Tips Cara Pemakaian Obat Tetes Mata Dengan Benar

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Cara Pemakaian Obat Tetes Mata Dengan Benar

Memang hal yang paling mudah saat meneteskan obat tetes mata, tetapi apakah anda sudah melakukannya dengan baik dan benar? Ternyata meneteskan obat tetes mata tidak hanya sekedar meneteskan ke permukaan bola mata saja, ada beberapa tahapan tertentu yang harus anda lakukan agar pemberian obat tetes mata menjadi lebih efisien dan efektif.


Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan obat tetes mata dengan baik dan benar, diantaranya:

1. Cucilah tangan sebelum meneteskan obat tetes mata dan pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

2. Lepaskan lensa kontak mata sebelum meneteskan obat tetes mata kecuali meneteskan air mata buatan sebagai pelembab lensa atau sesuai anjuran dokter spesialis mata.

3. Selalu cek kemasan obat tetes mata dan perhatikan apakah ada yang cacat pasa kemasan obat atau tidak dan perlu diingat bahwa mulut tempat keluar obat yaitu daerah steril sehingga jangan sampai bagian tersebut tersentuh oleh benda apapun termasuk tangan anda yang sudah dicuci tadi.

4. Berbaring atau mendongak, anda bisa pilih salah satunya namun pastikan untuk buka mata lebar-lebar dan arahan pandangan mata ke atas.

5. Sebelum anda meneteskan obat tetes, kelopak mata bawah ditarik dengan menggunakan satu atau dua jari kemudian tarik mata bawah sehingga membentuk sebuah kantong yang akan menjadi tempat untuk meneteskan obat mata. Dengan menggunakan tangan lainnya, pegang obat tetes mata dan posisikan ujung pipet obat mata berjarak 2.5 cm dari mata anda lalu pencet perlahan obat tetes mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan dan harap berhati-hati agar ujung pipet obat tidak menyentuh apapun karena dapat terkontaminasi kuman.

6. Lepaskanlah tangan anda dari kelopak mata dan turunkan kepala anda kemudian tutuplah mata selama 2-3 menit tujuannya untuk memberikan waktu bagi mata agar obatnya menyerap dan jangan berkedip karena akan mendorong cairan obat keluar dari mata sebelum diserap.

Tekan juga sudut mata bagian tengah dekat hidung bertujuan supaya cairan obat mata tidak masuk kedalam saluran air mata yang berhubungan dnegan hidung. Apabila tidak dilakukan sesuai aturan maka cairan obat yang masuk kedalam hidung akan diserap kedalam darah sehingga mengurangi dosis obat yang seharusnya diserap oleh mata dan lidah anda akan terasa tidak nyaman karena bisa saja cairan obat menetes kedalam rongga mulut.

7. Setelah 2-3 menit bersihkan sisa obat yang menetes diwajah dengan tisu secara perlahan dan tak lupa segera tutup kemasan obat agar tidak terkontaminasi oleh kuman kemudian jangan lupa cuci tangan anda. Apabila anda harus menggunakan lebih dari satu botol maka berikanlah jarak 5 menit sebelum anda meneteskan obat yang kedua. Dan jangan terlalu cepat memberikan obat yang kedua karena akan menghapus obat yang pertama sehingga anda terpaksa harus mengulang pemberian obat yang kedua.

Sekian tips cara pemakaian obat tetes mata dengan benar. Dan jika anda masih mengalami kesulitan maka segeralah meminta petunjuk ke dokter spesialis mata.

By Ana Rediana - Tips Kamis, 18 Mei 2017 08:02:47

Related Post :
Penyakit
Diagnosis Kanker Hati Dan…

Diagnosis kanker hati sangat…

Kesehatan
Hal Sederhana Ini Dapat…

Beberapa hal sederhana ini…

Obat Kimia
Obat Untuk Menangani Gangguan…

Obat untuk menangani gangguan…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Kewanitaan
Jenis-Jenis Keputihan Tidak Normal…

Keputihan merupakan kondisi yang…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik…

Daftar makanan yang baik…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menjaga Kesehatan Payudara Dengan Baik Dan Benar

Cara menjaga kesehatan payudara dengan…

Tips
Begini Cara Mengolah Belimbing Untuk Turunkan Darah Tinggi

Begini cara mengolah belimbing untuk…

Tips
Tips Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Ada tiga pada bagian wajah…

Kirim Pertanyaan
Top