Berbagai Penyebab Nyeri Dada Selain Penyakit Jantung

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab nyeri dada nyatanya bukan hanya penyakit jantung, melainkan juga dapat dapat di sebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lainnya, yang diantaranya bisa anda ketahui dengan menyimak informasi berikut ini.


Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri dada sebelah kanan, kiri maupun bagian tengah? ya, banyak orang yang mengaitkan kondisi tersebut dengan masalah jantung, terlebih jika nyeri dada yang dialami tepat di sebelah kiri, yang memang di karenakan keberadaan organ jantung sendiri tepat berada di bagian dada sebalah kiri bawah. Kondisi tersebut pun sering kali memberikan kecemasan tersendiri bagi penderitanya.

Meski begitu, selain dari pada serangan jantung, kondisi kesehatan lainnya juga dapat menjadi pemicu nyeri dada yang anda alami. Adapun rianciannya adalah sebagai berikut.

Berbagai penyebab nyeri dada selain penyakit jantung

1. Ketegangan otot

Kondisi ini juga sring kali menjadi pemicu sakit dada. Terutama saat berolahraga atau aktivitas lainnya yang menyebabkan gerak otot dada berlebihan dan mengalami ketegangan. Nah, ketengangan otot yang aman teraa sakit inilah yang sering kali di salah artikan sebagai serangan jantung.

Biasanya, kondisi ini akan terasa lebih menyakitkan jika anda menekan dinding dada. Ketegangan otot dada ini sendiri dapat di sebabakan oleh cidera muskoskeletal dari pada serangan jantung.

2. Refluks lambung (GERD)

Gastroesophageal reflux atau reflux asam lambung sering kali terjadi jika asam lambung naik ke kerongkongan, tabung yang menghubungkan antara tenggorokan dan perut anda. Dan tak jarang kondisi inipun sering kali menyebabakan nyeri dada pada penderitanya terutama saat bangun tidur.

Hal tersebut di karenakan asam lambung sendiri bersifat sangat asam dengan pH sekitar 2 hingga menciptakan sesnasi terbakar di belakngan tulang dada anda. Jika anda mengalami asam lambung naik sesekali maka tak perlu di khawatrikan. Namun jika anda mengalaminya lebih dai 2 kali dalam seminggu mungkin anda telah mengidap penyakit ini. Segera lakukan pengobatan, karena jika tidak dapat mengakibatkan asama, sesak di dada bahkan dapat mengembangkan jenis kanker langka.

Selain dari pada itu, masalah pencernaan lainnya yang dapat menyebabakan sakit di dada adalah tukak lambung, yang ummnya di alami oleh mereka yang suka merokok dan mengonsumsis alkohol.

3. Kostokondritis

Tak sedikit dari pada pasien yang datang ke rawang gawat darurat dengan gejala nnyeri dada akut di diagnosis mengalami kontokondritis, yang mana merupakan kondisi inflamasi saat tulang rusuk bertemu dengan tulang rawan.

Penyebab dari kondisi ini bervariasi mulai dari terjadinya cidera pada dada hingga infeksi virus. Bagi meraka yang mengalami kondidi ini, mereka akan merasakan semacam adanya tekanan pada dinding dadanya, mirip dengan mengalami ketegangan pada otot dada. Umumnya kondisi ini dapat hilang dalam beberapa hari hingga minggu. Untuk meringankan sakitnya, anda bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang di jual di apotik.

4. Herpes zoster

Adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh aktifnya kembali virus varicella-zoster yang merupakan penyebab cacar air. Meski gejala utamanya adalah rasa gatal, kulit terasa panas, tebakar, ruam dan melepuh, namun jika bagian dada ikut terpengaruh, seringkali me yebabakan dada terasa sakit yang sering klali di kira sebagai serangan jantung.

Untuk mengatasinya sendiri, anda bisa mengonsumsi obat herpes zoster yang mana merupakan obat antivirus yang di resepkan oleh dokter. Obat tersebut akan bekerja untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi gejala, namun itu juga di konsumsi kurang dari 72 jam semenjak ruam muncul.

5. Perikarditis

Adalah salah satu infeksi pernapasan, yang lebih tepatnya peradangan di lapisan jaringan yang menglilingi organ hati kita. Selain dari pada itu, penyakit autoimun seperti halnya lupus dan reumatoid arthritis juga sering kali menjadi penyebabnya. Kondisi ini juga sering kali menyebabkan rasa nyeri yang tajam dan menusuk dada.

6. Pankreatis

Adalah peradangan akit pada prankeas  yang terletak tepat di belakang perut. Kondisi ini sering kali di tandai dengan dengan sakit operut yang intens yang dapat menjalar hingga ke bagian dada. Adapun untuk emastikan kondisi ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke pusat kesehatan terdekat, yang mungkin pemeriksaan juga akan meliputi tes darah dan tes lainnya seperti CT scan dan USG pertut.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi masalah kesehatan lainnya yang menjadi penyebaba nyeri dada yang diantaranya seperti pleuritis, pneumonia (abses paru-paru), pulmonari embolisme, asma, masalah tulang dada hingga kecemasan dan serangan panik. Adapun untuk memastikan kondisi anda, sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke dokter maupun kesehatan terdekat pada saat anda mulai mengeluhkan sering mengalami rasa sakit di bagian dada. Dengan diagnosis yang tepat, maka pengobatan yang di lakukanpun menggunakan obat nyeri dada alami diantaranya dapat terarah.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 20 Mei 2017 09:06:49

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Diet Ini Ternyata…

Meskipun diet bisa membantu…

Manfaat
Tepung Beras, Alternatif Tepung…

Tepung Beras Alternatif Tepung…

Penyakit
Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma…

Infeksi bakteri Ureaplasma bisa…

Tips
Cara Mengobati Bisul Yang…

Cara mengobati bisul yang…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Ginjal Serta…

Jenis-jenis penyakit ginjal beserta…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Kegunaan dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jangan panik! Atasi Angin Duduk Dengan Cara Ini

Jangan panik! Atasi Angin Duduk…

Penyakit
Mewaspadai Gejala dan Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan biasanya…

Penyakit
Waspadai Maag Akut Penyebab dr Ryan Thamrin Meninggal Dunia

Mengungkap penyebab dr. Ryan Thamrin…

Kirim Pertanyaan
Top