankonsultasi dengan dokter mata.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 16 Mei 2017 15:34:50

Related Post :
Ibu Hamil
Mengetahui Gejala Penyebab Keputihan…

Mengetahui gejala penyebab keputihan…

Tips
Tips Membersihkan Usus Besar…

Cara dan tips membersihkan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Kesehatan
Ketahui Ciri-ciri Penyakit Bronkitis…

Mengetahui ciri-ciri penyakit bronkitis…

Kesehatan
Inilah Penyebab Konsumsi Makanan…

Anda mungkin pernah melihat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung Paling Tepat

Makanan sehat untuk penderita asam…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan Darah yang Harus Diketahui

Selain sebagai pelengkap dokumen identitas…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita Kelenjar Getah Bening

Selain melakukan pengobatan, penderita kelenjar…

Kirim Pertanyaan
Top