Terapi Pengobatan untuk Mengatasi Keluhan Sesak Nafas

Share dan Tag Temanmu di :

Sebenarnya sesak nafas bukanlah sebuah penyakit, melainkan termasuk sebuah keluhan atau gejala dari kondisi kesehatan yang lainnya. Selain itu, sesak nafas juga bisa disebabkan karena hal-hal ringan. Walaupun begitu, Anda tidak boleh menyepelekannya. Mengingak nafas merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia agar bisa tetap hidup. 


Untuk mendiagnosa sesak nafas yang timbul, dokter akan mendengarkan dada pasien saat bernafas, dan akan menanyakan terkait riwayat merokok dan riwayat keluarga dengan gangguan sesak nafas. Jumlah oksigen dalam darah bisa diukur dengan tes darah atau oksimeter denyut nadi, yaitu perangkat yang digunakan dengan cara klip ke jari. 

Spirometri merupakan tes utama bagi pasien sesak nafas. Ini bertujuan untuk mengukur seberapa banyak udara yang dapat bergerak masuk dan keluar dari paru-paru dan sebera cepat pasien dalam melakukannya. 

Tes ini dilakukan dengan cara mengambil nafas dalam-dalam dan meniup sekeras yang pasien bisa ke dalam tabung. Tes mungkin akan diulangi setelah pasien menghirup kepulan obat bronkodilator yang membuka saluran udara.

Antikoligenik merupakan jenis bronkodilator yang sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami sesak nafas. Menggunakan bronkodilator, obat-obatan yang mengendurkan otot-otot saluran udara untuk membantu menjaga mereka agar tetap terbuka dan membuatnya lebih mudah untuk bernafas. 

Jika terapi pengobatan untuk mengatasi keluhan sesak nafas dengan bronkodilator tidak cukup membadu, maka Anda bisa memilih kortikosteroid yang berbentuk inhaler. Anda juga bisa mengonsumsi steroid yang berbentuk pil atau suntikan untuk mengobati sesak nafas. 

Tidak hanya dengan menggunakan obat sesak nafas, Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan terapi oksigen. Sesak nafas akut bisa menurunkan oksigen dalam darah, sehingga mungkin akan diperlukan oksigen tambahan. 

Hal ini dapat membantu Anda tetap aktif tanpa merasa lelah atau kehabisan nafas, serta membantu untuk melindungi otak, jantung, dan organ lainnya. 

Bagi mereka yang mednerita sesak nafas memiliki risiko untuk terkena infeksi paru-paru yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat.

Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengelami sesak nafas yang lebih buruk dan batuk yang disertai dengan demam. Ini bisa menjadi salah satu tanda infeksi paru. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu mengatasinya. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 22 Mei 2017 13:13:03

Related Post :
Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur…

Umumnya garam dapur digunakan…

Tips
Tips Agar Mata Tetap…

Mata ingin tetap sehat…

Kesehatan
Awas! Gangguan Kesehatan Ini…

Mudik ke kampung halaman…

Kesehatan
8 Langkah Yang Bisa…

Ada delapan langkah yang…

Kesehatan
Bahaya Bekerja Seharian Tanpa…

Menghabiskan waktu untuk bekerja…

Penyakit
Mengenal Infeksi Bakteri Ureaplasma…

Infeksi bakteri Ureaplasma bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab Dan Cara Menanganinya

Beragam penyebab kaki bengkak yang…

Kesehatan
Makanan Pemicu Radang Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Meskipun penyebab usus buntu tidak…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Dibakar

Berbagai penyakit akan mengintai anda,…

Kirim Pertanyaan
Top