Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Johar Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun johar tak hanya berguna untuk pertanian dan pakan ikan gurame saja lho! Nyatanya daun dari tanaman inipun memberikan dampak baik bagi kesehatan. Adapun bagia anda yang belum mengetahui bentuk berikut khasiat yang terkandung di dalamnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Apakah anda pernah atau sering mendengar tanaman yang satu ini? Ya, mungkin tanaman johar bagi khalayak luas masih terdengar asing. Bahkan jika seseorang pernah mendengarnya, mereka pastinya menyangka bahwa itu adalah nama seseorang ataupun nama suatu jalan. Namun di luar itu, nyatanya tanaman johar sendiri memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Johar memiliki nama latin Cassia siamea adalah salah tanaman pohon kayu berkambium, dengan kayu yang keras dan cukup keras dengan ketinggian pohin kira-kira mencapai 2 meter 30 cm. Pada umumnya memiliki buah dan tumbuh melalui biji. Dan karena memiliki daun yang cukup rindang, tanaman ini sering kali manfaatkan di beberapa kota mapun lokasi sebagai pohon peneduh.

Khasiat dan manfaat daun johar bagi kesehatan


Salah satu dari bagian tumbuhan johar yang terkanal sangat baik dalam mengatasi berbagai permsalahan kesehatan adalah bgian daunnya. Adapun khasiat daun johar bagi kesehatan selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit malaria

Salah satu manfaat dari daun johar yang cukup terkenal adalah dapat mengobati malaria, yang mana merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus maupun kuman yang di sebarkan oleh nyamuk bernama nyamuk anopheles.

Adapun untuk pengolahannya, anda bisa menyiapkan daun johar muda kira-kira 1-2 genggam, kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun johar tersebut menggunakan 200 ml air hingga mendidih. Anda bisa meminum air rebusan tersebut setelah dingin secara teratur 2x dalam sehari.

2. Mengobati diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh melambung tingginya gula dalam tubuh, yang mana jika tidak segera di tangani dapat menyebabkan komplikasi yang semakin parah. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun johar, Kandungan di dalamnya sangat baik untuk penderita diabetes, yang mana dapat mengontrol kadar insulin pada tubuh penderita diabetes.

Adapun untuk pengolahannya sendiri, anda bisa merebus segenggam daun johar yang telah di bersihkan sebelumnya dengan menggunakan 1 gelas air. Setelah mendidih, angkat lalu saring. Konsumsi ramuan alami ini 2x sehari secara teratur hingga gula darah anda turun.

3. Mencegah keruksakan pada hati

Selain dapat mengobati diabetes dan malirian, khasiat daun johar lainnya adalah dapat mencegah keruksakan pada organ hati akibat racun yang ada di dalam tubuh.

4. Menangkal radikal bebas

Daun johar di ketahui memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi di dalamnya. Falvonoid sendiri adalah salah satu zat antioksidan alami yang memiliki begitu mabanyak manfaat, yang salah satunya adalah dapat menangakal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri adalah satu macam sumber penyakit dan gangguan kesehatan yang diantaranya seperti penyebab gangguan pernapasan hingga kanker.

5. Antivirus dan anti inflamasi

Tak hanya bertugas sebagai anti radikal bebas, nyatanaya kandungan falvonoid yang terdapat di dalam daun johar juga bersifat sebagai anti-virus dan juga antiinflmasi. Hal tersebut berarti daun johar bisa anda manfaatkan untuk membunuh kuman serta virus yang menyerang tubuh anda. Bahkan selain dari pada itu, daun ini juga mampu mengobati peradangan yang menyerang anda.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Flavonoid yang terdapat dalam daun johar juga nyatanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda secara alami. Adapun dengan meningkatnya kekebalan tubuh sendiri, mampu mencegah tubuh dari berbagai jenis penyakit. Sehingga menybabakan tubuh anda akan selalu sehat setiap saat.

7. Menekan penggumpalan trombosit

Daun johar juga mampu menekan terjadinya penggunpalan pada trombosit. Hal ini tentunya sangat memberikan pengaruh pada proses pembekuan darah, terutama pada proses penyembuhan luka anda. Selain dari pada itu, hal ini juga sangat baik dalam membantu mencegah kurangnya jumlah trombosit di dalam tubuh anda.

8. Mencegah penyempitan pembuluh darah arteri

Manfaat lainnya yang tak kalah penting yang di miliki oleh daun johar ini adalah mampu untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh. Yang mana penyempitan pembuluh darah sendiri dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti halnya dapat menyebabkan penyakit jantung, gejala stroke serta berkurangnya suplai oksigen ke otak.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun johar bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sekalian. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 20 Mei 2017 13:18:16

Related Post :
Kulit
Mengetahui Kebaikan Habbatussauda untuk…

Selain baik bagi kesehatan,…

Obat Kimia
Obat Simvastatin Penurun Kolesterol…

LDL atau kolesterol jahat…

Kesehatan
Benarkah Aksesoris dari Batu…

Berbagai jenis aksesoris yang…

Obat Kimia
Obat Asam Valproat Untuk…

Asam valproat merupakan obat…

Kesehatan
Metode Terapi Pengobatan Epilepsi

Metode terapi pengobatan epilepsi…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Herpes…

Herpes zoster adalah kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat daun bandotan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kamboja Untuk Mengatasi Bisul

Khasiat dan manfaat daun kamboja…

Kirim Pertanyaan
Top