Cara Mengobati Luka Bakar Pada Bayi Dan Balita Secara Tepat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati luka bakar pada bayi dan balita pada umumnya tak jauh berbeda dengan pengobatan luka bakar pada orang dewasa. Namun, mengingat kulit bayi yang masih terlalu sensitif sehingga perawatan yang di berikan haruslah tepat. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi bagi anda seputar pengobatan luka bakar pada anak yang patut di ketahui.


Luka bakar adalah kondisi dimana kulit terkena benda atau cairan panas, yang menyebabkan kulit menjadi melepuh, bergelembung. memerah serta menimbulkan rasa sakit. Tak hanya pada dewasa, luka bakarpun nyatanya dapat terjadi pada bayi dan balita. Hal tersebut dapat terjadi saat mereka bereksplorasi, bayi maupun balita bisa saja menyenggol air panas atau setrika panas sehingga menimbulkan luka bakar.

Meski kita telah berhati-hati menjaga si kecil dengan segenap hati, namun tetap saja kecelakaan seperti halnya luka bakar tersebut kapan saja dapat terjadi. Namun pada saat itu bunda jangan terlalu menyalahkan diri dan merasa panik. Sebaiknya bunda segera memeriksa dan mengobati luka bakarnya.

Namun sebelum mengobatinya, bunda perlu memastikan terlebih dahulu luka bakar yang di derita si kecil tersebut termasuk luka bakar ringan ataupun luka bakar berat. Sehingga bunda dapat menentukan pengobatan yang di lakukan hanya di rumah ataupun memerlukan bantuan medis. karena sejatinya, tingkatan pada luka bakar terbagi menjadi 4 bagian dengan ciri-ciri:

- Luka bakar derahat 1: Kulit terlihat memerah dan biasanya sembuh dalam waktu 3-5 hari.
- Luka bakar derajat 2: Kulit memerah dan melepuh. Dan apabila gelembung pecah maka kulit akan terliohat merah terang dengan rasa perih dan sakit yang luar biasa.
- Luka bakar derajat 3: Luka akan terlihat kering dan berlendir , berwarna kecoklatan juga kemerahan. Bahkan pada kondisi yang sangat serius, luka bakar akan terkllihat kemerahan dan menghitan dan tidak terasa sakit karena saraf telah rusak.
- Luka bakar derajat empat: Sama seperti halnya pada derajat 3 namun dalam kondisi yang lebih parah, sehingga prosedur amputasi pun sulit untuk di hindari.

Cara mengobati luka bakar pada bayi dan balita yang tepat

Berikut adalah beberapa langkah penanganan tepat untuk mengatasi luka bakar pada anak, bayi dan juga balita yang tepat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ketika saat pertama kali bunda melihat si kecil sedang terkana api maupun benda panas, bunda sebaiknya jangan panik karena dapat menambah kepanikan si kecil. Sebaiknya bunda melakukan:

  • Jika si kecil terkena air panas, menyentuh api ataupun benda panas lainnya, segara jauhkan si kecil dari sumber panas tersebut.
  • Jika terdapat salah satu dari bagian tubuh nak yang terbakar, segera tutupi dengan menggunakan selimut, sprei atau tubuh anda. Da apabila meungkinkan anda bisa menggulingkannya pada tanah agar api bisa segera padam.
  • Apabilasi kecil mengalami luka bakar karena tersengat listrik, maka cabut steker listrik dan pisahkan si kecil dari alat listrik dengan menggunakan objek nonmetallic seperti sendok kayu, tali atau buku besar. Ingat, jangan gunakan tangan untuk menhindari resiko anda ikut tersetrum.
  • Apabila si kecil mengalami luka bakar akibat cairan kimia, maka segera bersihkan area sekitar dengan menggunakan air dingin selama 5 menit sebelum melepas pakaiannya. Hal tersebut sangat di perlukan agar sang anak tidak terekspos paparn dari zat kimia tersebut.

2. Pertolongan pertama pada luka bakar si secil sebaiknya segera di lakukan, yang beberapa diantaranya adalah:

  • Dinginkan luka, dengan meletakan bagian luka bakar di bawah air yang mengalir. Setelah itu berikan ia salep maupun obat luka bakar alami dan menutupnya dengan kasa yang bersih.
  • Apabila ada pakaian yang melekat pada luka bakar, jangan tarik paksa. Lepaskan pakaian dan gunting mengelilingi luka, dan bawa anak ke pusat kesehatan terdekat dalam keadaan pakaian tetap menempel di bagian kulit yang terbakar.
  • Apabila kulit melepuh dan bergelembung, sebaiknya jangan di pecahkan sendiri. Bawa ke dokter agar di pecahkan dengan cara yang steril.
  • Anda bisa memberikan ia asetanaminofen tau paracetamol untuk mengurangi rasa nyeri atau apabila si kecil malah mengalami demam.

3. Perawatan luka bakar lanjutan sebaiknya di lakukan untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang masih membekas.

  • Usahakan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga tidak mudah mengalami infeksi dan pemulihan cepat.
  • Jika bisa, usahakan bagian luka bakar pada si kecil tidak banyak bergerak karena dapat memperparah luka.
  • Pastikan mengonsumsi obat yang telah di resepkan dari dokter.
  • Untuk mendinginkan lukanya, anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti madu atau gel lidah buaya yang langsung di oleskan pada area luka bakar.
  • Pastikan luka tetap bersih dan kering, sehingga lindungi luka dari air dan kelembaban udara yang berlebih.
  • Untuk kondisi luka bakar yang parah, sebaiknya mendapatkan perawatan medis yang lebih intensif untuk mengurangi terjadinya resiko komplikasi luka bakar.

Nah, itulah beberapa langkah cara mengobati luika bakar pada bayi dan balita yang tepat. Namun yang perlu di tekankan disini, adalah bunda perlu bersikap tenang sehingga penanganan yang di lalukanpun dapat di lakukan secara bijkasana. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan para bunda sekalian ya!

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Kamis, 18 Mei 2017 09:59:22

Related Post :
Alami
Cara Memanfaatkan Sarang Semut…

Sarang semut memiliki banyak…

Kewanitaan
Penyakit Reproduksi yang Bisa…

Mengetahui beberapa jenis penyakit…

Penyakit
Bahaya Dan Efek Buruk…

Bahaya dan efek buruk…

Kesehatan
8 Langkah Yang Bisa…

Ada delapan langkah yang…

Manfaat
Manfaat Daun Binahong Untuk…

Binahong mempunyai nama latin…

Manfaat
Kandungan Manfaat Apel Hijau…

Kandungan nutirisi dan vitamin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
7 Cara Mengajari Anak untuk Belajar Hidup Sehat

Membiasakan anak untuk hidup sehat…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes Pada Anak

Cara mencegah penyakit diabetes pada…

Ibu Dan Anak
Usia Berapa Bayi Boleh Minum Air Putih?

Usia Berapa Bayi Boleh Minum…

Kirim Pertanyaan
Top