Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat Penyakti Jantung

Share dan Tag Temanmu di :

Dalam istilah kedokteran, sesak nafas dikenal dengan istilah dispnea dan biasa digambarkan dengan rasa kencang disekitar dada, sulit menghirup udara atau terasa seperti tercekik. Dispnea bisa dialami oleh siapa saja dan dari semua kalangan usia, baik itu pria ataupun wanita. 

Sebagian besar sering mengira bahwa sesak nafas merupakan penyakit asma. Padalah, tidak semua penyakit asma itu sesak nafas dan tidak semua sesak nafas adalah penyakit asma. Sesak nafas bisa menjadi salah satu gejala dari suatu penyakit tertentu, seperti salah satunya penyakit jantung. 


Untuk menghindari risiko terjadinya kondisi yang lebih parah, alangkah baiknya kita mengetahui tanda-tanda sesak nafas akibat penyakit jantung

Pada penderita penyakit jantung, gejala sesak nafas biasanya dibarengi dengan rasa sakit pada dada. Rasa sakit ini berupa dada terasa berat dan tertekan atau seperti ada yang menindih. Rasa nyeri dan kencang pada serangan jantung juga bisa menyebar ke perut bagian atas, bahu, punggung, tenggorokan, lengan, hingga rahang, mirip seperti sakit pada dispepsia.

Sesak nafas pada serangan jantung juga biasanya disertai dengan detak jantung yang tidak beraturan ataupun lebih cepat dari kondisi normal. Sesak nafas akan semakin intens ketika semakin mengarah pada gagal jantung. Kondisi dimana jantung tidak mampu lagi untuk memompa darah untuk tubuh, sehingga cairan masuk ke dalam paru-paru.

Pada serangan jantung juga seringkali terjadi timbulnya keringat secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena jantung berusaha untuk memompa darah dengan tenaga ekstra, karena pembuluh darah yang tersumbat. Umumnya yang terjadi adalah keringan dingin atau kulit terasa lembap. 

Untuk mengetahui apakah gejala sesak nafas yang timbul disebabkan karena penyakit jantung atau bukan, diperlukan pemeriksaan yang lebih rinci. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sesak nafas secara rinci. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat sesak nafas alami ataupun obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter untuk membantu mengurangi keluhan sesak nafas yang timbul.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 17 Mei 2017 10:49:46

Related Post :
Obat Kimia
Nama Obat Penggugur Kandungan…

Salah satu cara yang…

Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Makanan Yang…

Beragam kebaikan yang akan…

Manfaat
Ini Manfaat Kacang Kapri…

Ini beragam manfaat yang…

Kesehatan
Apa Benar saat Pilek…

Ada yang menyebutkan bahwa…

Kesehatan
Mengobati Gagal Ginjal Tanpa…

Selain cuci darah, ternyata…

Kesehatan
Dampak Negatif Bagi Orang…

Dampak negatif bagi orang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini Bisa Sebabkan Manusia Kecanduan Berat

Narkoba memang diketahui dapat menyebabkan…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Polip Rahim yang Harus Diwaspadai

Untuk mencegah timbulnya polip rahim,…

Kirim Pertanyaan
Top