Komplikasi Luka Bakar Akut Yang Perlu Anda Waspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Komplikasi luka bakar terkadang terjadi dimana penangangan yang di berikan kurang tepat. Kondisi inipun sebaiknya anda waspadai karena berbagai komplikasi yang timbul tersebut tak hanya bersifat ringan, namun hingga tingkatan serius.


Jika anda maupun salah satu dari kerabat anda mengalami luka bakar, sebaiknya jangan di biarkan begitu saja. Minimal, segera berikan ia pertolongan pertama luka bakar sebelum korban mendapatkan perawatan medis yang jauh lebih intensif, apabila korban mengalami luka bakar derajat tiga yang di kategorikan cukup serius. Kondisi tersebut memicu terhadap berbagai komplikasi yang muncul selain kondisi yang lebih serius terjadi.

Komplikasi luka bakar akut pada anak dan dewasa yang perlu di waspadai

Berikut adalah berbagai komplikasi yang timbulkan akibat luka bakar.

1. Adanya bekas luka

Luka bakar pda umumnya sering kali menimbulkan bekas luka hingga keloid. Adapun yang di maksud dengan keloid sendiri adalah pertumbuhan jaringan bekas luka yang berlebih di atas kulit. Namun pada luka ringan, biasanya hanya meninggalkan bekas luka yang sedikit, yang biasanya dapat di kurangi dengan menggunakan krim maupun salep pada bekas luka bakar dan juga memakai tabir surya.

2. Rendahnya volume darah

Terjadinya luka bakar juga pada umummnya dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan hilangnya cairan. Yang mana sebagai konsekuensinya menyenyebabkan rendahnya volume darah dalam tubuh.

3. Infeksi

Komplikasi yang satu ini umumnya sangat di khawatirkan oleh penderitanya karena membuat pemulihan kian melambat. Infeksi sendiri dapat terjadi  pada saat bakteri mulai berkembang biak di luka yang terbuka. Oleh sebaba itu, sangatlah penting untuk menjaga kebersihan , terlbih jika luka bakar melepuh dan sudah pecah.

Adapun beberapa tanda terjadinya infeksi di ketahui pada saat luka terasa lebih sakit atau menjadi bau. Selain dari pada itu, penderitanya m,ungkin akan mengalami demam hingga pembengkakan pada bagian kulit yang terinfeksi. Meski biasanya inefeksi dapat di redakan dengan obat-obatan antibiotik serta obat pereda sakit, namun sebaiknya periksakan ke pusat ke sehatan terdekat jika anda mencurigai luka yang anda miliki telah terjangkit infeksi.

Bahkan, luka bakar yang terinfeksi juga dapat menyebabkan terjadinya sepsisi dan syndrome syok toksik. Kedua kondisi tersebut terjadi pada saat infeksi telah menyebar ke dalam darah, yang mana dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Masalah pernapasan

Gangguan pernapasan juga pada umumnya juga dapat terjadi pada penderita luka bakar. Karena menghirup udara panas atau asap bisa melukai saluran pernapasan udara yang menyebabkan kesulitan dalam bernapas. menghirup asap juga bisa merusak paru-paru dan menyebabkan kegagalan fungsi organ pernapasan.

5. Masalah tulang dan persendian

Pada kasus luka bakar yang dalam, umumnya bisa membatasi  ruang gerak tulang dan juga persendian. Bahkan bekas luka juga bisa menyebabkan kontraktur atau kondisi dimana kulit, otot maupun urat memendek dan mengencang. Dan sebagai akibatnya sendi tidak bisa di gerakkan secara normal seperti semula.

6. Sengatan panas

Adalah kondisi dimana suhu tubuh mencapai 40 derajat celsius bahkan lebih. Kondisi ini sendiri umumnya di sebabakan oleh tubuh yang terlalu lama terkena pajanan terhadap sinar matahari atau cuaca panas. Adapun beberapa gejala lainnya yang dapat muncul adalah:

- Kelelahan yang parah
- Kulit terlihat mmerah
- Bernapas dengan cepat
- Mual dan muntah-muntah
- Pusing atau sakit kepala
- Denyut nadi yang cepat
- Terkadang menjadi linglung

Jika anda mencurigai penderita luka bakar mengalami sengatan panas, maka ada biknya segera pindahkan penderita ke tempat yang teduh. Pastikan pula penderita minum banyak air dan longgarkan pakaian mereka. Cobalah untuk turunkan suhu tubuh penderita dengan kain yang telah di basahkan dengan air dingin. Sengatan panas sendiri adalah kondisi darurat yang sebaiknya perlu mendapatkan penanganan medis.

7. Suhu tubuh yang sangat rendah

Jika luka bakar yang terjadi sangat parah dan menyebabkan sebagian besar kulit menjadi rusak karena terbakar, penderita bisa kehilangan panas tubuh dan memiliki resiko lebih tinggi terkana hipotermia.

8. Syok

Adalah kondisi yag cukup berbahaya  yang mana sering kali muncul pada saat tubuh kekurangan pasokan oksigen. Nah, orang yang mengalami luka bakar yang parah juga dapat mengalami syok. Adapun beberapa gejala dari syok sendiri adalah wajah yang terlihat pucat, denyut jantung menjadi cepat, bernapas cepat atau pendek, sering menguap, kulit terasa dingin dan bahkan merasa pingsan.

Nah, itulah berbagai komplikasi luka bakar yang sepatutnya perlu anda waspadai. Segera lakukan perawatan luka bakar yang tepat, seperti salah satunya memberikannya obat luka bakar alami di kala anda maupun kerabat mengalami kecelakaan luka bakar untuk menghindari berbagai komplikasi tersebut.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 17 Mei 2017 10:02:46

Related Post :
Kesehatan
Dampak Dan Bahaya Tidur…

Berikut adalah bahaya tidur…

Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Manfaat
Ternyata Ini Manfaat Rutin…

Tempe merupakan makanan yang…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Mengenal Penyakit Chancroid Lengkap…

Tahukah anda apa itu…

Daun
Manfaat Daun Urang Aring…

Selain baik untuk rambut,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit Kardiomegali Penyebab Gejala dan Obatnya

Apa itu penyakit kardiomegali? ketahui…

Penyakit
Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Sering Begadang

Ketahui berbagai penyakit yang timbul…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Cara Mengatasinya

Gejala diabetes tipe 1 memiliki…

Kirim Pertanyaan
Top