Penyebab Susah Buang Air Besar Dan Cara Menanganinya

Share dan Tag Temanmu di :

Susah buang air besar adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh anak maupun orang dewasa. Namun, penyebab susah buang air besar tidak diketahui orang banyak orang. Bahkan penyebab buang air besar pada setiap orang pun berbeda-beda.


Seseorang dikatakan lancar buang air besar, bila buang air besar rutin dilakukan yaitu sehari sekali. Bila BAB rutin sehari sekali dan feses yang dikeluarkan lunak, maka pencernaan anda sehat. Karena normalnya kita harus BAB setiap hari yaitu 1-2 kali.

Sedangkan seseorang dapat dikatakan susah buang air besar, bila buang air besar dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dan ketika buang air besar feses yang keluar keras. Bila BAB dalam seminggu 1-2 kali, maka pencernaan anda sedang kurang sehat.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Salah satu faktor yang menjadi penyebab buang air besar adalah pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula. Tidak hanya itu masih ada beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan susah buang besar diantaranya:

  • Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Kurangnya asupan cairan
  • Mengonsumsi produk susu yang terlalu banyak
  • Jarang olahraga
  • Sering menunda-nunda buang air besar, padahal ingin buang air besar.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti narcotics, antacid, antidepressants, dan obat pencahar.

Cara Menangani Susah Buang Air Besar

Sebenarnya susah buang air besar bisa ditangani dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup. Namun, sebagian bsar orang, ketika mengalami susah buang air besar biasanya mengonsumsi obat susah buang air besar. Padahal masalah kesehatan ini bisa ditangani dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup.

Bila sebelumnya pola maka anda tidak sehat, sehingga anda harus mengubah pola makan saat sedang mengalami susah buang air besar. Karena jika anda tidak mengubah pola makan dan gaya hidup saat mengalami susah buang air besar, maka dikhawatirkan akan memperparah kondisi anda.

Berikut ini adalah cara menangani susah buang air besar:

  • Konsumsi makanan yang mengandung serat. Bila anda mengalami susah buang air besar, sebaiknya konsumsi banyak makanan yang mengandung serat. Begitupun bila anak anda mengalami susah buang air besar, berikan dia makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Minum air putih. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa susah buang air besar dapat disebabkan kurangnya asupan cairan. Oleh karena itu, minum air putih secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap orang.
  • Olahraga. Jika ingin memiliki pencernaan yang sehat, tidak hanya konsumsi makanan yang mengandung serat saja. Tapi juga harus diimbangi dengan olahraga.
  • Jangan menunda-nunda buang air besar. Bila anda ingin buang air besar segera ke toilet untuk buang air besar.
  • Berhenti konsumsi obat tertentu. Karena salah satu penyebab susah buang air besar adalah pengaruh obat-obatan tertentu seperti narcotics, antacid dan antidepressants. Oleh karena itu, jangan konsumsi obat-obatan tersebut, terlebih bagi anda yang sedang mengalami susah buang air besar harus berhentu konsumsi obat-obatan tersebut.

Setelah anda mengetahui penyebab dan cara menangani susah buang air besar. Bagi anda atau anak anda atau salah satu keluarga anda mengalami susah buang air besar, anda bisa melakukan cara-cara tersebut untuk menanganinya.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 20 Mei 2017 11:47:40

Related Post :
Kesehatan
Awas! Kecanduan Media Sosial…

Media sosial memang memiliki…

Kesehatan
Persiapan yang Perlu Dilakukan…

Sebelum melakukan oprasi bedah…

Manfaat
Khasiat Cordyceps Bantu Atasi…

Khasiat cordyceps dipercaya mampu…

Kesehatan
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Meskipun dapat diobati, namun…

Manfaat
Khasiat Temu Ireng Yang…

Inilah berbagai manfaat dan…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Kondisi Phantosmia atau Fenomena Bau Hantu

Sering mencium bau busuk atau…

Kesehatan
Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Kanker Tulang

Makanan yang boleh dikonsumsi oleh…

Kesehatan
Awas! Kecanduan Media Sosial Tingkatkan Risiko Gangguan Jiwa

Media sosial memang memiliki peranan…

Kirim Pertanyaan
Top