Salah Posisi Angkat Beban Bisa Memicu Sakit Pinggang

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti pernah mengalami sakit pinggang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas yang padat. Selain itu, sakit pinggang ternyata juga bisa disebabkan karena kesalahan dalam mengangkat beban. Sayangnya, mereka tidak menyadari dan percaya bahwa mereka telah mengangkat beban dengan cara yang benar. 

Hal ini seringkali diabaikan oleh para pekerja. Padahal, salah posisi angkat beban bisa memicu sakit pinggang dan juga dapat berakibat fatal pada tulang belakang.


Menurut Muki partono, Dokter Spesialis Ortopedi dari Rumah Sakit Pondok Indah, banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit pinggang, salah satunya yang sering tidak disadari adalah cara mengangkat dan memindahkan barang yang salah. Jika hal ini terus dibiarkan lebih lama, maka bisa berisiko menjadi saraf kejepit. 

Data Bureau of Labor Statistic (BLS) juga menunjukkan hal yang sama, dimana setiap tahunnya lebih dari 1 juta pekerja mengalami sakit pinggang. Maka dari itu, cara mengangkat dan menurunkan berat badan dengan benar dan aman perlu diketahui untuk menghindari timbulnya sakit punggang.

Mengangkat barang membutuhkan teknik yang tepat agar lebih aman dan nyaman bagi pinggang. Kita bisa belajar mengangkat beban dengan melihat lifter pada olahraga angkat besi saat mengangkat beban. 

Berikut ini cara yang tepat dan aman dalam mengangkat beban, diantaranya :

  1. Pemanasan : Sama seperti olahraga, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mengangkat beban agar terhindari dari ceder. Kemudian, jaga bagian kaki dalam posisi lebar atau terbuka. Hal ini bertujuan agar dapat emnopang tubuh ketika mulai mengangkat beban. Posisi kaki harus kuat, sama seperti posisi kuda-kuda dalam olahraga karate.
  2. Jongkokkan badan ke bawah, pastikan untuk membengkokkan bagian pinggul dan lutut. Lipat satu kaki di depan dan lipat satu kaki lainnya dilantai, posisi ini bisa disebut half kneeling. Kondisikan posisi badan agar selalu tegak karena dapat meluruskan tulang belakang. Angkat beban secara perlahan sambil meluruskan lutut dan pinggul. Hindari gerakan memutar ketika mengangkat beban.
  3. Usahakan agar beban yang diangkat dekat dengan bagian perut. Ketika menggantui arah, putar bagian pinggul terlebih dahulu kemudian bahu. Ketika menurunkan beban, jongkokkan badan secara perlahan diikuti dengan membengkokkan lutut dan pinggul.
  4. Jangan menggunakan pinggang untuk mengangkat dan menurunkan beban. Sebagian besar cedera disebabkan karena melakukan posisi membungkuk ketika mengambil barang. Posisi membungkuk dapat memberikan tekanan pada pinggang bagian bawah. 
  5. Mengonsumsi cairan yang cukup juga dapat membantu mencegah sakit pinggang.

Namun, jika Anda termasuk salah satu penderita sakit pinggang, maka obat sakit pinggang menjadi salah satu solusi yang bisa dipilih untuk meringankan sakit pinggang secara efektif. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 17 Mei 2017 14:19:52

Related Post :
Penyakit
Penyebab Dan Cara Pencegahan…

Penyebab dan cara pencegahan…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Cara Mengatasi…

Penyebab dan cara mengatasi…

Penyakit
Ini Bahaya Dari Komplikasi…

Ini bahaya dari komplikasi…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu…

Selain dengan cara medis,…

Kulit
6 Hal Kebiasaan Buruk…

Kebiasan buruk yang harus…

Alami
Ramuan Alami untuk Bantu…

Tanda penuaan mungkin akan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Cara Yang Benar Membersihkan Botol Susu Bayi Agar Steril

Cara yang benar membersihkan botol…

Kesehatan
Mengenal Jenis Penyakit Yang Menyerang Otak Dan Gejalanya

Informasi tentang jenis-jenis penyakit yang…

Kesehatan
Waspadai Acanthosis Nigricans Atau Lipatan Kulit Gelap Di Tubuh

Waspadai acanthosis nigricans atau lipatan…

Kirim Pertanyaan
Top