Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Usus

Share dan Tag Temanmu di :

Usus adalah salah satu organ yang paling penting dalam proses pencernaan. Usus dibagi menjadi 3 bagian yaitu usus besar atau disebut juga dengan colon, usus kecil atau usus halus dan usus 12 jari. Jika ketiga usus tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan anda terkena penyakit usus. Tidak hanya itu, seluruh pencernaan juga akan menjadi terganggu.


Oleh karena itu, harus menjaga kesehatan usus agar terhindar dari berbagai jenis penyakit usus seperti polip usus. Dan cara menjaga kesehatan usus adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Sehingga bagi anda suka mengonsumsi makanan cepat saji, makanan yang pedas, asam dan berlemak jenuh, sebaiknya batasi dan hindari jenis makanan tersebut dan ubahlah pola makan anda.

Selain itu, cara lainnya untuk menjaga kesehatan usus adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, rajin olahraga, kurangi minum minuman kafein dan minuman soda, makan makanan yang mengandung serat, banyak minum air putih dan kunyah makanan sampai lembut.

Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Usus

Radang usus buntu

Jenis penyakit yang menyerang usus adalah radang usus buntu. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang usus buntu yaitu adanya penyumbatan di saluran appendiks, penyempitan di saluran uretra, di dalam usus terdapat benda asing dan kanker primer. Biasanya pengobatan usus buntu dilakukan dengan cara operasi.

Gejala radang usus buntu

  • Nyeri dibagian kanan bawah perut, bahkan rasa nyeri bisa semakin parah.
  • Demam
  • Menggigil
  • Diare
  • Sembelit
  • Perut kembung

Inflamartorik

Inflamartorik ialah jenis penyakit yang menyerang organ usus. Gejala inflamartorik diantaranya diare, pendarahan rektal, rasa tidak nyaman di perut, anoreksia, dan demam. Sama seperti radang usus buntu, pengobatan inflamartorik adalah dengan operasi atau pembedahan.

Kanker usus besar

Kanker usus besar atau disebut juga dengan kanker kolon merupakan jenis penyakit yang menyerang usus. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus besar adalah faktor usia. Oleh karena itu, bagi anda yang masih muda, jagalah kesehatan usus dari sejak dini supaya kelak tua nanti tidak mudah terkena penyakit usus salah satunya kanker usus besar.

Sembelit

Sembelit bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat, sering menahan buang air besar dan usus besar mengalami keracunan. Oleh karena itu, bagi anda yang sering mengalami sembelit, cukupi kebutuhan serat disetiap harinya, dan jangan menahan buang air besar.

Radang usus besar

Jenis penyakit lainnya yang menyerang usus adalah radang usus besar. Gejalanya yaitu sakit perut, penurunan berat badan yang drastis, kurangnya nafsu makan, diare disertai darah, demam, mual dan muntah.

Itulah jenis-jenis penyakit yang menyerang usus. Setelah anda mengetahui berbagai jenis penyakit usus, sebaiknya menjaga kesehatan usus dengan cara menerapkan pola makan sehat dan pola hidup sehat.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 17 Mei 2017 13:31:43

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Mengetahui Perbedaan Penyakit Maag…

Meskipun memiliki beberapa gejala…

Alami
Obat Bronkitis Alami Paling…

Obat bronkitis alami berikut…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Selain sering di gunakan…

Obat Kimia
Obat Pereda Nyeri Ulu…

Obat Pereda Nyeri Ulu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Dampak Setelah Operasi Ganglion Yang Harus Diwaspadai

Dampak setelah operasi ganglion yang…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Terus Menerus

Kenali penyebab sakit kepala sebelah…

Penyakit
Mengenali Gejala Kanker Hati yang Sering Dikeluhkan

Kelelahan dan mual merupakan gejala…

Kirim Pertanyaan
Top